Tips Membaca Cepat
Membaca cepat mungkin terlihat seperti cara cerdas untuk membaca semua buku Anda yang menumpuk di rak buku, namun membaca cepat harus dilakukan dengan cara yang benar.
Hal ini dikarenakan kecepatan membaca bisa mempengaruhi seberapa banyak Anda belajar. Biasanya Anda akan belajar lebih baik saat membaca 100 hingga 200 kata per menit.
Bagaimana cara membaca buku setebal halaman tersebut? Atau bagaimana cara yang dilakukan oleh mereka yang telah selesai membaca buku dengan jumlah ratusan atau ribuan?Jawabannya adalah menerapkan teknik Membaca Cepat atau yang dikenal dengan istilah “Speed Reading”
Berikut ini akan kami bagikan tips membaca cepat. Silahkan disimak.
1.Membaca di tempat kondusif
Biar bisa membaca cepat, usahakan cari tempat yang kondusif, tenang, jauh dari keributan, suara bising. Misalnya tempat – tempatnya adalah ruang belajar, kamar pribadi, taman dan perpustakaan. Pastikan juga tempatnya memiliki pencahayaan yang cukup.
2.Menggunakan metode penunjuk
Menggerakkan jari sebagai penunjuk merupakan teknik membaca yang praktis dan sederhana yang memungkinkan Anda membaca lebih cepat sambil tetap belajar. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan jari Anda untuk menunjuk kalimat yang Anda baca, ini meningkatkan kecepatan membaca Anda dengan mempertajam fokus Anda.
3.Belajar melihat sekelompok kata
Membaca satu kata pada satu waktu mengurangi kecepatan, jadi fokuslah pada kelompok kata untuk meningkatkan kecepatan Anda. Namun hal itu mungkin tampak seperti teknik yang paling rumit. Anda bisa melakukannya dengan membaca frasa, bukan membaca kata demi kata.
4.Jangan bergumam
Banyak orang yang jika membaca mulutnya ikutan bergumam. Tentunya kebiasaan ini tidak efektif dan tidak baik jika ingin membaca cepat. Kamu akan memakan waktu lama karena membaca secara kata per kata. Selain itu, kamu juga akan sering mengulangi bacaan sebelumnya karena lupa batas bacaan.
5.Posisi tubuh sangat berpengaruh
Posisi tubuh mempengaruhi tingkat fokus kamu dalam membaca. Pastikan kamu membaca dengan posisi duduk yang tenang, jarang pandang 30 cm supaya lebih fokus. Jika ingin membaca cepat, pastikan Anda membaca tidak sambil tiduran, makan atau mengerjakan hal yang lain seperti menonton.
6.Fokus
Fokus menjadi salah satu kunci utama dalam teknik membaca cepat.Semua orang memiliki caranya masing-masing untuk dapat fokus. Ada yang harus di tempat tenang, ada pula yang harus sambil mendengarkan musik.
Temukan caramu sendiri untuk dapat fokus. Jauhi semua distraksi yang dapat membuatmu terlepas dari buku yang sedang kamu baca.Jangan mengulang yang sudah dibaca.
Teknik membaca cepat selanjutnya adalah hindari mengulangi kata-kata yang telah dibaca. Terkadang, kita mungkin tertarik untuk membaca ulang kata-kata tersebut, karena ada kata yang menarik atau membingungkan.
Namun, lebih baik kamu terus melanjutkan sesi membacamu ke kata-kata selanjutnya.Jangan terpaku dengan kata-kata yang telah dibaca karena hal itu hanya akan membuatmu kehilangan waktu membaca.Dengan melewati satu kata, kamu akan tetap memahami pernyataan yang dimaksud.
7.Terus berlatih
Membaca cepat merupakan teknik atau kemampuan yang perlu dilatih terus-menerus.Dilansir dari Forbes, kamu bisa mulai membaca blog, koran, majalah, hingga buku dengan menerapkan teknik membaca cepat.Semakin sering kamu berlatih, tentu kemampuan membaca cepatmu akan bertambah.
Selain berlatih, kamu juga harus menghitung jumlah kata yang mampu kamu baca dalam satu menit. Sebagai contoh, kamu berhasil membaca sebuah blog berisi 1.000 kata dalam waktu empat menit. Berarti, kecepatan membacamu adalah 250 kata per menit.
Catat terus jumlah kata yang berhasil kamu baca dalam satu menit.Jika jumlah tersebut belum meningkat, kamu bisa mencari tahu apa yang menghambatmu untuk membaca cepat.
Itulah beberapa tips untuk membaca cepat,semoga dapat membantu kalian yang gemar membaca.