Mengenal Bagian Bunga
Semua orang pasti setuju bahwa bunga merupakan bagian tercantik dari tanaman dan sering digunakan sebagai hiasan rumah.
Banyak yang berpikir bahwa bunga hanya sekedar pemanis atau perhiasan tanaman atau tumbuhan semata. Padahal bunga memiliki fungsi yang sangat vital dan penting untuk tumbuhan, yakni sebagai salah satu bagian dari organ generatif yang berfungsi untuk perkembangbiakan tumbuhan. Bunga memiliki susunan bagian-bagian yang beragam, namun terdapat bagian-bagian yang umumnya dimiliki oleh semua bunga. Bunga lengkap mempunyai bagian-bagian, yaitu kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari.
Berikut adalah bagian-bunga beserta fungsinya:
1. Mahkota Bunga
Mahkota bunga merupakan bagian paling mudah dikenali karena berukuran besar dan berwarna mencolok. Bagian ini berfungsi membantu penyerbukan bunga dengan menarik perhatian para serangga agar hinggap. Selain itu tugas mahkota juga melindungi alat reproduksi bunga (putik dan benang sari). Petal atau kelopak pada mahkota bunga umumnya berjumlah 5 helai dan terletak pada lingkar dalam kelopak bunga.
2. Tangkai Bunga
Bagian bunga yang pertama adalah tangkai bunga yang merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah bunga. Fungsi tangkai bunga ialah penghubung antara bunga dengan ranting dan tangkai bunga juga berfungsi sebagai penopang bunga.
3. Kelopak bunga
Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang termasuk rangkaian daun bunga yang pertama pada kuncup. Kelopak bunga masih mempertahankan sifat daun dan letaknya berada di bagian paling luar bunga. Fungsi dari kelopak bunga adalah untuk melindungi kuncup bunga dan bagian-bagian bunga lainnya dari gangguan luar.
4. Tangkai Putik
Tangkai putik merupakan saluran penghubung antara kepala putik dengan ovarium. Selain itu tangkai putik berfungsi menyangga kepala putik agar bisa berdiri tegak dan tetap pada posisinya. Bagian ini memiliki tabung serbuk sari yang digunakan untuk membantu proses pembuahan dengan mengantarkan polen ke bagian bakal buah.
5. Benang Sari (Alat Kelamin Jantan)
Benang sari merupakan alat kelamin jantan sebagai alat perkembangbiakan bunga yang terdiri dari tangkai sari, kepala sari dan serbuk sari. Benang sari biasanya terletak di tengah-tengah mahkota. Benang sari dibedakan menjadi tiga bagian yaitu tangkai sari, kepala sari, dan penghubung ruang saru. Tangkai sari yaitu bagian yang berbentuk benang dengan penampang melintang yang umumnya berbentuk bulat, sedangkan kepala sari yaitu bagian benang sari yang terdapat pada ujung tangkai sari.
6. Putik
putik adalah bagian bunga yang fungsinya sebagai alat reproduksi betina. Putik memiliki tiga bagian, yaki kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Kepala putik terletak di ujung tangkai putik. Ia akan mengeluarkan lendir yang mengandung protein, gula, dan zat organik ketika sudah masak.
7. Bakal Buah
Sebenarnya bakal buah masih satu bagian dengan putik, namun organ ini memiliki fungsi penting sehingga diklasifikasikan menjadi komponen tersendiri. Bakal buah mengandung sel telur. Bagian ini menjadi tempat terjadinya pembuahan yaitu proses peleburan antara sel telur betina dan jantan yang kemudian menghasilkan bakal buah.
8. Dasar Bunga
Bagian bunga selanjutnya adalah dasar bunga yang berada pada bunga bagian bawah yaitu di atas tangkai bunga. Dasar bunga berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.
Nah itulah bagian dari bunga dan fungsinya. Semoga bermanfaat!