Tips Menjadi Guru Pemula
Guru adalah seseorang yang mengajarkan kepada murid atau peserta didik, baik di sekolah, lingkungan, maupun alam.
Menjadi guru baru, kamu pasti gugup dan malu ketika baru pertama kali mengajar. Ini tentu hal yang wajar, jika kamu gugup, itu tandanya kamu mulai serius.
Sebagai guru pemula dan baru mulai mengajar tentunya akan terasa nervous. Karena masih ada keraguan pada diri sendiri. Namun, semua itu wajar saja dirasakan mengingat sebagai guru pemula tentunya butuh beradaptasi dengan lingkungan dan anak didiknya.
Agar anda mulai terbiasa mengajar dan mampu menjadi guru terbaik untuk peserta didik, ada baiknya anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Yuk, simak!
1.Siapkan materi
Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah mempersiapkan materi belajar dari jauh hari sehingga dapat mempermudah untuk mengevaluasi apakah materi yang sudah dibuat sudah sesuai atau belum. Anda juga bisa meminta saran dari teman guru lainnya sebagai panduan untuk penyusunan materi.
Pastikan anda sudah menguasai semua materi. Jadi akan selalu siap memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan yang diajukan oleh murid. Kalau nantinya ada pertanyaan yang belum bisa dijawab, sebaiknya jangan asal jawab. lebih baik dicatat dulu pertanyaannya, nanti pada pertemuan berikutnya baru berikan penjelasan yang tepat. Hal itu lebih bijak.
2.Kenali Siswa Anda
Cara menguasai kelas saat mengajar, apalagi saat pertama kali, sangatlah penting. Untuk itu, seorang guru baru harus mencari tahu profil siswa yang akan diajarnya. Bagaimana caranya? Guru Pintar dapat melakukan observasi sebelum mengajar, mewawancarai beberapa siswa, atau banyak bertanya pada guru lama.
Setelah mengetahui kondisi siswa, kesukaan mereka, latar belakang, dan informasi tentang siswa lainnya, Guru Pintar akan lebih mudah menentukan metode mengajar anak atau bagaimana cara mengajar yang baik dan menyenangkan.
3.Kesan Pertama yang Mempesona
Ada sebuah iklan sebuah produk mengatakan “kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda.” Hal ini juga berlaku untuk seorang guru baru. Cara mengajar pertama kali dan cara perkenalan guru baru harus dipersiapkan dengan matang.
Ada yang mengatakan bahwa pertemuan pertama ikut menentukan keberhasilan keseluruhan proses pembelajaran. Apa yang harus seorang guru pemula lakukan di awal pertemuan?
Kesan pertama haruslah prima. Dimulai dengan mengenakan pakaian yang rapi, sopan, dan nyaman. Stamina yang baik juga harus dipersiapkan dengan memastikan tubuh tidak memiliki gangguan.
Maka sangat dianjurkan untuk sarapan sebelum mengajar. Tepat waktu atau bahkan datang lebih awal lebih baik supaya Guru Pintar memiliki waktu mempersiapkan diri sebelum pelajaran dimulai. Hal ini dipercaya dapat menurunkan tingkat kegugupan hari pertama mengajar. Jangan lupa senyum ramah dan penuh percaya diri supaya siswa cepat “jatuh hati.”
4.Selipkan humor
Meskipun proses belajar butuh keseriusan, tapi jangan lupa untuk selipkan humor dan tetap santai saat mengajar. Dengan adanya humor, bisa mencairkan suasana dan meningkatkan konsentrasi murid. Apalagi ketika murid sudah terlihat bosan dan ngantuk. Nah, dengan adanya humor murid akan kembali fresh untuk memperhatikan pelajaran lagi.
5.Mengapresiasi usaha murid
Satu hal yang sering dilupakan kita adalah mengapresiasi usaha siswa. Berikan penghargaan atau pujian terhadap usaha kerja keras mereka dalam belajar. Jika mereka mencapai prestasi tertentu, ucapkan selamat dan berikan sesuatu sebagai tanda perhatian pada usaha mereka. Seandainya mereka belum berhasil pun, tetap berikan mereka semangat agar tidak menyerah dan tetap berusaha. Bukankah kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda? Sebagai guru, kita harus mendorong siswa agar keberhasilan ini tidak tertunda terlalu lama.
Itulah beberapa tips menjadi guru yang baik dan professional dalam mengajar untuk guru pemula.