Cara Berpikir Cepat
Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak agar lebih pintar? – Apakah kamu adalah orang yang sering lupa? bahkan untuk belanja beberapa barang di supermarket saja harus mengandalkan catatan?
Ingatan manusia, berapapun umurnya, terkadang selalu melupakan sesuatu yang penting, entah dalam ingatan jangka panjang maupun jangka pendek.
Semakin sering menggunakan otak untuk belajar berpikir dan sebagainya ini bisa membuat otak lebih cepat mengambil keputusan dan memegang memori yang kuat.Namun sebaliknya jika Anda bermalas-malasan atau jarang berpikir dan belajar justru malah membuat otak menjadi lambat.
Berikut adalah tips meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir lebih cepat dalam beberapa hal termasuk dalam mengambil keputusan.
Habiskan Waktu dengan Orang yang Dicintai
Jika menginginkan kemampuan kognitif yang optimal, Anda harus memiliki hubungan yang bermakna dalam hidupmu salah satunya dengan orang yang dicinta.
2.Rutin olahraga
Melansir Health Grades, latihan otak yang paling direkomendasikan adalah aktivitas fisik. Menggerakkan tubuh bisa membuat darah dan oksigen kita mengalir ke otak. Hal ini dapat memperkuat sinapsis yang menghubungkan antarneuron dan membuat otak kita tetap gesit sepanjang hidup.
Berjalan kaki adalah rutinitas kardio berdampak rendah yang hampir semua orang dapat lakukan dengan kecepatan apa pun. Hanya berjalan kaki 30 menit sehari sebanyak 3 hingga 5 hari seminggu diyakini sudah cukup untuk membuat pikiran kita tetap berenergi dan membantu mengurangi stres dan kecemasan.
3.Mendengarkan
Lebih banyak mendengarkan dengan telinga dan pikiran adalah cara mudah untuk melatih ingatan Anda. Memperhatikan detail dan mencoba mengingatnya nanti adalah bentuk pelatihan memori yang sangat baik yang dapat Anda lakukan sepanjang hari. Misalnya, saat Anda melakukan suatu perjalanan, cobalah untuk memperhatikan dunia di sekitar Anda.
4.Melatih Kecepatan
Melatih kecepatan untuk hal-hal yang kamu lakukan sehari-hari bisa menjadi tantangan yang sebenarnya ikut melatih kinerja otak.
Sederhananya, kamu bisa mengalokasikan waktu pada setiap tugas yang akan kamu kerjakan. Bisa dicatat di notes, dibantu dengan alat penghitung waktu, dan sebagainya.Cara ini dinilai cukup efektif karena secara naluriah kamu akan memprioritaskan aspek terpenting dari tugas itu. Ini disebut Hukum Parkinson.
5.Hindari Multitasking
Mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu bersamaan atau multitasking mungkin dinilai baik, dengan harapan dalam satu waktu akan banyak pekerjaan yang selesai.
Tapi faktanya, sekuat apapun otak kita, tidak bisa fokus pada dua pekerjaan sekaligus. Jika multitasking, otak dituntut untuk cepat beralih antar pekerjaan yang sebenarnya bisa mengurangi rentang perhatian serta kemampuan untuk belajar.
6.Mengingat Lebih Mudah dengan Teknik Pengulangan
Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa sangat sulit untuk mengingat materi yang sedang dipelajari.Padahal kunci agar ingatan tetap tajam adalah melakukan pengulangan atas sesuatu yang telah diingat.Misalnya saja, kamu baru berkenalan dengan seseorang di tempat yang baru.
Maka, cobalah untuk mengingat namanya dengan mengulang penyebutan nama orang tersebut saat kamu berkomunikasi.Lalu, saat kamu baru saja membaca ilmu baru, ulang-ulang terus hal tersebut dan lebih baik jika kamu mengulangnya dengan bicara lantang.Agar bisa dengan mudah mengingat sesuatu yang telah dibaca, didengar, atau dilakukan, ulangi hal tersebut dengan suara yang keras.
7.Jangan Melatih Otak dengan Teka-Teki Silang
Banyak orang berpikir bahwa mengerjakan teka-teki silang bisa membantu kamu meningkatkan kebugaran otak.Hal yang perlu diketahui adalah teka-teki silang memang menyenangkan untuk dilakukan, tetapi mereka tidak cukup baik untuk mengasah otak.Kami menyarankan kamu untuk melakukan aktivitas lain, jika bertujuan untuk mengasah otak.
Itulah berbagai tips bermanfaat untuk melatih meningkatkan kemampuan otak yang berguna dalam mengambil keputusan atau hal lain.Semoga bermanfaat!