Air Terjun di Indonesia
Indonesia memang negara yang sangat indah. Beragam flora dan fauna bisa ditemui di Indonesia. Keindahan alam Indonesia tidak bisa diragukan lagi.
Indonesia ini mempunyai banyak sekali air terjun, baik yang berada di gunung, di pegunungan, di dataran tinggi maupun rendah, bahkan di sekitar pantai sekalipun. Air terjun ini merupakan salah satu kekayaan wisata alam yang dimiliki Indonesia.
Air terjun sendiri merupakan aliran air yang terbentuk ketika ada aliran air yang jatuh dari tempat yang tinggi. Kemudian aliran air yang jatuh tadi akan menggerus dasar sungai sehingga terbentuknya cekungan yang menyerupai kolam. Air terjun ini dapat terbentuk pula karena adanya patahan yang mengenai ailiran sungai (patahan yang diatasnya adalah aliran sungai). Indonesia mempunyai banyak sekali air terjun.
Inilah beberapa air terjun yang berlokasi di Indonesia:
-. Air Terjun Dua Warna
Air terjun Dua Warna ini terletak di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang. Dari namanya saja sudah mengindikasikan bahwa air terjun ini mempunyai dua warna, yaitu biru dan bening. Untuk mencapai air terjun yang indah ini diperlukan perjuangan yang tidak ringan. Kita harus berjalan menembus hutan yang rimbun lebih dari satu jam.
Medan jalan pun tidak rata, ada tanjakan, turunan, hingga jurang siap menantang adrenalin kita. Namun semua rasa capek akan hilang setelah tiba di air terjun yang cantik ini. Air terjun ini tinggi dan dibawahnya terbentuk kolam dan dapat digunakan untuk berenang. Berlama-lama di air terjun ini tidak akan merasa bosan dan dijamin hilang rasa capek yang dirasakan.
-. Air Terjun Kapas Biru
Curug yang biasa disebut dengan Coban Kapas Biru merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Karena keindahannya yang memikat, Coban Kapas Biru ini sering kali dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar Pulau Jawa.
Coban Kapas Biru dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan bahkan Indonesia, karena ketinggiannya yang mencapai sekitar 100 meter lebih. air terjun ini memiliki dua tingkatan dengan ketinggian yang berbeda, tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 90 meter, sedangkan tingkatan kedua memiliki tinggi sekitar 10 meter.
Letaknya yang diapit oleh tebing ini membuat visualnya begitu indah. Untuk sampai ke lokasi, kamu harus persiapkan fisik yang prima. karena kamu akan melewati anak tangga yang curam dan memiliki lebar yang cukup sempit, sehingga kamu harus bergantian untuk melewatinya dan berhati-hati.
-. Air Terjun Sekumpul, Buleleng
Kalau ingin menikmati wisata air terjun di Bali yang lebih indah, kamu bisa pergi ke Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Tempat ini sedang ramai di kalangan traveler lokal maupun mancanegara.
Kamu harus menggunakan pakaian yang nyaman dan aman, serta jangan lupa membawa baju ganti.
Untuk bisa mencapai air terjun ini, kamu harus menuruni tangga curam dan menyeberangi sungai setinggi paha orang dewasa. Air terjun Sekumpul tidak akan membuatmu kecewa, pemandangan selama perjalanannya pun begitu asri.
-. Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu berada di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah – Nusa Tenggara Barat. Air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani ini, keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang degan enam deret titik air. Airnya yang tercurah dari atas bukit sangat tipis dan lembut, mirip dengan kelambu. Itulah sebabnya mengapa air terjun ini dinamai Benang Kelambu.
-. Air Terjun Moramo
Air terjun Moramo terletak di kawasan Suaka Alam, Suaka Margasatwa Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara. Lokasi air terjun ini sekitar 60 kilometer dari kota Kendari. Air terjun ini dikenal karena tempatnya yang unik dan juga indah. Konon, tempat ini juga dikenal sebagi tempat mandinya bidadari. Air terjun Moramo merupakan air terjun yang unik karena erbeda dengan air terjun apad umumnya. Ait terjun ini memiliki 7 undakan yang berukuran besar serta puluhan undakan yang berukuran kecil.
Di sekitar air terjun terdapat bebatuan marmer yang semakin menambah keelokan pemandangan air terjun ini. Tidak hanya itu, disekitar air terjun juga dijumpai banyak sekali kupu-kupu yang akan menemani kamu bermain. Dan jika beruntung, kamu juga akan melihat pelangi sebagai biasan cahaya di sekitar air terjun. Maka tidak heran banyak warga yang mempenrcayai air terjun ini sebagai tempat pemandian bidadari karena keelokannya.