Hobi Memancing
Sepertinya ungkapan mengapa memancing itu mengasyikkan lebih banyak benarnya. Sementara banyak orang mengatakan memancing itu merupakan ‘pekerjaan’ orang malas.
Kadang, kita berpikir, apa yang membuat orang menggemari kegiatan memancing ini? Secara logika, hal ini merupakan kegiatan yang minim gerakan, membosankan, buang-buang waktu, memboroskan uang dan tidak terlalu menambah wawasan. Namun, mengapa masih banyak orang yang menyukai kegiatan ini?
Mungkin saja, mereka yang punya penilaian itu memang belum pernah melakukan kegiatan memancing ikan, sehingga tidak merasakan ada manfaat besar di balik hobi memancing ikan.
Sebagian orang bahkan heran, mengapa seorang pemancing rela menghabiskan waktunya berjam-jam untuk menunggu mendapatkan ikan. Padahal, hasil (ikan) yang didapat kerap tak sebanding dengan uang yang sudah dikeluarkan.
Jangan salah, sebenarnya banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan pemancing yang dapat mendatangkan manfaat bagi dirinya. Selain olahraga, memancing ikan juga bisa mendatangkan perasaan bahagia yang sulit diukur dengan uang.
-. Memicu rasa bahagia
Ketika mendapatkan tangkapan yang mumpuni, kita akan merasa bangga dan bahagia. Bahkan tidak jarang ada selebrasi khusus untuk merayakannya. Sebaliknya, ketika tangkapan belum datang, kita masih akan tetap bahagia, walaupun masih penasaran karena tangkapan belum di tangan.
Perasaan bahagia semakin membuncah tatkala ikan benar-benar menyangkut di mata kail. Joran yang melengkung, putaran reel yang berderit sebagai tanda ada perlawanan dari ikan, membuat hati berdebar gembira.
Apalagi kalau saat itu ada pemancing lain di sekitarmu, maka suasana akan semakin riuh. Sungguh, itu akan memberi warna baru dalam hari-harimu yang sulit dilupakan.
-. Selalu ada teknik baru
Beda jenis ikan, beda juga cara memikat dan menaklukannya. Baik dari umpan, jenis kail, hingga terknik menariknya. Selain itu, masih banyak teknik lainnya yang terus berkembang seiring dengan pengalaman dan pengamatan para pemancing. Inilah yang jadi alasan kenapa memancing menyenangkan.
-. Baik untuk kesehatan mental
Memancing sangat bagus untuk kesehatan mental karena kesabaran menunggu dan menikmati kondisi alam sekitar akan mampu untuk membuang rasa penat dan stress.
Apalagi ketika mancing bersama teman teman, ngopi, bercerita dan menunggu ikan disambar, keakraban seperti inilah yang bisa memudarkan stress karena rutinitas harian.
Memancing itu pasti berada dibatas vegetasi dengan perairan ataupun menuju keperairan terbukan, dengan kondisi alam sekitar seperti ini akan membuat otak melepas memori memori yang menumpuk setiap hari dengan kondisi frame tempat kerja.
Apalagi jika memancingnya menyusuri sungai atau pergi kelautan lepas, tentu padangan yang berbeda bisa menyegarkan pikiran kita.
-. Hasilnya bisa dikonsumsi sendiri atau dijual
Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, ikan hasil dari kegiatan memancing juga dapat anda konsumsi bersama keluarga tercinta. Lebih jauh, anda juga dapat menjual sebagiannya ke tetangga di sekitar tempat tinggal anda jika hasil pancingan anda terlalu banyak untuk dikonsumsi sendiri. Secara tidak langsung, aktivitas memancing dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi anda dan keluarga.
-. Melatih keseimbangan
Saat kail berhasil mendapatkan ikan, tidak begitu saja dapat segera ditarik ke luar dari air. Terutama jika ikan yang tersangkut berukuran besar dan bertenaga kuat. Tentunya diperlukan keseimbangan tubuh yang baik agar dapat tetap menarik kail dan mempertahankan posisi tubuh tanpa terjatuh.
-. Lebih percaya diri
Ketika kamu berhasil mendapatkan ikan dengan alat pancingmu, kamu akan merasakan sensasi kepuasan akan suatu pencapaian. Kondisi itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kamu menjadi lebih yakin akan kemampuan kamu, bukan hanya dalam hal memancing namun juga dalam hal yang lain.
Olahraga dan menambah relasi
Mungkin banyak yang tidak menyadari, bahwa memancing juga termasuk olahraga ringan. Bagaimana bisa?
Saat kita memutuskan pergi memancing, pertama-tama kita harus menyiapkan segala peralatan termasuk umpannya. Menuju ke lokasi pemancingan itu tanpa disadari kita sudah berolah raga.
Mulai dari mengendarai sepeda motor atau mobil. Lalu turun dan berjalan ke lokasi pemancingan. Jangan lupa, saat berjalan itu kita juga membawa beban; alat pancing, perbekalan, tempat ikan dan lainnya. Kemudian, sewaktu melemparkan umpan atau menarik ikan, kita juga sudah menggerakkan otot-otot tangan. Itu sama saja dengan berolahraga ringan.
Lalu, sembari menunggu ikan, kita juga bisa membangun hubungan sosial dengan para pemancing lain. Kamu bisa berkenalan dengan orang-orang baru, mengobrol berbagi cerita. Kita tidak pernah tahu, siapa dan apa pekerjaan pemancing lain yang ada di sekitar kita.