Penyebab Sakit Pinggang
Sakit pinggang belakang adalah salah satu penyebab umum orang dewasa mengunjungi dokter.
Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), sakit pinggang adalah penyebab umum yang membuat seseorang memiliki hambatan untuk bekerja. Sebagian besar sakit pinggang terjadi akibat cedera, seperti keseleo otot atau ketegangan akibat gerakan tiba-tiba atau mekanisme tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat.
Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Disepelekan
Tidak hanya karena penyakit, beberapa kebiasaan sepele bisa sebabkan seseorang alami sakit pinggang belakang, di antaranya:
-. Kasur Terlalu Keras
Tidak hanya posisi tidur, tempat tidur yang kurang nyaman seperti yang terlalu keras memicu sakit pinggang. Itulah kenapa pemilihan kasur yang tepat dan nyaman menjadi penting dilakukan untuk mencegah sakit pinggang belakang.
-. Skoliosis
Medical News Today menyebutkan, sakit pinggang bisa disebabkan oleh skoliosis. Kelainan tulang itu bisa dialami oleh semua orang, tapi biasanya terjadi setelah anak-anak berusia 11 hingga 12 tahun. Anak-anak yang mengalami kondisi itu berisiko mengalami sakit pinggang saat sudah dewasa. Pengobatan yang dibutuhkan penderita skoliosis berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan kelainan tulang. Orang dewasa membutuhkan jenis obat tertentu dan latihan fisik yang dapat mengembalikan fleksibilitas dan postur tulang.
-. Cedera otot
Jika kamu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau melakukan aktivitas lain seperti mengangkat benda berat, sakit pinggang mungkin saja terjadi. Pasalnya, kedua aktivitas tersebut berpotensi membuat otot-otot di tubuh kamu tertarik secara berlebihan sehingga terjadi cedera otot.
Tak hanya itu, otot di area pinggang mungkin saja mengalami trauma dari aktivitas fisik seperti kecelakaan mobil dan jatuh, sehingga otot menekan tulang belakang dan berpotensi menyebabkan bantalan untuk tulang pada area pinggang pecah.
-. Duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama merupakan kebiasaan yang menyebabkan sakit pinggang belakang. Duduk seperti itu menekan otot punggung, leher, dan tulang belakang kamu. Bahkan duduk membungkuk membuat sakit pinggang belakang semakin buruk.
Duduk tegak di kursi yang menopang pinggang belakang dan atur ketinggiannya agar kakimu dapat beristirahat secara alami di lantai. Tetapi betapapun nyamannya kamu, pinggang kamu tidak akan suka duduk untuk waktu yang lama. Bangun dan bergeraklah selama beberapa menit setiap setengah jam untuk memberikan istirahat bagi tubuhmu.
-. Stenosis spinal
Stenosis spinal adalah kondisi penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang. Tekanan pada saraf tulang belakang akibat stenosis spinal bisa menyebabkan kebas atau kesemutan, kram, dan lemas pada bagian tubuh mana pun, tergantung pada bagian saraf yang tertekan.
Gejala bisa bertambah parah ketika tubuh berdiri atau berjalan. Penyebab utama terkena stenosis spinal adalah penuaan pada tulang yang menyebabkan bentuk konstruksi tulang berubah sehingga bantalan saraf tulang belakang menekan saraf. Adapun faktor lain yang bisa meningkatkan kondisi ini antara lain penderita skoliosis, pernah mengalami cedera maupun menjalani operasi tulang belakang, serta kelebihan kalsium dalam tubuh.
-. Irritable bowel syndrome
Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan gangguan sistem pencernaan yang biasanya terjadi di usus besar. Orang yang mengalami irritable bowel syndrome akan sangat sering buang air besar, diare, hingga menimbulkan rasa sakit di bagian perut dan pinggang.
Penyebab IBS adalah depresi, perubahan hormon, infeksi saluran pencernaan, efek samping akibat penggunaan obat-obatan tertentu, hingga faktor genetik. Pola makan yang sehat dapat membantu mencegah IBS dan terhindar dari penyebab sakit pinggang.