Cara Merawat Sepatu Kulit
Merawat sepatu kulit tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sepatu kulitmu tetap awet.
Sepatu bagi sebagian besar orang merupakan fashion item wajib yang bisa menambah kepercayaan diri saat tampil di depan publik. Tidak heran setiap orang amat sangat memperhatikan jenis sepatu yang digunakan.
Tidak hanya fashionable tetapi juga nyaman saat dikenakan. Jika dilihat dari jenis bahan yang digunakan ada banyak sekali jenis sepatu yang bisa kamu pilih, satu diantaranya sepatu kulit yang cukup populer menjadi incaran banyak orang.
Ada cara merawat sepatu kulit agar awet dan tahan tidak mudah mengelupas. Sebab merawat sepatu kulit amat sangat berbeda dengan sepatu sintesis atau bahan lainnya. Mengingat harga sepatu kulit yang relatif mahal tak heran perawatan yang diperlukan juga cukup ekstra.
Berikut cara merawat sepatu kulit yang baik dan benar!
1. Hindari terlalu sering dipakai
Sebagian orang senang menggunakan sepatu yang sama untuk berbagai kesempatan. Namun, untuk sepatu kulit sebaiknya tidak disarankan untuk dipakai setiap hari, terlebih digunakan di tempat-tempat yang kotor. Solusinya, disarankan pemilik sepatu agar menggunakan sepatu model lain atau selang-seling penggunaannya, agar warna sepatu tidak cepat pudar.
2. Bersihkan dengan lotion khusus
Selanjutnya, cara merawat sepatu kulit agar lebih tahan lama adalah dengan menambahkan handbody atau lotion khusus.
Membersihkannya pun hanya cukup menepuk-nepuk spons yang sudah diberikan lotion khusus sepatu kulit pada sepatumu.
Jangan pernah membersihkan sepatu kulit yang kotor dengan lap basah karena bisa membuat kulitnya pecah atau rusak.
3. Gunakan gel silika
Cara merawat sepatu kulit yang benar ialah kamu bisa menggunakan gel silika. Dengan cara memasukkan gel silica ke dalam sepatu kulit saat kamu hendak menyimpannya. Fungsi gel silika sendiri adalah untuk menyerap kelembapan dari udara yang ada di sekitar tempat penyimpanan.
Kondisi udara yang lembap sangat berisiko membuat bahan kulit jadi mudah terkontaminasi sehingga dapat memicu timbulnya jamur, bakteri hingga perubahan warna bahan itu sendiri. Jamur dan bakteri juga dapat memicu sepatu cenderung bau apek.
4. Jangan terekspos sinar matahari langsung
Cara merawat sepatu kulit sintetis tidak boleh disimpan atau dibiarkan di luar rumah. Pasalnya sinar matahari bisa dibilang menjadi salah satu ‘musuh utama’ dari bahan kulit imitasi atau sintetis.
Jika disimpan di luar ruangan dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari, warna kulit sintetis akan sangat mudah memudar dan menghilangkan kilaunya.
Namun, sepatu kulit sintetis juga sebaiknya tidak disimpan di tempat yang terlalu gelap dan lembap, misalnya di dalam kotak.
5. Menyemir sepatu dengan satu arah
Agar warnanya tetap seperti sepatu baru, jangan lupa menyemirnya. Menyemir sepatu kulit, ini membuat warnanya cemerlang.
Namun sebaiknya menggunakan produk semir sepatu yang sudah terpercaya dan tidak merusak warna. Carilah semir sepatu dengan warna yang paling mirip sepatu kulit. Usahakan menyemir sepatu kulit secara satu arah agar warna yang dihasilkan terlihat lebih alami.
Gosoklah hingga menghasilkan polesan yang merata dan sepatu terlihat berkilau kembali.
6. Jangan Gunakan Plastik Untuk Menyimpan
Cara merawat sepatu kulit yang benar adalah tidak menggunakan plastik saat menyimpannya. Hal ini tak lain karena plastik akan cenderung menyerap warna sepatu jadi lebih pudar. Plastik yang menempel juga dapat membuat kondisi sepatu cenderung lembap dan dapat memicu jamur hingga bau tidak sedap.