Fungsi Penting Rak Sepatu
Memiliki sepatu atau sandal sudah tentu jadi kebutuhan setiap orang. Bahkan ada sebagian kalangan yang menjadikan kepemilikan sepatu atau sandal sebagai sebuah kesenangan. Tak pelak, rentetan pasang sepatu dan sandal memenuhi rumah.
Dalam satu rumah yang terdiri atas beberapa anggota keluarga, sepatu akan menjadi menumpuk pada akhirnya karena satu orang anggota keluarga akan mempunyai sepatu lebih dari satu. Hal ini akan membutuhkan tempat atau ruang yang khusus menyimpan sepatu agar tetap rapih dan tidak berantakan.
Rak sepatu kemudian menjadi solusi yang paling jitu untuk menyimpan semua sepatu di rumah. Tentunya rak sepatu ini akan dipilih sesuai model dan kesukaan serta fungsinya yang memang efektif untuk menangkal debu dan bau sepatu di rumah. Untuk itu, dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai alasan penting harus mempunyai rak sepatu di rumah. Yuk, ikuti sampai tuntas pembahasannya di bawah ini!
1.Susunan sepatu menjadi rapih
Alasan pertama tentu saja menjadikan sepatu di rumah menjadi teratur penyimpanannya. Susunan sepatu empunya anggota keluarga di rumah juga menjadi rapih. Hal ini juga akan membuat ruang di rumah terasa lapang dan tidak berantakan pastinya.
2. Melindungi Sepatu
Rak sepatu yang baik akan melindungi sepatu-sepatu kesayangan dari debu dan kelembapan. Sebaiknya pilih rak sepatu yang tertutup, namun memiliki ventilasi yang baik agar tidak merusak bahan sepatu. Terutama untuk bahan seperti kulit. Sirkulasi udara yang buruk dapat membuatnya pecah-pecah atau berjamur. Meski sudah menyimpan di rak sepatu, jangan lupa untuk tetap mengangin-anginkan sepatu sesekali.
3.Furnitur rumah yang membuat tampilan ruangan menjadi lebih menarik
Tanpa mengurangi fungsi utamanya, banyaknya desain rak sepatu yang ditawarkan akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih menarik.
Apalagi kini desain rak sepatu lebih bervariasi dan ada pula beberapa yang mengikuti perkembangan desain interior ruangan, contohnya seperti rak sepatu minimalis.
Ya, rak sepatu bisa sama dengan rak organizer lainnya yang memiliki pilihan warna maupun materialnya.
Keberadaan rak sepatu di rumah bisa memperindah ruangan yang elegan dan nyaman.
Bahkan dengan menggunakan rak sepatu juga membantu sebagai nilai aksen desain yang unik di rumah minimalis.
4.Mengontrol keuangan untuk pembelian sepatu baru
Menggunakan dan membelanjakan sejumlah uang untuk membeli sepatu atau sendal tentu seharusnya dilakukan dengan sangat penuh pertimbangan. Apalagi jika di rumah sudah terdapat banyak koleksi sepatu.
Meski tidak memiliki sebuah kemampuan khusus dalam mengelola keuangan, namun setiap orang bisa menggunakan trik tersendiri membatasi sejumlah pengeluarannya dalam membeli alas kaki.
Jika memiliki rak sepatu di rumah, maka semua koleksi sepatu tersusun dan terlihat rapi. Hal ini membuat kamu teringat bahwa di dalam rak sepatu sudah penuh akan sepatu atau sendal yang masih layak pakai.
Dengan begitu kamu bisa terhindari dari pemborosan membeli alas kaki.
5.Menghemat Waktu dan Tenaga
Jika sedang terburu-buru namun saat sedang mencari sepatu atau sandal, kita tidak bisa menemukan di tempatnya. Kalaupun sudah ketemu, namun ternyata baru bagian sebelahnya. Sementara pasangan kiri atau kanannya menumpuk diantara sepatu lainnya.
Hal ini tentu bisa dihindari jika menyimpan sepatu di rak dan menyusunnya sesuai dengan pasangannya. Penyususan sepatu yang teratur pada raknya akan membantu menghemat banyak waktu dan tenaga dalam mencari pasangan sandal atau sepatu.
Jika memilih rak terbuka, pilih yang alasnya sedikit miring untuk memudahkan pencarian. Jika lebih suka rak tertutup, pilih yang tutupnya transparan sehingga tidak perlu membuka setiap partisi untuk menemukan sepatu yang dicari.
Itulah beberapa fungsi penting adanya rak sepatu di rumah. Semoga setelah membaca artikel ini dapat menjadi pertimbangan kalian untuk membeli rak sepatu untuk sepatu dan sandal kesayangan kalian.