Fakta Gunung Fuji
Gunung Fuji terletak di Pulau Honshu yang menjadi gunung tertinggi di Jepang. Dengan ketinggian 3.776 mdpl (meter diatas permukaan laut), gunung ini menjadi gunung berapi tertinggi kedua yang terletak di sebuah pulau di Benua Asia.
Gunung Fuji juga menjadi puncak tertinggi ketujuh dari sebuah pulau di bumi ini. Gunung Fuji juga sangat terkenal karena menjadi ikon paling terkenal di Jepang dengan bentuk kerucut puncaknya yang menawan. Walaupun bukan di dunia, tetapi gunung Fuji adalah yang tertinggi di Jepang.
Terletak 60 km dari Tokyo, ibu kota Jepang, dan merupakan surganya pariwisata di Jepang. Gunung ini tidak pernah sepi pengunjung, baik itu untuk hiking, jalan-jalan ke tempat-tempat bersejarah, bersepeda di sepanjang jalur danau atau sekedar menikmati panorama indah di sekitarnya.
Pada awalnya karena penduduk menganggap gunung Fuji adalah tempat keramat dan menjadi situs suci untuk penganut Shinto, kegiatan mendaki tidak diperbolehkan. Konon katanya, kegiatan mendaki lereng gunung merupakan acara ziarah pemeluk keyakinan Shinto. Tetapi saat ini, sudah ada perizinan yang memperbolehkan kegiatan mendaki walau hanya selama periode musim panas.
Selebihnya, ayo simak fakta-fakta menarik lainnya tentang Gunung Fuji!
-. Gunung keabadian
Banyak yang menyebut demikian, karena berdasar atas cerita zaman Heian (794-1185) yang berjudul “The Tale of The Bamboo Cutter”. Dalam cerita disebutkan bahwa ada seorang kakek pemotong bambu tua yang menemukan anak kecil dalam sebatang bambu.
Kemudian singkat cerita, kakek tersebut membesarkannya bersama sang istri. Lalu tumbuhlah sang anak menjadi wanita dengan kecantikan yang bisa membuat kaisar dan pangeran mengejarnya. Tetapi dia menolak semua lamaran, karena dia adalah putri Kaguyahime dari bulan dan harus segera kembali. Dan pada akhirnya, dia meninggalkan ramuan keabadian untuk kaisar agar bisa awet muda.
Hidupnya pun penuh dengan kesedihan karena tidak ditemani oleh putri Kaguyahime. Akhirnya kaisar pun mendaki puncak tertinggi gunung untuk membakar ramuan itu. Dengan sejarah inilah, gunung Fuji adalah gunung keabadian.
-. Dikelilingi lima danau
Gunung tertinggi di Jepang yang dikelilingi oleh 5 danau yaitu Danau Saiko, Danau Shojiko, Danau Yamanakako, Danau Motosuko, serta Danau Kawaguchiko. gunung Fuji ini terdiri dari 3 gunung merapi yang terpisah namun saling berada di atas satu sama lain. Gunung yang terbawah adalah Gunung Komitake, diikuti oleh Gunung Kofuji, dan yang teratas adalah Gunung Fuji yang menjadi gunung termuda dari ketiga gunung tersebut. Meskipun begitu Gunung Fuji yang dikenal dengan gunung tertinggi karena posisinya yang paling atas.
-. Perempuan dilarang mendaki Gunung Fuji hingga tahun 1868
Gunung ini dianggap sakral dan dahulunya pendaki perempuan enggak boleh mendaki Gunung Fuji sampai tahun 1868.
Pendaki perempuan pertama yang mencapai puncak Fuji adalah Lady Fanny Parkes, istri seorang duta besar Inggris untuk Jepang, Sir Harry Parkes.
Lady mendaki pada tahun 1869 dan mendapat kehormatan menjadi perempuan non-Jepang pertama yang melakukan perjalanan ke puncak.
-. Gunung Fuji pernah meletus
Di balik kecantikannya, ternyata Gunung Fuji adalah gunung api yang beberapa kali pernah meletus. Erupsi pertama kali Gunung Fuji yang pernah dicatat terjadi pada 31 Juli 781 sebelum masehi (SM).
-. Berpengaruh pada budaya Jepang
Gunung Fuji memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah bentuknya. Namun, yang unik di sini adalah bentuknya yang memiliki kemiripan dengan budaya Jepang.
Bentuk Gunung Fuji telah menginspirasi penulis dan penyair untuk menemukan inspirasi untuk karya mereka. Seniman terkenal Jepang Katsushika Hokusai diketahui telah melukis lebih dari 36 lukisan pemandangan Gunung Fuji.