Mengenal Garden Peony
Garden Peony (Paeonia lactiflora) adalah bunga abadi herba asli Cina dan Siberia.
Peony Cina atau Garden Peony adalah tanaman kebun asli Siberia dan telah diperkenalkan ke Amerika Utara. Di New England itu telah dikumpulkan sebagai pelarian taman hanya di Vermont dan Massachusetts timur. Banyak dibudidayakan di China karena khasiat obatnya, akarnya dipanen dari tanaman berumur 5 tahun, dikeringkan, dan dibuat menjadi sup yang bermanfaat sebagai tonik wanita untuk kram dan penyakit lainnya. Ini dibedakan dari peony biasa (P. officinalis) dengan daunnya, yang memiliki tepi bergerigi halus, dan buahnya (folikel) yang halus.
Tanaman tahunan seperti semak yang membentuk rumpun ini memiliki bunga penuh yang sangat besar yang muncul di akhir musim semi dan awal musim panas. Peony biasanya ditanam sebagai tanaman pembibitan pot yang berkembang dengan baik di musim semi, tetapi tanaman akar telanjang, sering dipesan dari pengecer online, biasanya ditanam di musim gugur. Peony Cina adalah tanaman yang tumbuh lambat yang dapat memakan waktu selama tiga tahun untuk menjadi cukup dewasa untuk mekar, tetapi Anda akan dihargai atas kesabaran Anda dengan tanaman yang sangat tahan lama. Peony sangat berumur panjang—mereka dapat bertahan hidup 100 tahun atau lebih.
Saat menanam peony, jarak yang luas dan sirkulasi udara yang baik sangat penting karena kepadatan yang berlebihan mendorong penyebaran penyakit — disarankan 3 hingga 4 kaki di antara tanaman. Jauhkan mereka dari tanaman besar lainnya yang mungkin bersaing untuk nutrisi. Karena peony Cina membutuhkan musim dingin yang dingin untuk mengatur kuncup bunga, mereka harus ditanam sehingga mahkota akar cukup dekat dengan permukaan — kedalamannya tidak lebih dari 2 inci. Jika menanam spesimen yang ditanam di pembibitan, pastikan untuk tidak mengubur mahkota lebih dalam daripada yang tumbuh di pot.
Meskipun di Amerika Utara kami menyebutnya Garden Peony, di Asia disebut sebagai Chinese Peony, karena orang Cina menganggapnya sebagai raja bunga. Peony taman diklasifikasikan sebagai herba abadi yang datang dalam beragam kultivar. Umumnya mereka tumbuh setinggi 3 'dan lebar 2,5'-3'. Daunnya lonjong hingga berbentuk tombak dan berwarna hijau tua. Bunga terbentuk pada bulan Mei dan bertahan selama 7-10 hari. Mereka bisa sebesar 6" pada beberapa kultivar, tetapi yang lebih umum adalah 2"-3". Mereka datang dalam berbagai warna tetapi mawar merah muda cukup umum. Mereka memang memiliki bunga mekar ganda, membentuk buket berbentuk cangkir. Bunganya memiliki aroma yang sangat menyenangkan dan menarik kupu-kupu. Meskipun bunganya hanya bertahan sebentar, dedaunannya menarik selama musim panas. Peony relatif bebas hama meskipun di musim yang sangat basah mereka dapat menderita jamur Botrytis abu-abu yang dapat mempengaruhi bunga dan daun. Pastikan untuk memberi tanaman lokasi yang cerah dengan banyak pergerakan udara untuk mengurangi timbulnya penyakit.
Demikian informasi mengenai garden peony. Semoga bermanfaat!