Gunung Tertinggi Di Dunia
Menjelajah dunia dengan puncak-puncak tertingginya menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menarik, terutama bagi orang dengan jiwa berpetualang.
Berhasil menaklukkan puncak tertinggi bumi jelas merupakan prestasi tersendiri. Namun yang harus diingat, tingginya puncak gunung juga sebanding dengan kesulitannya.
Gunung-gunung tertinggi di dunia memiliki medan yang berat, sehingga untuk menaklukkannya dibutuhkan peralatan dan persiapan yang matang.
Tak jarang, ada pendaki yang meninggal selama ekspedisi menuju puncak-puncak tertinggi dunia ini. Faktornya pun bermacam-macam, mulai dari hipotermia, kecelakaan saat pendakian, dan lain-lain.
Berikut adalah gunung-gunung tertinggi di dunia.
1.Gunung Nanga Parbat – Pakistan
Gunung Nanga Parbat adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang berada di urutan ke-10. Gunung ini terletak di Pakistan dan masih menjadi bagian dari barisan Pegunungan Himalaya yang penuh pesona.
Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan puncak setinggi 8.126 mdpl ini adalah Hermann Buhl di tahun 1953. Lokasi gunung Nanga Parbat berada di bagian utara Pakistan dan juga dikenal dengan julukan The Man Eater.
Meski Gunung Nanga Parabat memiliki medan yang cukup sulit, tapi panorama yang ditawarkan tak kalah indah dengan Gunung Kilimanjaro di Afrika. Keindahannya pun sangat layak untuk diabadikan dalam gambar ataupun video.
2.Gunung Manaslu – Nepal
Gunung tertinggi di bumi selanjutnya adalah Gunung Manaslu yang letaknya masih di sekitar Nepal, tepatnya di Mansiri Himal dan merupakan bagian dari barisan Pegunungan Himalaya. Salah satu gunung tertinggi di dunia ini mempunyai ketinggian 8.156 mdpl. Pendaki pertama yang menaklukkannya adalah Gyaltsen Norbu dan Toshio Imanishi di tahun 1956.
Nama Manaslu berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu manasa yang berarti Gunung Jiwa. Puncak tertinggi berada di Gurkha yang lokasinya sekitar 40 mil di sebelah timur Gunung Annapurna.
3.Gunung Everest
Gunung Everest berada di posisi pertama sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848,86 meter. Terletak di Mahalangur Himal di Himalaya perbatasan antara Nepal dan daerah otonomi Tibet, China.
Pada 2017, lebih dari 7.600 orang telah mencapai puncak gunung Everest dan sekitar 300 orang tewas ketika sedang mendaki. Pada 29 Mei 1953, pendaki Selandia Baru Sir Edmund Hilari dan Sherpa Tenzing Norgay asal Nepal menjadi orang pertama yang dapat mendaki puncak tertinggi ini.
4.Gunung K2
Gunung K2 berada di posisi kedua sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.611 meter. Terletak di pegunungan Karakoram yang sebagian masuk wilayah Tajik Tashkurgan di Xianjiang Barat, China.
Memiliki julukan "Savage Mountain" dan dianggap salah satu gunung paling bahaya di dunia untuk didaki. Pada 31 Juli 1954, pendaki Italia Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni menjadi yang pertama sampai di puncak Gunung K2.
5.Gunung Makalu
Gunung Makalu berada di posisi kelima sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.485 meter. Terletak di Mahalngur Himal dari pegunungan Himalaya di sepanjang perbatasan Nepal dan Tibet, China. Pada 15 Mei 1955, pendaki Perancis Lionel Terray dan Jean Couzy menjadi yang pertama berhasil mendaki Gunung Makalu.
Itulah beberapa gunung-gunung tertinggi yang ada di dunia. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian mengenai gunung.