Wisata Musim Gugur
Bulan September merupakan awal musim gugur di berbagai negara, ditandai dengan semak dan pepohonan yang berubah kuning atau merah.
Pada masa-masa liburan musim gugur, tak hanya menikmati pemandangan dedaunan berwarna oranye yang berguguran, kamu juga bisa mengikuti festival kuliner musim gugur di berbagai negara. Pemandangan yang indah dihiasi dedaunan kering khas musim gugur jadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Bagi kamu yang senang mengambil momen. Melansir dari Lonely Planet, berikut deretan tempat terbaik di seluruh dunia yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati musim gugur yang indah. berikut ini beberapa destinasi wisata terbaik di dunia saat musim gugur.
1. Dandenong Ranges, Australia
Tak perlu menempuh jarak yang terlalu jauh untuk menikmati pemandangan liburan musim gugur yang khas. Di benua tetangga Australia, terdapat salah satu destinasi wisata musim gugur terbaik di seluruh penjuru dunia. Berlokasi di dekat Melbourne, Dandenong Ranges terkenal akan pemandangan dan atmosfer musim gugur yang indah. Ingin merasakan sendiri pengalaman berlibur dan melihat daun berguguran saat musim gugur di Dandenong Ranges? Sebaiknya kamu mengunjungi The Alfred Nicholas Memorial Garden karena taman tersebut memiliki pemandangan terbaik khas liburan musim gugur di Dandenong Ranges.
2. Lembah Loire, Prancis
Di musim gugur, mengunjungi Lembah Loire, Prancis bisa menjadi opsi lain. Matamu akan dimanjakan dengan pemandangan daun-daun di tanaman merambat yang sangat indah. Kamu juga bisa menjumpai deretan kebun anggur, bahkan memanennya sambil menikmati pemandangan sekitar.
3. Aspen, Colorado, Amerika Serikat
Di Amerika terdapat salah satu destinasi wisata favorit yang juga sayang untuk dilewatkan. Terutama saat musim gugur, kamu bisa berkunjung ke Aspen yang berlokasi di Colorado. Di mana daerah tersebut memang terbilang cukup rimbun dan di penuhi hutan. Dengan begitu saat musim gugur, kamu akan menikmati keindahan dari pohon – pohon yang berguguran di sana.
4. Kyoto - Jepang
Kyoto dikenal sebagai kota budaya dan sejarah di Jepang. Kota ini juga menjadi rumah bagi kuil-kuil terindah di negeri sakura. Belum lagi pohon-pohon sakura yang menambah aura magis Kyoto. Tak heran kalau kota ini paling ramai dikunjungi wisatawan di saat musim semi dan gugur. Kota sepuluh ribu kuil ini menawarkan pemandangan koyo (daun musim gugur) yang akan mewarnai alam dengan semburat merah di musim gugur. Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan ini adalah kuil Kiyomizu-dera. Kuil megah ini memiliki ciri khas berupa teras kayu yang dibangun pada zaman Edo. Di sekelilingnya pohon-pohon sakura menjulang tinggi. Di malam hari pun wisatawan tetap bisa menikmati keindahan musim gugur di Kiyomizu-dera.
5. South Island, Selandia Baru
Keindahan pemandangan dunia belahan selatan tak kalah jika dibanding dengan belahan dunia utara. Apalagi ketika musim gugur. Jika kamu berkunjung ke Selandia Baru pada bulan April, tepatnya di South Island, kamu akan disambut dengan pemandangan musim gugur yang memukau. Sebagai salah satu tujuan wisata musim gugur terbaik di dunia, Selandia Baru memiliki beberapa titik di mana kamu bisa menikmati pemandangan menakjubkan seperti Lembah Waitaki, Otago Tengah, dan Tekapo. Dengan keindahan bentang alamnya, jangan lewatkan untuk abadikan momen liburan musim gugur kamu di South Island.
6. Jiuzhaigou, China
Jika kamu ingin menjadikan China sebagai negara tujuan berlibur di musim gugur. Jiuzhaigoi bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk berlibur di musim gugur. Bahkan destinasi yang satu ini juga masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1992. Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan menikmati keindahan warna daun yang gugur. Selain itu kamu juga bisa melihat pemandangan air terjun, danau, hingga pegunungan karst yang indah di sana.
7. Gunung Huangshan, China
Masih di Negeri Bambu, satu lagi tempat terbaik untuk menikmati liburan musim gugur adalah Gunung Huangshan. Secara harafiah Huangshan sendiri berarti Gunung Kuning dalam bahasa China. Daerah ini terdiri dari pegunungan yang membentang sepanjang provinsi Anhui di belahan timur negara China. Kawasan Gunung Huangshan terkenal dengan pemandangannya yang asri, pemandangan matahari terbenam, dan pegunungan granitnya yang berbentuk unik. Lebih cantik lagi ketika memasuki musim gugur. Menghabiskan waktu di kawasan ini untuk liburan musim gugur, kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan dedaunan berwarna keemasan sejauh mata memandang. Kamu juga bisa mengunjungi tempat berendam di sini. Saking keren pemandangannya tersebut, Gunung Huangshan sering dijadikan inspirasi pembuatan lukisan tradisional China dan diabadikan ke dalam karya sastra. Gunung Huangshan sering menarik perhatian para fotografer dari berbagai penjuru dunia dan merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO.
8. Umbria - Italia
Umbria yang terkenal dengan ladang anggurnya merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan musim gugur. Di minggu-minggu pertama bulan November, setelah buah-buahan selesai dipanen, daun-daun anggur akan berubah merah. Fenomena ini menghasilkan pemandangan menakjubkan bak permadani merah yang membara sejauh mata memandang. Tak hanya pemandangan menakjubkan, Umbria juga menawarkan berbagai festival musim gugur yang menarik untuk dihadiri. Di antaranya adalah festival anggur, cokelat, truffle, dan musik.
Nah itulah destinasi wisata terbaik di dunia saat musim gugur. Semoga bermanfaat!