Fakta Menarik Bumi
Bumi merupakan planet yang sempurna bagi kehidupan dan punya beragam hal menarik.
Bumi adalah planet ketiga dari matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam tata surya. Namun, apakah kita tahu setiap sudut bumi atau adakah misteri yang tersisa untuk ditemukan? Kebanyakan orang mungkin akan mengatakan tidak. Bahkan setiap hari para ilmuwan menemukan sesuatu yang baru tentang planet ini. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang bumi yang jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut ini fakta menarik mengenai bumi:
1. Medan gravitasi Bumi tidak sama rata
Permukaan Bumi banyak bebatuannya dan bergelombang, sehingga medan gravitasinya tidak sama. Terlebih Bumi juga tidak bulat sempurna. Ada berbagai macam anomali gravitasi di Bumi, baik positif maupun negatif.
2. Bumi Tidak Benar-Benar Bulat
Selama ini yang kita tahu, Bumi itu bentuknya bulat. Sebenarnya anggapan ini kurang tepat, karena bentuk Bumi sebenarnya adalah seperti bola pipih atau bulat pepat. Jadi, tidak benar-benar bulat, seperti bola yang bagian tengahnya lebih menonjol. Bagian tengah itu adalah khatulistiwa.
3. Bumi memiliki benua lain yang disebut Zealandia
Dari Neoproterozoikum (sekitar 550 juta tahun yang lalu) hingga Jurassic (sekitar 180 juta tahun yang lalu), ada Gondwana yang superkontinen. Pusat benua super ini adalah Antartika. Benua Selandia Baru, juga dikenal sebagai 'Zealandia' atau 'Tasmantis', terhubung ke Antartika. Antara 85 dan 130 juta tahun yang lalu, Zealandia terpisah dari Antartika. Setelah berpisah dari Australia sekitar 60-85 juta tahun yang lalu, Zealandia mulai tenggelam. Diperkirakan Zealandia tenggelam sepenuhnya sekitar 23 juta tahun yang lalu. Saat ini, 93% orang Selandia Baru tenggelam di bawah lautan Pasifik.
4. Hutan Hujan Amazon tetap subur karena fosfor yang didapat dari Gurun Sahara
Selama Zaman Holosen, Afrika bagian utara berwarna hijau subur dengan tumbuh-tumbuhan. Ada banyak danau dan sungai seperti Danau Chad dan Nil Putih. Periode ini disebut African Humid Period. African Humid Period berakhir sekitar 6.000 hingga 5.000 tahun yang lalu. Vegetasi menurun dan danau mulai mengering. Cangkang diatom mati, serta sekelompok besar ganggang sekarang menutupi hamparan luas Danau Chad yang kering. Bahkan karena penggurunan, tanaman, pohon, binatang, dan burung mulai mati. Perlahan-lahan, tanah Sahara menjadi diperkaya dengan nutrisi dari organisme yang membusuk. Saat ini, setiap tahun angin bertiup rata-rata 182 juta ton debu dari Bodélé Depression di Chad. Debu yang kaya nutrisi melintasi Samudra Atlantik dan jatuh di atas lembah Amazon. Setiap tahun, curah hujan di Amazon menyapu banyak nutrisi, termasuk fosfor, nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman. Debu dari Gurun Sahara mengisi kembali nutrisi yang hilang ini dan membantu menjaga kehijauan Amazon.
5. 60% populasi Bumi berada di Asia
Asia adalah benua terbesar di Bumi sekaligus paling banyak penduduknya. Dengan lebih dari 40 negara berada di benua ini, sebagian di antaranya punya populasi besar, tidak mengherankan bahwa sekitar 60% manusia hidup di Asia.
6. Satu hari di Bumi bertambah lama
Pada awal usia Bumi, satu hari di planet ini hanya sekitar 6 jam. pada saat ini, satu hari di Bumi adalah 24 jam, namun akan bertambah lama. Setiap seabad, satu hari bertambah lama 1,7 milidetik.
7. Es di Antartika mengandung 70% air tawar di Bumi
Menurut American Museum of Natural History, hanya sekitar 3% air yang ada di dunia adalah air tawar, di mana 70%-nya berada di antartika. Mayoritas air di Bumi adalah air asin.
8. Bumi Tersusun dari Besi, Oksigen, dan Silikon
Bumi terbentuk dari berbagai macam tumpukan material. Namun, material terbesar penyusun Bumi adalah 32,1 persen besi, 30,1 oksigen, 15,1 persen silikon, dan ada 13,9 persen magnesium. Tentu saja, sebagian kandungan besi pada Bumi terletak di inti Bumi yang panas. Jadi, ketika teman-teman bisa mengambil kandungan inti Bumi, maka kita akan mendapatkan 88 persen logam besi. Selain itu, jika kita mengambil bongkahan kerak Bumi, maka kita akan mendapatkan 47 persen kandung oksigen di dalamnya.
Nah itulah fakta menarik dari bumi. Semoga bermanfaat!