Perlatan Sebelum Berjemur
Paparan sinar matahari (UV B) akan memicu reaksi fotosintesis pada kulit untuk pembentukan vitamin D dalam tubuh. Fungsi vitamin D adalah menjaga kadar kalsium dan kadar fosfor dalam tubuh tetap dalam kisaran fisiologis normal untuk mendukung sebagian besar fungsi metabolisme, transmisi neuro-muskuler dan mineralisasi tulang.
Dalam masa pandemi COVID-19, bagi orang yang masih sehat, aktivitas berjemur akan meningkatkan sistem kekebalan karena kecukupan vitamin D dalam tubuh selalu terpenuhi sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus korona.
Mengenal sinar UV dan bahayanya
Matahari memancarkan tiga jenis sinar UV berdasarkan panjang gelombang masing-masing, yakni UVA, UVB, dan UVC. UVA adalah gelombang yang paling panjang sedangkan UVC adalah yang paling pendek.
Lalu apa pengaruh dari sinar tersebut untuk kesehatan kita? Ketiga sinar UV sebenarnya sama-sama berbahaya untuk kulit. Berikut ini rincian dampaknya menurut World Health Organization (WHO) dan berbagai sumber lainnya:
• UVA: bertanggung jawab dalam penuaan kulit, memunculkan keriput, dan bintik-bintik penuaan;
• UVB: berkaitan erat dengan kanker, merusak DNA kulit, mengurangi keefektifan sistem imun, dan menyebabkan kulit terbakar;
• UVC: tidak bisa masuk ke permukaan Bumi karena diserap lapisan ozon.
Di sini akan kita bahas barang apa saja yang wajib di bawa saat berjemur dan tips berjemur yang efektif.
1. Krim tabir surya atau sun block.
Jangan pernah pergi ke pantai sebelum Anda mengoleskan krim tabir surya atau sun block ke kulit, terutama di wajah. Karena sengatan matahari bisa membakar kulit yang tidak tertutup sun block. Alhasil, setelah liburan kulit akan mengelupas seperti sisik ular.
2.Menggunakan Sunglass
Tidak perlu takut untuk dibilang lebay saat berjemur di bawah sinar matahari memakai sunglass, meskipun hanya di halaman rumah. Anda justru perlu memakai kacamata hitam atau sunglass ketika berjemur agar mata tidak terpapar matahari secara langsung.
3.Air mineral.
Sediakan sebotol air mineral dalam barang bawaan Anda. Cuaca yang cukup panas saat berjemur bakal menyerap cairan tubuh. Akibatnya Anda akan mudah haus. Sekitar pantai, pastinya ada banyak penjual air kemasan. Tapi sebaiknya hindari air berasa manis karena hanya akan menambah rasa haus. Selain itu, air mineral jauh lebih baik dari air kemasan mana pun karena mampu mengganti cairan tubuh dengan maksimal.
4.Topi
Topi dapat menutupi daerah wajah dari terik langsung sinar matahari.di sarankan menggunakan tabir surya di bagian wajah untuk menghindari flek hitam yang akan timbul.
Tips berjemur yang baik dan efektif tingkatkan sistem imun
• Durasi berjemur hanya berkisar antara lima hingga 15 menit, tidak boleh lebih dari itu;
• Gunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 ke atas untuk meminimalkan risiko kanker kulit;
• Oleskan sunscreen 15 menit sebelum berjemur;
• Kamu bisa melakukannya sambil berolahraga ringan.
Itulah beberapa alat dan tips untuk berjemur agar berjemur menjadi lebih efektif.