Jembatan Terindah Di Dunia
Jembatan berfungsi sebagai penghubung dua bagian jalan yang terputus karena adanya rintangan-rintangan.
Jembatan biasanya berfungsi untuk menghubungkan jalan satu ke jalan lainnya, biasanya pembangunan jembatan ini dilakukan untuk mempermudah mengakses tempat yang tidak bisa dilalui karena terdapat sungai, danau atau yang lainnya. Di dunia ini ada banyak sekali jembatan-jembatan yang dibangun, entah itu digunakan untuk penghubung jalan saja atau ada juga yang digunakan sebagai landmark kota atau negara tersebut. Saat ini jembatan tidak hanya digunakan untuk penghubung jalan, namun juga digunakan untuk wisata. Banyak di negara-negara lain yang menjadikan jembatan mereka sebagai objek wisata karena memiliki arsitektur dan pemandangan yang indah.
Berikut ini jembatan-jembatan terindah yang ada di dunia:
1. Jembatan Vasco da Gama, Lisbon
Jembatan Vasco da Gama merupakan jembatan yang melintasi Sungai Tagus yang mempunyai panjang 17,2 ribu meter. Iya bro – inilah jembatan terpanjang di Eropa. Jembatan terindah di dunia ini juga dibangun guna memperlancar mobilitas pembukaan World Fair pada tahun 1998.
2. Jembatan Golden Gate
Jembatan Golden Gate bisa dibilang sebagai jembatan paling dikenal di dunia. Jembatan ini membentang sepanjang 2.727 meter menghubungkan San Francisco dengan Kabupaten Marin. Jembatan megah ini dibuka untuk para pejalan kaki mulai pukul 09.00 sampai 18.00.
3. Jembatan Danyang Kunshan, Jiangsu
Jembatan terpanjang di dunia ini menghubungkan Shanghai dengan Nanjing sepanjang 164,8 kilometer. Jembatan ini dibuka resmi pada 2011 dengan mempekerjakan 10 ribu orang. Pembangunannya memakan waktu empat tahun dan menghabiskan biaya sekitar 8,5 miliar dolar AS.
4. Jembatan Charles – Republik Ceko
Charles Bridge merupakan jembatan yang terbuat dari batu yang melintang di sungai Vitava dan menghubungkan kota tua Praha dan kota kecil (Mala Strana). Jembatan Charles ini selesai pada awal tahun 1400-an, jembatan ini memiliki panjang 621 meter, lebar 10 meter. Jembatan ini dihiasi dengan puluhan patung di kedua sisinya. Di ujung jembatan ini kita bisa melihat pemandangan panorama kastil Praha yang indah.
5. Jembatan Millau Viaduct – Prancis
Millau Viaduct merupakan salah satu jembatan yang berlokasi di selatan Prancis. Jembatan ini dibuka pada tahun 2004 dan memiliki tiang tertinggi di dunia sekitar 1.125 kaki di atas dasar struktur. Jembatan ini lebih tinggi dari Menara Eifel di Paris yang hanya 38 meter lebih pendek. Jembatan Millau Viaduct ini dirancang oleh Insinyur Michel Virlogeux dan arsitek Inggris Norman Foster.
6. Jembatan Akashi-Kaikyo, Selat Akashi
Mendapat predikat sebagai World’s Longest Suspension Bridge dengan rentang 1.991 meter, jembatan ini menghubungkan Maiko di Kota Kobe dengan Kota Awaji di Pulau Awaji. Selain itu, jembatan ini mempunyai dua buah taman untuk berwsata yang letaknya saling bersebrangan.
7. Jembatan Pasupati, Bandung
Menghubungkan Jalan Layang Pasupati bagian utara dan timur bandung adalah salah satu jembatan kebanggaan Bandung ini mempunyai panjang sekitar 2,8 kilometer. Secara keseluruhan, jembatan ini adalah salah satu jembata terindah karena diterangi lampu sorot yang berwarna-warni dan begitu indah.
8. Tower Bridge, London
Membentang di atas Sungai Thames mempunyai panjang sekitar 61 meter. Nama Tower Bridge dipilih karena berdekatan dengan London Tower. Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki.
Nah itulah jembatan terindah di dunia. Semoga bermanfaat!