Fakta Tentang Beruang
Beruang merupakan hewan berbulu tebal, dan dapat berdiri di atas kedua kakinya, serta bercakar tajam dan bermoncong panjang.
Selain itu, beruang juga memiliki indra penciuman dan pendengaran yang ulung, bertelinga bundar, berekor kecil, berbulu yang panjang, lebat dan kasar.
Mereka memiliki cakar yang lebar dan berjumlah lima pada telapak tangan yang tak dapat ditarik masuk. Cakar-cakarnya digunakan untuk menyobek, menggali, dan menangkap. Pengelihatan beruang hampir sama dengan pengelihatan manusia.
Sementara itu, kehamilan pada beruang biasanya berlangsung 6–9 bulan, termasuk implantasi yang tertunda, dan bisa hamil hingga empat anak sekaligus. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang beruang yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.
-. Beruang bisa berlari lebih cepat daripada manusia
Beruang mungkin terlihat seperti hewan yang gendut dan lambat. Tapi jangan salah, mereka sebenarnya bisa berlari lebih cepat daripada manusia. Laman World Atlas menyebut bahwa beruang grizzly alias salah satu subspesies beruang cokelat mampu berlari dengan kecepatan mencapai 56 km per jam.
Kecepatan itu masih jauh di atas rekor sprinter tercepat dunia, Usain Bolt, yang pernah mencatat kecepatan maksimal sekitar 43 km per jam. Artinya, mencoba kabur dari kejaran beruang adalah sia-sia karena kamu pasti akan tertangkap!
-. Gigitan beruang mampu hancurkan bola bowling
Tak hanya mampu berlari kencang, beruang juga bisa sangat berbahaya karena punya kekuatan gigitan yang gak main-main. Laman Science Focus menempatkan beruang grizzly di posisi kesembilan hewan dengan gigitan terkuat di dunia. Kekuatan gigitan beruang grizzly mencapai 1.160 psi. Sebagai info, kekuatan gigitan manusia hanya berkisar 162 psi.
Selain itu, ada pula beruang kutub, yang kekuatan gigitannya malah lebih besar dibanding beruang grizzly yaitu mencapai 1.200 psi. Tahukah kamu seberapa kuat itu? Cukup untuk menghancurkan bola bowling, lho!
-. Bobot beda antara beruang jantan dan betina
Beruang kutub jantan berbobot dua kali lebih besar daripada betinanya, sedangkan pejantan pada spesies beruang yang lebih kecil berbobot hampir sama dengan betinanya. Adapun masa hidup beruang adalah sekitar 25 tahun hingga 40 tahun.
-. Pernah terancam punah
Dulu, beruang grizzly kerap jadi target olahraga berburu. Populasinya menurun drastis dan berada di ambang kepunahan. Perluasan wilayah untuk kebutuhan manusia juga makin mempersempit habitat alami mereka. Hal ini membuat beruang grizzly sering memasuki area tempat tinggal manusia dan terancam dibunuh.
Kini, populasi beruang grizzly mengalami peningkatan. National Geographic, melansir bahwa beruang grizzly dilindungi oleh hukum lingkungan Amerika Serikat, U.S. Endangered Species Act. Namun, beberapa upaya konservasi dan perlindungan masih terus digalakkan supaya beruang grizzly bisa hidup dengan damai.
-. Punuknya sebenarnya adalah otot
Jika teman-teman melihat fisik beruang grizzly, pasti kita akan melihat adanya sebuah punuk di bahu mereka.
Punuk ini sebenarnya adalah sebuah otot yang besar. Otot ini kuat dan mereka gunakan untuk menggerakkan kaki depan agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari.
Beruang grizzliy banyak melakukan aktivitas seperti menggali, mengoyak tanah, dan mencabik-cabik pohon yang sudah lapuk.
Tujuan mereka mencabik-cabik pohon ini adalah untuk mencari serangga, akar, umbi, tikus, atau belatung untuk dijadikan santapan.
Otot mereka yang ada di bahu juga memberikan kekuatan agar bisa menggali sarang ketika waktu tidur panjang di musim dingin tiba.