Jenis Mawar Untuk Taman
Tanaman bunga mawar tentu tak asing lagi bagi Anda. Ini adalah tanaman yang populer dan tak pernah dilupakan.
Bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dan disukai. Tanaman mawar tidak hanya memiliki bunga berwarna-warni yang cantik dan tampak elegan, tetapi juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Mengutip dari countryliving.com, para spesialis membagi jenis bunga mawar menjadi tiga kategori utama yakni Wild Roses, Old Garden Roses, dan Modern Garden Roses. Jenis bunga mawar yang paling umum di taman saat ini adalah Modern Garden Roses. Ini adalah varietas yang dibiakkan setelah 1867. Keberadaan taman rumah memberikan nuansa yang lebih segar bagi setiap penghuni. Apalagi, kalau kamu menempatkan tanaman bunga yang cantik di sana. Kamu dapat menjumpai berbagai jenis tanaman bunga. Salah satunya adalah bunga mawar. Tidak hanya mempunyai bentuk yang cantik, ada pula berbagai jenis bunga mawar yang punya keunikannya tersendiri.
Berikut ini jenis mawar yang cocok untuk taman:
1. Mawar Hybrid Tea
Mawar hybrid tea atau hibrida teh adalah jenis mawar persilangan dari mawar abadi dan mawar teh. Bunganya selalu mekar dengan ukuran yang sangat besar (4 inci-5 inci) dengan jumlah 30-50 kelopak. Ketika mekar, bunga ini akan memiliki aroma jeruk dan rempah yang kuat. Mereka biasanya hadir dengan warna merah mudah yang pudar, tetapi terkadang juga warna putih dan kuning.
2. Mawar Floribunda
Jenis mawar ketiga yang layak dilirik yaitu mawar Floribunda. Mawar jenis ini juga masuk ke dalam kelompok bunga mawar modern, di mana proses pembuatannya adalah menyilangkan antara Polyantha dan Hybrid Tea. Ciri khas mawar Floribunda yakni terletak pada bunganya yang mekar dalam kelompok besar. Selain itu, warna yang dihasilkan juga sangat cerah dalam jangka waktu cukup panjang. Resistensi terhadap penyakit dari mawar Floribunda juga tergolong bagus seperti jenis mawar modern lainnya.
3. Mawar Grandiflora
Jenis bunga mawar yang ketiga adalah mawar Grandiflora. Jenis ini termasuk dalam kategori Mawar Modern. Mawar Grandiflora adalah campuran dari Floribunda yang mekar kembali yang dipasangkan dengan sekumpulan bunga mawar Hybrid Tea. Nuansa warna mawar ini berkisar dari pastel lembut hingga ungu tua dan biasanya memiliki sedikit wangi bunga yang manis. Grandiflora adalah jenis mawar semak yang tinggi, diperkenalkan pada tahun 1950-an. Grandiflora biasanya mekar secara mencolok dan batangnya kuat sehingga bagus dijadikan sebagai bunga potong.
4. Grouncover rose
Kalau ingin mencari bunga mawar yang gampang dirawat, pilihannya adalah grouncover rose. Bunga dari tanaman ini mempunyai warna dan bentuk yang menarik. Selain itu, bunganya juga wangi.
5. Mawar Inggris
Jenis bunga mawar yang pertama adalah mawar Inggris. Jenis ini termasuk dalam kategori Mawar Modern. Jika Anda mencari mawar yang kuat dan tahan penyakit dengan wangi yang menyenangkan, mawar Inggris mungkin adalah jenis bunga mawar yang tepat untuk Anda. Tersedia dalam berbagai warna, varietas mawar ini telah dibudidayakan dengan hati-hati. Sebagian besar tanaman mawar ini berbentuk semak, yang membuatnya ideal untuk hampir semua situasi taman sebagai wadah, pagar, dan pengaturan lain yang lebih formal.
6. Mawar Falstaff
Mawar Falstaff berasal dari Inggris yang juga dikembangkan oleh David Austin. Warna khasnya adalah merah gelap dan berukuran 4 inci-5 inci. Bunganya akan memiliki aroma khas yang kuat ketika mekar. Mereka juga memiliki siklus mekar yang baik.
Nah, itulah pilihan jenis bunga mawar yang bisa kamu tanam di taman rumah. Semoga bermanfaat!