Atlet Golf Terkenal
Golf sering kali dipandang sebagai olahraga yang mahal dan eksklusif karena harga peralatannya yang biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.
Permainan golf sudah ada sejak berabad abad lalu, dan telah dipertandingkan secara resmi ratusan kali. Tentu hal ini melahirkan sejumlah nama pemain golf profesional, dimana beberapa di antaranya masih menjadi pemain golf terbaik dunia sepanjang masa dengan memenangi banyak sekali kejuaraan. Berikut adalah daftar beberapa pemain tersebut.
1. Tiger Woods
Tiger Woods merupakan satu-satunya pegolf yang masih aktif dan sukses mengoleksi semua gelar dalam turnamen major. Secara umum, pria yang lahir pada 30 Desember 1975 itu dianggap sebagai pegolf terhebat dan atlet paling terkenal sepanjang masa.
Debut profesional pada 1996, Tiger Woods sukses mengantongi 15 gelar major. Koleksi tersebut menempatkannya di bawah Jack Nicklaus sebagai peraih gelar utama terbanyak.
The Masters menjadi turnamen favoritnya, di mana ia untuk kali pertama meraih gelar utama pada 1997. Selain itu, ia juga memakai jaket hijau, tanda pemenang The Masters pada 2001, 2002, 2005, dan terakhir tahun lalu. Pada PGA Championship, Tiger Woods juga mengoleksi empat gelar (1999, 2000, 2006, 2007). Lalu tiga gelar masing-masing di US Open (2000, 2002, 2008) dan The Open (2000, 2005, 2006).
Sejauh ini, Tiger Woods telah mengantongi 109 gelar di semua turnamen. Dengan status masih aktif, bukan tidak mungkin koleksi gelarnya akan terus bertambah.
2. Arnold Palmer
Memiliki julukan The King dalam dunia olahraga golf, tentu membuat nama Arnold Palmer wajib dimasukkan dalam daftar pemain terbaik sepanjang masa. Bahkan Palmer pernah memperoleh kemenangan mencapai 62 kali di PGA Tour, termasuk 7 kejuaran major di antaranya. Prestari yang pernah ditorehkannya seakan memperkuat julukan yang disandangnya tersebut.
Pada tahun 1960 an, wajah Arnold Palmer sebagai pemain golf terbaik pernah menghiasi sampul Sports Illustrated. Di sana bahkan ia dianugerahi sebagai Sportsman of the Year kala itu. Selain berbagai kemenangannya yang pernah dilakukannya, banyak yang menggemari Palmer karena cara bermainnya yang unik. Ia memang merupakan putters terbaik yang pernah ada.
3. Jack Nicklaus
Pegolf yang dijuluki "The Golden Bear" ini sebenarnya sudah pensiun. Meski begitu, ia masih dianggap sebagai salah satu pegolf terhebat sepanjang sejarah. Tak main-main, Nicklaus telah memenangkan 117 turnamen profesional!
Dulunya, ia berlaga di banyak kejuaraan seperti PGA Championship, Masters Tournament, Open Championship, dan U.S. Open. Ia pernah menulis buku berjudul Golf My Way dan kini memimpin Nicklaus Design, perusahaan desain dan konstruksi lapangan golf.
4. Ben Hogan
William Ben Hogan (13 Agustus 1912 – 25 Juli 1997) adalah seorang pegolf profesional Amerika yang secara umum dianggap sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah permainan. Dia terkenal karena pengaruhnya yang mendalam pada teori ayunan golf dan kemampuannya memukul bola yang legendaris.
Sembilan kejuaraan besar profesional karir Hogan mengikatnya dengan Gary Player untuk keempat sepanjang masa, hanya tertinggal dari Jack Nicklaus (18), Tiger Woods (15) dan Walter Hagen. Dia adalah satu dari hanya lima pemain yang memenangkan keempat turnamen utama: Turnamen Master, Terbuka (meskipun hanya bermain sekali), AS Terbuka, dan Kejuaraan PGA.
5. Gary Player
Gary Player adalah pegolf asal Afrika Selatan (Afsel) yang lahir pada 1 November 1935. Pria yang kini berusia 84 tahun itu secara luas dianggap sebagai salah satu pegolf terbesar yang pernah ada.
Sejak debut profesional pada 1953, ia tercatat telah mengoleksi sembilan titel major. Ia menjadi satu-satunya pegolf yang bukan berasal dari AS yang meraih gelar pada semua kejuaraan utama.
Pegolf yang memiliki julukkan The Black Knight itu masing-masing meraih tiga gelar dalam The Masters (1961, 1974, 1978) dan The Open Championship (1959, 1968, 1974). Kemudian di PGA Championship (1962, 1972) dan US Open (1965). Total koleksi gelar dalam semua ajang adalah 163.