Cara Diet Yang Sehat
Gizi seimbang adalah susunan asupan makanan sehari-hari berdasarkan jenis dan jumlah zat gizinya disesuaikan dengan kebutuhan harian tubuh.
Kebutuhan gizi dini dipenuhi dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal. Hal ini dilakukan untuk mencegah gangguan gizi.
Gizi seimbang yaitu apabila asupan makanan cukup secara kuantitas, kualitas, dan mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Tujuannya agar kesehatan tubuh terjaga, pertumbuhan sempurna (pada anak-anak), zat gizi tersimpan, dan aktivitas dan fungsi kehidupan sehari-hari berjalan optimal.
Apa Pentingnya Diet Seimbang?
Diet seimbang penting karena organ dan jaringanmu membutuhkan nutrisi yang tepat untuk bekerja secara efektif. Tubuhmu menggunakan kalori dari makanan untuk beraktivitas, seperti berjalan, berpikir, bernafas, dan fungsi penting lainnya.
Tanpa nutrisi yang baik, tubuhmu lebih rentan terhadap penyakit, misalnya infeksi, kelelahan, dan kinerja yang buruk.
Anak-anak dengan pola makan yang buruk juga menghadapi risiko pertumbuhan, serta masalah perkembangan dan kinerja akademis yang buruk. Kebiasaan makan yang buruk ini dapat bertahan selama sisa hidup mereka. Tidak hanya anak-anak, hal ini juga dapat terjadi pada orang dewasa.
Berikut ini adalah cara melakukan diet yang sehat dan seimbang untuk tubuh:
-. Minum banyak air
Tidak hanya konsumsi makanan, konsumsi air dalam diet sehat juga penting. Air penting untuk tubuh agar bisa bekerja dengan baik. Beberapa fungsi air yakni menjalankan fungsi tubuh, membuang limbah, dan mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Kebutuhannya cukup tinggi, mengingat sehari-hari tubuh juga mengeluarkan air melalui buang air kecil, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kebutuhannya pun konstan. Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor. Umumnya, rata-rata orang dewasa membutuhkan 2-3 liter sehari. Cara yang baik untuk mengetahui apakah kamu mendapatkan cukup air adalah dengan mengecek urin, jika tidak berwarna atau berwarna kuning pucat artinya normal.
-. Mengonsumsi protein yang cukup
Daging dan kacang-kacangan sumber protein utama, nutrisi yang penting untuk perkembangan otot dan otak. Daging tanpa lemak, rendah lemak seperti ayam, ikan, dan potongan daging sapi tertentu adalah pilihan terbaik. Buang kulit dan lemak yang terlihat adalah cara mudah untuk mengurangi jumlah lemak dan kolesterol dalam daging. Kesehatan dan diet makanan hewani ini penting dan mempengaruhi profil asam lemak daging sehingga pilihan yang diberi makan rumput sangat ideal.
Kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik dan mengandung banyak manfaat kesehatan lain, serta serat dan nutrisi lainnya. Ada beragam kacang yang bisa dicoba, antara lain kacang polong, almond, biji bunga matahari, kenari, tahu, tempe, dan produk berbasis kedelai lain adalah sumber protein yang sangat baik dan merupakan alternatif yang sehat untuk daging.
-. Makan buah-buahan
Selain menjadi sumber nutrisi yang baik, buah-buahan juga bisa menjadi makanan ringan yang enak. Pilih buah-buahan yang sedang musim di daerahmu. Mereka lebih segar dan memberikan nutrisi terbanyak.
Buah-buahan tinggi gula tetapi alami masih bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk kamu, daripada makanan lain dengan tambahan gula. Jika kamu memiliki kondisi seperti diabetes, kamu mungkin bisa memilih buah-buahan rendah gula.
Sementara itu, orang yang perlu memperhatikan asupan karbohidratnya, bisa memilih buah-buahan seperti melon dan alpukat
-. Mengonsumsi sayuran
Sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain mengandung vitamin, mineral dan antioksidan, sayuran juga kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.