Manfaat Obat Kumur
Sisa-sisa makanan di sela gigi lambat laun akan menumpuk dan membentuk plak yang menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Bakteri pada plak akan menghasilkan asam yang bisa mengikis lapisan luar gigi (enamel) dan menimbulkan beragam masalah, seperti bau mulut, gigi berlubang, dan radang gusi.
Masalah yang ditimbulkan bakteri ini tidak terbatas hanya pada lapisan luar gigi dan gusi. Dalam kasus yang lebih parah, plak bahkan dapat merusak akar gigi dan tulang penopang gigi. Jadi, kebersihan mulut tidak boleh disepelekan, ya.
Secara garis besar, cairan pembersih gigi terbagi dalam dua jenis. Ada obat kumur untuk sakit gigi, ada juga obat kumur yang dibuat untuk tujuan kosmetik. Namun meski dibuat untuk tujuan yang berbeda, setiap jenis obat kumur bisa membantu menjaga kesehatan gigi dengan caranya masing-masing.
Selain itu, obat kumur juga diketahui bisa membantu melawan bakteri penyebab masalah di rongga mulut. Jadi, berkumur dengan obat kumur dapat membantu mengurangi pembentukan plak pada gigi dan melindungi Anda dari risiko mulut.
Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda tidak bisa asal memilih obat kumur. Pastikan Anda memilih obat kumur yang mengandung bahan-bahan aktif berikut ini:
Fluoride
Pilihlah obat kumur yang mengandung fluoride. Bahan aktif ini dapat membantu memperlambat terkikisnya mineral pembentuk enamel serta melapisi kembali enamel yang mulai menipis. Tidak hanya itu, fluoride juga mampu memperlambat pertumbuhan bakteri jahat pada mulut dan menghentikan pengeroposan gigi pada tahap awal.
Minyak esensial
Anda bisa memilih obat kumur yang diperkaya bahan antiseptik alami, seperti eucalyptol, menthol, thymol, dan methyl salicylate. Bahan-bahan dari ekstrak tanaman ini mengandung senyawa antibakteri yang dapat melawan bakteri jahat di mulut. Jadi, Anda bisa terlindungi dari berbagai masalah pada mulut.
Ekstrak teh hijau
Obat kumur yang mengandung ekstrak teh hijau mampu melindungi enamel gigi yang telah menipis serta menurunkan tingkat keasaman air liur sehingga membantu mencegah terbentuknya lubang pada gigi. Selain itu, senyawa pada teh hijau juga bisa mengurangi plak dan mengurangi bakteri jahat di rongga mulut.
Manfaat obat kumur bagi kesehatan mulut.
1.Menghilangkan Bau Mulut
Meski sudah rutin menggosok gigi, bau mulut terkadang masih ada. Padahal gigi rutin dibersihkan dengan sikat dan pasta gigi. Hal seperti ini lazim terjadi. Karena jangkauan sikat gigi yang terbatas, terkadang ada bagian gigi yang tidak terjangkau dan menjadi sarang bakteri.
Obat kumur bisa membantu membersihkan gigi dan mulut dengan lebih sempurna. Bentuknya yang cair membuatnya mampu menjangkau sela-sela gigi dan bagian yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.
Kandungan dalam obat kumur juga bisa membantu mengurangi bau mulut. Misalnya saja seperti zat pembasmi bau mulut dan astringent salt. Selain itu ada juga obat kumur yang dibuat dengan teknologi CPC (Cetylpyridinium Chloride) untuk bantu melawan 99.9% kuman dan bakteri penyebab bau mulut.
2.Napas Segar
Untuk menghilangkan bau mulut obat kumur jauh lebih efektif dibandingkan hanya dengan menyikat dan menggunakan benang gigi. Terutama saat Anda baru saja mengkonsumsi makanan dengan bau menyengat, obat kumur pilihan yang sangat tepat untuk mengurangi bahkan menghilangkan baunya di mulut Anda.
3.Mencegah Mulut Kering
Obat kumur dapat menjaga kelembapan mulut untuk memastikan pencegahan terbentuknya bakteri. Sebab mulut yang lembab menyisakan air liur yang berguna membersihkan sisa makanan dan membunuh bakteri mulut.
4.Mencegah Plak
Plak adalah lapisan lengket yang kerap menyelimuti gigi. Lapisan ini dibentuk oleh bakteri dan sisa makanan yang tidak dibersihkan. Jika masih baru, plak memang tidak begitu mengganggu. Namun jika dibiarkan, plak bisa menumpuk dan berkembang menjadi karang gigi.
Obat kumur bisa membantu membersihkan gigi dari bakteri dan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Sela-sela gigi yang sulit dijangkau sikat gigi juga dapat dibersihkan dengan obat kumur. Dengan rutin menggosok gigi dan berkumur dengan obat pembersih mulut, plak bisa dicegah.
5.Membantu Mencegah Gigi Berlubang
Dengan rutin menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride, risiko gigi berlubang akan berkurang. Lubang-lubang kecil tak kasat mata dapat dicegah sebelum berkembang menjadi lebih besar. Selain itu, permukaan gigi juga jadi lebih kuat dan terlindung dari kerusakan.
Kesehatan gigi, gusi dan mulut harus dijaga secara menyeluruh. Selain menggosok gigi secara teratur, sempurnakan perawatan gigi dan mulut dengan obat kumur. Pilihlah obat kumur yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk bantu melawan 99.9% kuman dan bakteri penyebab plak, radang gusi dan bau mulut.
Itulah beberapa manfaat dari obat kumur untuk kesehatan mulut Anda , rutinlah menggunakan obat kumur agar mendapatkan manfaat yang sudah di sebutkan di atas.