Manfaat Minyak Kelapa
Minyak kelapa tak hanya digunakan untuk keperluan memasak. Ada beragam manfaat minyak kelapa yang juga baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.
Buah kelapa tidak hanya dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, tetapi juga menjadi minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa yang baik adalah minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa olahan.
Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi.
Hal itu agar kandungan dalam minyak kelapa seperti phenolic tidak hilang atau rusak. Senyawa phenolic berperan sebagai antioksidan. Lantas, apa saja manfaat minyak kelapa bagi kesehatan?
Di bawah ini adalah manfaat minyak kelapa untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.
1.Mengurangi Risiko Perburukan Organ dan Jaringan Tubuh
Konsumen asam lemak jenuh terbanyak di dunia adalah masyarakat Tokelau yang tinggal di kepulauan di Pasifik dan Kitava.
Meski 60 persen kalori yang mereka konsumsi didapat dari minyak kelapa, masyarakat Tokelau dan Kitava dalam kondisi sehat. Mereka juga jarang terkena penyakit degeneratif, yaitu kondisi medis yang menyebabkan memburuknya organ dan jaringan tubuh secara bertahap.
2.Membakar Lemak
Kendati termasuk lemak jenuh, minyak kelapa bermanfaat untuk meningkatkan pembakaran lemak tubuh.
Menurut penelitian, mengonsumsi 15-30 gram asam lemak jenuh rantai sedang dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar lima persen, artinya ada 120 kalori yang dibuang.
Namun, perlu diingat minyak kelapa tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah banyak justru bisa meningkatkan berat badan.
3.Mengelola stres
Selain meningkatkan kolesterol HDL, khasiat minyak kelapa lainnya yang bisa Anda peroleh yaitu membantu mengelola stres.Namun, stres yang dimaksud di sini berkaitan dengan stres akibat olahraga. Hal ini dikarenakan minyak kelapa murni diduga memiliki sifat antioksidan.
Sementara itu, stres yang muncul akibat radikal bebas mungkin bisa dilawan dengan antioksidan pada minyak kelapa.Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat dari Experimental and therapeutic medicine.Studi awal ini memperlihatkan bahwa ada kemungkinan minyak kelapa murni berkhasiat dalam mengobati beberapa jenis depresi.
4.Menjaga kesehatan jantung
Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga berasal dari kandungan polifenol. Polifenol diketahui dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung pun akan menurun.Namun, jika memiliki riwayat penyakit jantung, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait konsumsi minyak kelapa.
5.Mencegah diabetes
Asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.
Saat ini, sudah banyak produk minyak kelapa murni yang dijual di pasaran dan mudah diperoleh dengan harga yang bervariasi. Namun, sebelum Anda membelinya, selalu perhatikan petunjuk penggunaan dan tanggal kedaluwarsa dari produk minyak kelapa tersebut.
Selain itu, konsultasikan lebih dulu ke dokter jika Anda ingin menggunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk menunjang dan memelihara kesehatan. Terlebih, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.
6.Mengatasi Ketombe Pada Rambut
Minyak kelapa yang digunakan secara rutin dapat menjadi solusi untuk mengatasi ketombe akibat kulit kepala kering.
Meski begitu, jika ketombe terjadi pada kulit kepala yang cenderung berminyak, hindari penggunaan minyak kelapa secara berlebih.
Itulah beberapa manfaat dari minyak kelapa yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan juga rambut.