Hutan Terluas Di Dunia
Keberadaan hutan di Bumi sangat penting. Hutan merupakan habitat untuk berbagai keanekaragaman hayati.
Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) dan United Nations Environmental Programme (UNEP) dalam buku The State of the Worlds of the World’s Forest: Forest, biodiversity and People (2020), menyebutkan luas total hutan dunia pada tahun 2020 adalah 4,06 miliar hektar. Angka ini mungkin mengesankan hutan di dunia masih luas, namun nyatanya telah terjadi penurunan jumlah hutan akibat beragam hal, seperti penggundulan hutan. Sejak 1990, penurunan jumlah hutan dunia mencapai lebih dari 80 juta hektare. Tak hanya itu, sekitar 1.400 spesies pohon dinilai terancam punah dan butuh tindakan konservasi. Hutan berperan penting dalam kehidupan manusia. Namun, keberadaan hutan tidaklah merata di seluruh dunia. Separuh hutan di dunia justru hanya ada di beberapa negara saja.
Berikut adalah negara dengan hutan terluas di dunia:
1. China
China memiliki luas hutan mencapai 220 juta hektare atau persentasenya mencapai 23,34%. Hutan di China menampung lebih dari 2.800 spesies pohon dan tanaman. Selain itu juga China menjadi rumah bagi banyak hewan langka yang terancam punah. Hutan di China juga menyediakan 40% bahan bakar untuk rumah tangga di pedesaan. Negara ini juga disebut sebagai negara yang paling bergantung pada hutan.
2. Australia
Hutan Australia yang memiliki luas 1,3 juta km2 ini boleh berbangga hati karena banyak hewan yang keberadaannya disana tidak bisa ditemukan di negara dan benua lain. Sebut saja yang paling terkenal yaitu, kanguru, anjing dingo, platipus, wombat, koala, ekidna, dan walabi. Tentunya, spesies enedemik flora dan fauna di dalam hutan Australia menjadi sorotan penuh banyak negara. Khususnya terkait perlindungan habitatnya dari ancaman kerusakan hutan. Namun di lapangann, negara yang berbatasan dengan wilayah Indonesia pada bagia utara ini, acap kali tak terhindar dari kerusakan hutan. Sebut saja mengalami kebakaran hutan dan lahan, dimana titik apinya terus menyebarluas dan tak jarang menimbulkan kabut asap yang mengancam keselamatan warga.
3. India
Negara yang berbatasan dengan Nepal dan Bangladesh ini, daratannya memiliki hutan seluas 72 juta hektar atau sekitar dua persen dari total luas hutan dunia.
4. Amerika Serikat (AS)
Amerika Serikat memiliki luas hutan mencapai 310 juta hektare atau persentasenya sekitar 33,87%. Wilayah hutannya mencakup sepertiga dari Amerika Serikat. Hutan paling lebat di daerah Amerika Serikat ialah Maine, New Hampshire, American Samoa, Mariana Islands. Wilayah di Amerika yang paling sedikit hutannya ialah Dakota Utara, Dakota Selatan dan Nebrsaka. Jenis hutan di Amerika adalah hutan tropis, hutan iklim sedang, dan hutan taiga.
5. Kanada
Kanada memiliki luas hutan mencapai 347 juta hektare, hampir 9% dari total luas hutan dunia. Setidakny 30 juta hektare hutan Kanada berada di kawasan lindung yang ditetapkan secara hukum. Hampir 92% hutan Kanada dimiliki oleh publik, di antaranya 90% oleh pemerintah provinsi dan teritori serta 2% oleh pemerintah federal. Sisanya, dipegang oleh 450.000 pemilik tanah swasta. Di Kanada hutan terluasnya ialah Hutan Boreal, disusul dengan Hutan Great Lakes St Lawrence.
6. Indonesia
Dengan luas hutan mencapai 933 ribu km2, Indonesia berada diurutan ke-8 negara dengan hutan terluas di dunia. Sebagai negara pemilik iklim tropis, banyak jenis tumbuhan dapat bertahan hidup di Indonesia karena mendapatkan pasokan air yang cukup dan juga mendapatkan cukup sinar matahari untuk kebutuhan fotosintesisnya. Selain habitat floran dan fauna Indonesia, keberadaan hutan di Indonesia juga menjadi sumber penghidupan, kesakralan dan kesehatan bagi masyarakat adat. Sehingga, keberadaan ekosistem hutan menjadi salah satu yang terus dilestarikan oleh mereka dengan nilai-nilai kearifan sosial dan budaya yang tinggi. Papua dan Kalimantan menjadi pulau yang memiliki kawasan hutan terluas di Indonesia. Kendati demikian, permasalah kawaan hutan seperti halnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih salah satu masalah lingkungan hidup yang hampir setiap tahun terjadi di Indonesia. Terutama di Pulau Sumatra, Kalimantan, Papua, dan beberapa pulau kecil lainnya di Indonesia.
Nah itulah negara yang mempunyai hutan terluas di dunia. Semoga bermanfaat!