Menikmati Sunset Di Bali
Bali terkenal akan keunikan budayanya bagi para wisatawan untuk datang ke pulau yang mendapat julukan “The Island of Paradise“.
Berwisata ke Bali terasa kurang menyenangkan tanpa menikmati sunset di pantai. Tidak heran jika banyak pantai di Bali dengan sunset terbaik, salah satu yang paling terkenal, yakni Pantai Kuta. Masih banyak pantai lainnya yang belum terekspos di Pulau Bali. Daya tarik utama pada wisata pantai Bali adalah pasir putihnya yang masih bersih, meski seringkali dikunjungi banyak wisatawan. Selain menjadi spot foto yang instagramable abis, tak jarang banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan, hingga bulan madu di Pulau Bali. Berikut beberapa lokasi terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Bali:
1. Pantai Kelan
Pantai Kelan merupakan salah satu pantai pasir putih yang dekat dengan pacu landas Bandara Ngurah Rai. Dari pantai ini pengunjung akan melihat pesawat lalu lalang di landasan pacu dengan suara yang menderu. Pengujung di pantai ini didominasi oleh wisatawan lokal yang ingin menyaksikan indahnya matahari terbenam di senja hari. Panorama sunset di pantai ini sangat keren lho, perpaduan antara matahari yang berwarna kemerah-merahan dengan pesawat yang akan landing maupun flight sungguh pemandangan yang sangat langka dan unik. Warga sekitar memanfaatkan pantai ini untuk memancing karena banyak spot memancing yang tersedia di sini.
2. Pantai Jimbaran
Pantai di Bali dengan sunset terbaik pertama adalah Jimbaran. Pantai satu ini dikenal sebagai pantai yang sangat romantis. Bukan tanpa alasan, Jimbaran seringkali dijadikan tempat dinner romantic berdua bersama pasangan atau pun orang tersayang. Hal tersebut semakin didukung dengan banyaknya restoran seafood di sekitar pantai, serta gazebo yang memang disediakan pihak pengelola pantai bagi para pengunjung. Menjelang malam hari, sudah dipastikan pengunjung akan memenuhi pinggiran pantai demi melihat sunset.
3. Pantai Kelan
Pantai Kelan terletak di Desa Adat Kelan dan menjadi salah satu tempat yang menyajikan panorama senja yang unik. Tempat ini sangat mudah untuk ditemukan karena lokasinya yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai. Karakter pantai ini mirip dengan Pantai Jimbaran yang memiliki ombak yang tidak besar, air laut yang biru dan hamparan pasir putih yang landai. Dari pantai ini bisa melihat dan berburu sunset sekaligus melihat pesawat-pesawat yang wara-wiri terbang dan mendarat di bandara. Bagi yang suka dengan dunia fotografi, pemandangan sunset ini merupakan pemandangan yang layak untuk diburu. Selain itu, setelah puas menikmati sunset, wisatawan bisa memesan berbagai hidangan laut yang lezat dan dimasak dari ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.
4. Pantai Kuta
Belum ke Bali rasanya jika belum menginjakan kaki di Pantai Kuta. Pantai yang menjadi ikon Pulau Dewata ini menjadi tempat yang paling populer dan wajib dikunjungi. Pasir putih yang terhampar luas berpadu dengan birunya air laut menjadi pemandangan yang bisa disaksikan. Pantai ini memiliki 2 Km garis pantai yang bentuknya seperti bulan sabit. Berjejer pohon kelapa di pinggir pantai menambah kesempurnaan pemandangan senja di sana. Turis mancanegara paling senang menyaksikan sunset dari Kuta. Jadi jangan kaget jika saat pergantian tahun akan banyak turis baik dalam maupun mancanegara akan berdatangan dan menghabiskan akhir tahun di sini.
5. Pantai Labuan Sait
Pantai Labuan Sait merupakan pantai populer di bali yang juga menawarkan pesona matahari terbenam terbaik di Bali. Selain itu, pantai ini memang unik karena dikelilingi oleh tebing batu karang yang kokoh dan untuk mencapai pantai ini Anda harus melalui celah tebing karang yang hanya muat satu orang serta menuruni anak tangga satu bersatu untuk dapat mencapai tepi pantai. Pantai ini juga menjadi spot untuk bermain surfing karena memiliki ombak yang cukup bagus.
6. Pantai Balangan
Pantai Balangan memiliki pantai pasir putih bersih yang eksotis dengan latar belakang bukit menghijau serta jejeran pohon kelapa yang berbaris rapi di pinggir pantainya dengan suasana pantai yang sepi, nyaman dan tenang. Tidak jauh dari kawasan pantai, terdapat sebuah tanjung yang bernama Tanjung Balangan. Tanjung ini merupakan spot berfoto yang sangat keren dan populer di kalangan para pelancong selain pantainya. Bahkan lokasi ini kerap kali digunakan sebagai spot untuk melakukan sesi praweding lho. Bahkan ada film-film FTV mengambil lokasi syuting di tempat ini. Panorama pantai Balangan akan tambah indah ketika sang surya akan terbenam di cakrawala dunia.
7. Pantai Melasti
Pantai berikutnya adalah Pantai Melasti. Pantai yang terletak di Banjar Kelod ini dulu pernah menjadi tempat syuting arti terkenal Julia Robert. Untuk sampai ke sana, wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 26 Km dari Kota Denpasar dan 3 Km jika ditempuh dari Ungasan. Pantai ini menjadi lokasi untuk melaksanakan upacara adat Bali Melasti. Karena alasan tersebutlah disebut dengan Pantai Melasti. Upacara Melasti sendiri adalah upacara mensucikan diri sebelum Hari Raya Nyepi. Pesona utama pantai ini adalah lokasi pantai yang ada di ujung bukit kapur yang tinggi. Dari atas batu karang di dekat pantai inilah biasanya para turis menikmati senja. Banyak pecinta fotografi yang mengabadikan senja dari ketinggian 100 meter di atas bukit.
Nah itulah lokasi terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Bali. Semoga bermanfaat!