Menanam Bunga Ranunculus
Bunga Ranunculus merupakan bunga yang sering dijadikan tanaman hias bagi penggemar kolektor bunga hias.
Nama ranunculus (Ranunculus asiaticus) mengacu pada kelompok tanaman yang terdiri dari beberapa ratus jenis termasuk buttercup dan crowfoot. Sering kali dijual sebagai bunga potong dan tanaman populer untuk kebun, keluarga ranunculus menawarkan bunga-bunga berwarna cerah. Sejumlah varietas yang berwarna cerah memiliki lapisan kelopak bunga bertumpuk mirip seperti mawar dan biasanya dijual untuk ditanam di rumah. Kebanyakan varietas ranunculus akan tumbuh hingga ketinggian sekitar 40 cm. Namun, untuk mendapatkan ranunculus yang cantik, Anda harus tahu cara menanam dan merawatnya setelah penanaman.
Sekitar 360 spesies buttercup didistribusikan di dunia, tumbuh di belahan bumi utara di daerah dengan iklim sedang dan dingin, tetapi dalam budaya mereka tumbuh terutama garden buttercup, atau buttercup Asia, banyak varietas dan varietasnya, menghiasi taman kami dengan bunga di tengah musim panas selama sebulan. Kelopak bunga mawar mereka tipis dan halus. Tidak peduli varietas apa yang Anda tanam, ranunculus cocok dengan bunga musim semi lainnya seperti anemon, bloomingdales, dahlia, daffodil , pansy, picotees, primrose, dan snapdragons.
Seperti bunga pada umumnya bunga ini juga ditemukan atau berasal pertama kali dari Timur tengah namun ranunculus liar biasaya mudah ditemukan di Amerika Serikat karena anda bisa menemukannya disepanjang padang rumput. Ranunculus bisa ditanam di rumah baik dengan pot atau langsung ke tanah. Karena jenis tanaman ini mudah hidup asal ditanah yang lembab. Seperti tempat awal ditemukannya nama ranunculus yang ditemukan ditanah yang lembab. Bahkan bunga ini bisa dijadikan hiasan untuk pernikahan atau sebagai bunga untuk karangan pengantin. Bunga ini sebaiknya dijauhi untuk anak-anak kecil yang masih penasaran dengan banyak hal karena terkadang anak kecil sangat ingin memiliki bunga ini. Namun harus di ingat bukan hanya beracun bunga ini juga memiliki duri yang tajam pada bagian batangnya dan jika dipegang maka akan membuat tangan berdarah. Maka dalam memilih bunga ini untuk dijadikan tanaman hiasan maka harus lebih hati-hati dalam memiliharanya dan jauh dari jangkauan anak-anak.
Berikut cara menanam bunga ranunculus:
1. Rendam umbi Anda sebelum ditanam.
Untuk hasil terbaik, rendam umbi ranunculus dalam air bersuhu ruangan setidaknya selama tiga hingga empat jam sebelum ditanam. Ini membantu mempercepat pertumbuhan mereka. Anda akan tahu umbi Anda sudah siap setelah ukurannya berlipat ganda dan tumbuh putih, seperti akar rambut. Mereka bisa membusuk jika tergenang air, jadi atur pengatur waktu saat merendam umbi Anda agar tidak melupakannya.
2. Persiapan Menanam
Sebelum anda mulai menanam tanaman ini maka yang perlu anda lakukanlah adalah mencari tempat untuk menanam tanaman ini, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tanaman ini merupakan jenis tanaman yang membutuhkan tanah yang lembab. Maka sebelum menananam pilihlah tanahnya terlebih dahulu yang lembab dan pilih dengan melihat sinar matahari. Jika mataharinya terlalu terik dan langsung mengenai tanaman maka itu akan membuat tanaman lama kelamaan kering dan berakhir mati. Setelah memillih dimana tempat anda menanamnya dan menggunakan tanah apa maka selanjutnya adalah dengan memilih tempatnya apakah ingin dengan pot atau langsung ditanah. Jika anda tidak memiliki spas untuk menanam ditanah maka dapat dilakukan dengan pot karena jika dengan pot anda dapat memastikan tanahnya apakah masih lembab atau tidak.
3. Tanam umbi Anda di bawah sinar matahari penuh
Ranunculus harus ditanam di area dengan sinar matahari penuh. Seperti halnya bunga musim semi, mereka membutuhkan sinar matahari penuh tetapi tidak tumbuh dengan baik dalam suhu tinggi.
4. Beri jarak tanaman dengan tepat
Tanam umbi Anda sedalam dua hingga tiga inci dan terpisah empat hingga enam inci. Setiap umbi berisi banyak kuncup yang akan menghasilkan beberapa bunga, dan memberi jarak akan memberi ruang bagi tanaman untuk tumbuh.
5. Menanam dengan benih
Cobalah menanam ranunculus menggunakan benih jika Anda tidak bisa mendapatkan umbi. Ranunculus juga dapat ditanam melalui benih. Sebaiknya Anda menyemai benih di dalam rumah sekitar bulan September karena benih ranunculus menyukai suhu sejuk
Demikian informasi mengenai cara menanam bunga ranunculus. Semoga bermanfaat!