Tips Menjadi Penari Handal
Saat ini masyarakat sudah melirik seni tari atau dance sebagai salah satu seni yang dapat dipelajari dan dikuasai dengan mudah. Seni tari sendiri adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh dalam rangka menyampaikan ekspresi, emosi maupun doa dari penari.
Minat masyarakat bahkan remaja terhadap seni tari bertambah seiring dengan perkembangan boyband K-Pop yang memiliki konsep tarian unik. Hal ini menyebabkan semua orang di dunia ingin ikut menari layaknya sang artis. Bukan hanya itu saja, menjadikan seni tari sebagai mata pencaharian di industri tari juga menjadi salah satu alasan masyarakat saat ini untuk belajar seni tari.
Di artikel ini kita akan memberikan tips-tips agar menari menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah di pelajari.
1.Pilih Genre Sesuai Keinginan
Kamu harus memahami bahwa dalam seni tari banyak sekali genre yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri pun memiliki 2 genre tari umum, yaitu tradisional dan modern. Untuk saat ini, masyarakat lebih memiliki minat terhadap tari modern yang memiliki genre modern dance, hip hop, dan break dance, karena dianggap lebih mudah dipelajari daripada tari tradisional.
Menentukan jenis tarian yang diminati bisa menjadi tips pertama untuk mempelajari seni tari, karena jika kita sudah mengetahui jenis tarian yang ingin dipelajari kita bisa lebih fokus dan lebih mendalami jenis tarian tersebut.
2.Latihan Peregangan Untuk Memulai Sesi Anda
Tidak mungkin untuk memulai sesi olahraga dan pada saatnya nanti kelas dansa tanpa melakukan peregangan sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan cedera yang cukup serius.
Peregangan tarian memungkinkan otot berkontraksi dan berelaksasi. Sebuah langkah yang bahkan lebih penting jika Anda ingin maju dalam tugas ini secepat mungkin.
3.Untuk memulai pemanasan
Ini dimulai dengan pakaian yang akan Anda kenakan selama sesi. Pilihlah pakaian yang lembut dan elastis agar Anda bisa bergerak secara leluasa.
Lingkungan Anda juga sangat penting untuk memastikan Anda dapat melakukan peregangan dalam suasana terbaik. Jika Anda tidak punya ruang di rumah, pergilah ke taman atau pusat kebugaran.
Bahkan saat menari, beberapa otot lebih banyak bekerja daripada yang lain seperti hamstring atau psoas, seluruh tubuh digunakan untuk melakukan koreografi.
Jadi pikirkan tentang peregangan bahu, leher, punggung, panggul, lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, dll.
4.Menonton video dari youTube
Selain video yang lebih formal yang dapat Anda temukan online, YouTube juga menjadi rumah bagi beberapa klip dan kiat hebat tentang menari yang juga gratis. Jika Anda bisa, proyeksikan video di TV Anda dan ikuti. Bila Anda tekun dan melakukannya dengan tepat, maka kemampuan menari Anda bisa lebih baik dari mereka yang ikut kelas.
5.Ikut Dance Class atau Dance School
Cara paling ampuh dalam belajar seni tari adalah mempraktikannya langsung. Tetapi akan terasa sulit jika kita belajar sendiri. Lebih baik kamu mencari kelas khusus pemula yang akan mengajari langsung basis tarian.
Keuntungan mengambil kelas khusus pemula adalah kamu bisa langsung diajari oleh pelatih yang sudah profesional. Lebih baik lagi jika kamu mengambil kelas progresif di dance school karena kamu akan diberi materi pembelajaran yang sudah diatur layaknya sekolah pada umumnya. Perkembangan kamu dalam menari juga lebih mudah untuk dipantau oleh coach personal.
Yang terpenting dari memulai kemampuan baru adalah niatnya. Dari mana pun sumbernya, asalkan Anda mau dan melakukannya dengan konsisten, maka Anda bisa menguasainya pada akhirnya. Selamat mencoba.