Jenis-Jenis Tenda
Kegiatan outdoor tak asik jika tidak bermalam di lokasi tersebut. Banyak tenda memiliki ciri khas masing –masing dan mempunyai bentuk tersendiri. Lalu apa saja tenda yang harus kalian ketahui sebelum camping? Simak artikel dibawah tentang jenis tenda menurut fungsinya!
Bagi kalian yang ingin mendaki gunung, sebaiknya menyiapkan tempat yang aman dan nyaman untuk bermalam di gunung. Salah satu alat yang harus anda bawa saat mendaki adalah tenda. Pastikan anda tepat memilih tenda untuk bermalam atau beristirahat.
Setiap tenda memiliki ciri-khas masing-masing. Ada yang bentuknya besar, ada juga yang mudah di bawa dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah jenis-jenis tenda yang wajib kalian ketahui.
1. Tenda Dome (Kubah).
Adapun keunggulan dari jenis tenda dome adalah tenda dome mempunyai ukuran sedang dengan kapasitas 6-7 anak atau 4-5 orang dewasa. Bahan dan berat bebannya pun ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tenda dome juga dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. Menarik bukan?
2. Tenda Tunel
Jenis tenda ini memiliki bentuk seperti terowongan memanjang dan memiliki ruang yang cukup besar. Namun, kelemahan jenis tenda ini yaitu memiliki bobot yang terbilang berat jika dibandingkan dengan tenda dome.
3. Tenda Quick Pitch
Tenda Qoick pitch adalah tenda jenis baru yang memiliki desaign lebih modern dari tenda generasi sebelumnya. Tenda ini banyak di minati para pegiat alam karena untuk mendirikan tenda ini lebih mudah. Tenda ini sangat cocok bagi anda yang sering solo traveling.
4. Tenda Kubah Pop-up
Tenda ini terbilang cukup praktis dalam hal penggunaannya, bayangkan saja untuk mendirikan tenda ini Anda bisa melakukannya hanya dalam beberapa detik saja. Umumnya tenda ini tidak terlalu besar, bahkan hanya cukup satu-dua orang saja. Kendati demikian, untuk bisa memiliki tenda ini, kalian perlu merogok kocek lebih dalam, karena harganya yang mahal.
5.Tenda Keluarga
Tenda keluarga adalah jenis tenda yang biasa digunakan untuk keluarga. Tenda ini memliki kamar tidur yang cukup luas. Tenda ini dapat menampung 1-7 orang, untuk menggunakan tenda jenis ini anda harus sedikit bersusah payah untuk mendirikanya, harga tenda keluarga cukup mahal dan susah dibawa kemanapun.
Artikel pembahasan di atas adalah jenis-jenis tenda yang sering digunakan untuk umum. Sudah tau kan tenda apa saja yang dapat kalian gunakan.Semoga dapam membantu kalian dalam memilih tenda untuk berkemah.