Wisata Bahari Terbaik
Wisata Bahari merupakan seluruh kegiatan yang bersifat rekreasi.
Dunia ini menyimpan begitu banyak keindahan alam yang bisa kita nikmati. Bahkan tak sedikit dari keindahan alam yang ada di seluruh penjuru dunia dijadikan tempat wisata alam yang memiliki daya tarik unik untuk dikunjungi. Namun tahukah kamu keindahan di dunia ini tak hanya terdapat di daratan saja, namun juga ada di bawah laut. Meskipun tidak sama dengan keindahan yang ada di daratan, keindahan alam di bawah laut ini juga tak kalah menakjubkan. Berikut wisata bahari terbaik di dunia, yuk simak informasinya:
1. Great Barrier Reef, Australia
Great Barrier Reef merupakan gugus karang terbesar di dunia yang terdiri dari lebih 2.900 terumbu individu dan 900 pulau. Gugus karang ini membentang sepanjang 2,3 kilometer. Struktur terumbu di Great Barrier Reef sendiri terdiri dari miliaran organisme kecil yang biasa disebut dengan polip koral. Destinasi wisata alam bawah laut satu ini telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1981. Sehingga keindahan yang dimilikinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hamparan terumbu karang ini berlokasi di lepas pantai Queensland, sebelah timur laut Australia. Rekomendasi wisata bawah laut terindah di dunia satu ini merupakan salah satu tujuan impian para divers yang wajib dijelajahi paling tidak sekali seumur hidup.
2. Green Lake, Austria
Green Lake atau yang juga dikenal dengan nama Gruener See ini merupakan sebuah taman di Steiermark, Austria yang memiliki pemanadangan bawah air bernuanasa hijau berkilauan layaknya batu zamrud. Pada saat musim dingin, Green Lake hanyalah sebuah danau biasa yang dikelilingi oleh peopohanan serta bangu-bangku taman di sekitarnya. Namun pada saat musim semi, geyser dan es yang mencair dari pegunungan batu kapur di dekat Green Lake akan memenuhi danau sehingga berubah menjadi seperti lautan yang dalam. Selain itu, meluapnya permukaan danau ini juga menenggelamkan bangku-bangku taman, pepohonan, hingga jembatan yang ada, sehingga membuat dasar danau tampak seperti negeri yang tenggelam menjadikan salah satu wisata dengan pemandangan alam bawah air terindah di dunia.
3. Bunaken
Pulau Bunaken sudah menjadi highlight wisata bahari di Indonesia. Keindahan bawah laut pulau ini mampu membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum. Gugusan coral dan aneka biota laut masih bisa dinikmati dengan jelas di air yang sangat jernih, hal inilah yang membuat banyak orang mengatakan Bunaken sebagai 'surga di bawah air'. UNESCO juga telah menetapkan Taman Nasional Bunaken sebagai salah satu wilayah konservasi laut yang harus dijaga dan dilindungi. Pulau Bunaken terletak di Teluk Manado, jika ingin pergi ke pulau ini Moms bisa menyewa perahu dari pelabuhan kota Manado atau pelabuhan Marina.
4. Cancun Underwater Museum, Mexico
Cancun Underwater Museum atau Museo Subacuatico de Arte adalah salah satu tempat wisata bawah laut terindah di dunia dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Sesuai namanya, destinasi wisata ini merupakan sebuah museum bawah laut yang memiliki lebih dari 500 patung dengan berbagai macam bentuk yang berada di kedalaman 9 meter. Patung-patung yang menyatu kehidupan makhluk laut ini seolah menimbulkan kesan seperti tengah berada di peradaban kuno yang tenggelam. Menariknya lagi, museum bawah laut terbesar di dunia ini juga menawarkan banyak ativitas lainnya seperti scuba diving maupun snorkeling.
5. Kepulauan Anambas
Terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas memiliki banyak sekali potensi wisata bahari. Salah satunya adalah Pulau Durai yang merupakan surga bagi para penyu di gugusan pulau tersebut. Jika berkunjung ke sana, maka bisa melihat sendiri dan mempelajari bagaimana kehidupan penyu di konservasi. Meski begitu, anda harus mematuhi peraturan yang ada agar tidak merusak habitat si penjaga ekosistem laut tersebut. Potensi wisata bahari lainnya dari Kepulauan Anambas adalah pasir putih bulir halus yang membentang sepanjang delapan kilometer. Bahkan, bentangan pasir tersebut memasuki Kelurahan Letung dan Desa Bukit Padi. Pulau Penjalin juga menawarkan pemandangan eksotis, tidak hanya hamparan laut biru jernih yang mengelilingi Pulau Penjalin Besar dan Pulau Penjalin Kecil, di kejauhan juga terdapat pemandangan bukit. Biota laut yang terdapat dalam Kepulauan Anambas tidak kalah saing dengan pulau lain di Indonesia. Air laut yang jernih dapat membuat pengunjung melihat biota laut dengan mudah.
6. McMurdo Sound, Antartika
Ingin destinasi wisata bawah laut anti-mainstream? McMurdo Sound yang berada di perairan Antartika bisa jadi pilihan yang bisa kamu coba kunjungi. Kawasan penelitian ini merupakan perairan yang dikelilingi es yang sangat menakjubkan. Berbagai satwa seperti Orca, anjing laut, hingga pinguin bisa kamu temukan saat berkunjung ke tempat ini.
Nah itulah wisata bahari terbaik di dunia yang bisa kamu jadikan destinasi liburanmu. Semoga bermanfaat!