Kucing Termahal di Dunia
Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit bagi sebagian orang. Ciri fisik maupun tingkah lakunya membuat beberapa orang tergoda untuk mengadopsi mamalia yang satu ini.
Sama seperti hewan lainnya, kucing juga memiliki jenis dan ras yang beragam. Sebagian ras dijual dengan harga yang terjangkau sehingga cukup banyak pecinta kucing yang memeliharannya. Namun, ada juga kucing yang dijual dengan harga selangit.
Berikut deretan jenis kucing termahal di dunia!
1. Kucing Ashera
Kucing ini merupakan hasil gabungan gen dari kucing rumah biasa, kucing macan tutul Asia, dan ras keturunan Afrika. Kucing hasil rekayasa genetika ini dijual dengan harga US$ 125.000 atau sekitar Rp 1,8 miliar (kurs Rp 14.257).
Ashera memiliki keunikan tersendiri, mereka senang bersosial, memiliki rasa penasaran yang tinggi, mandiri setia, protektif dan sangat vokal. Selain itu, kucing ini senang berjalan-jalan santai bersama pemiliknya.
Mengutip Reuters, Ashera merupakan kucing hasil rekayasa perusahaan bioteknologi, Lifestyle Pets Co, yang hanya mampu memprodukis lima ekor saja per tahunnya. Berdasarkan perusahaan tersebut, kucing ini cocok dipelihara oleh mereka yang memiliki alergi bulu. Sebab, Ashera termasuk kucing hypoallergic yang sulit menyebabkan alergi. Kucing yang tergolong cerdas dan mudah akrab dengan pemiliknya ini juga tidak takut air. Dengan tubuh tinggi dan langsingnya, Ashera termasuk perenang yang andal.
2. Kucing Savannah
Savannah cat merupakan kucing ras hasil dari perkawinan silang antara kucing liar Afrika serta kucing Persia domestik. Kucing Savannah juga pertama dikenalkan pada tahun 1986 oleh peternak Bengal, Judee Frank. Trah ini menjadi populer serta diterima oleh asosiasi peternak pada pertengahan tahun 1990-an.
Seperti anjing, kucing Savannah juga sangat loyal. Mereka bisa ramah dan mudah bersosialisasi dengan hewan peliharaan lain serta orang asing jika dilatih pada usia dini. Hal ini dikarenakan sesungguhnya kucing Savannah tidak terbiasa dengan orang asing mulai menggeram serta mendesis.
Kucing ini juga sangat kuat dan gesit serta dapat dengan mudah melompat ke lemari tinggi, lemari es, serta bagian atas pintu. Selain itu, mereka juga sangat pintar, penasaran, senang bermain-main, dan aktif, dan membutuhkan banyak latihan agar bisa menjadi lebih aktif.
3. Kucing Khao Manee
Khao Manee adalah kucing langka asal Bangkok, Thailand, dengan warna mata yang berbeda. Di negara asalnya, Khao Manee sangat populer bahkan menjadi simbol keberuntungan dan kebahagiaan. Di luar Thailand Khao Manee sangat langka dan dianggap sebagai jenis yang lebih baru. Karena kelangkaannya dan biaya impornya, anak kucing Khao Manee dari peternak terkemuka dihargai antara USD7.000–USD11.000 atau Rp103 juta-162 juta.
4. Kucing Bengal
Bengal Cat memiliki penampilan liar serta eksotis. Kucing ini juga terkenal karena mantelnya yang terlihat unik seperti macan tutul serta tubuhnya yang berotot. Kucing Bengal juga memiliki sejarah dari tahun 1970-an ketika kucing macan Asia liar ini dikawinkan dengan shorthair domestik yang membuat ras ini menjadi hewan peliharaan menyenangkan karena sangat aktif dan pintar.
Dikarenakan asal-usulnya yang liar, maka ukuran kucing Bengal k jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kucing peliharaan lainnya. Dari segi kepribadian, kucing Bengal menjadi kucing yang penyayang, ramah pada anak kecil, dan dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan lain seperti anjing yang mudah bersosialisasi. Selain itu, mereka juga sangat energik dan menyenangkan, sehingga sangat pas untuk diajak bermain.
5. Kucing Persia
Mungkin banyak orang yang memiliki kucing ras Persia. Namun, biasanya kucing tersebut sudah tidak murni Persia. Harga dari kucing ras Persia murni sebenarnya cukup mahal, yaitu di angka Rp25,5 juta hingga Rp77,87 juta per ekornya.
Nah, jika kamu tahu Pororo sang selebcing yang sempat viral karena hilang, nah, kucing tersebut merupakan salah satu kucing dengan percampuran antara ras Persia dan British Shorthair.