Cara Membersihkan Sepatu
Sepatu yang bersih tentu akan membuat penampilanmu semakin prima dan menarik. Tetapi, sol sepatu yang umumnya berwarna putih sangat mudah untuk kotor dengan noda yang menempel.
Tentunya pencucian sepatu perlu dilakukan agar sepatu kembali bersih. Namun jika kamu sedang terburu-buru atau sedang liburan, tentunya kamu tidak memiliki waktu untuk menunggu sepatu kering.
Inilah beberapa tips untuk mencuci sepatu kesayangan Anda agar tetap bersih dan mengkilap.
1.Ketahui bahan dan jenis sepatu terlebih dahulu
Sebelum mulai cuci sepatu, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu bahan serta jenis sepatunya.Pasalnya, masing-masing jenis dan bahan sepatu mungkin memerlukan perlakuan yang berbeda.
Tidak semua jenis sepatu memiliki cara perawatan serta metode mencuci yang sama.Anda bisa membaca baik-baik instruksi membersihkan sepatu yang tercantum di label atau kotak sepatu Anda.
2. Cuci sepatu sesuai dengan bahannya
Setelah mengetahui jenis dan bahan sepatu, Anda bisa mulai mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan.Ambil contohnya, jika Anda ingin mencuci sepatu dengan bahan suede, Anda perlu mempersiapkan sikat gigi bekas dan cairan khusus pembersih bahan suede.
Contoh lainnya, apabila Anda ingin membersihkan sepatu berbahan kanvas, Anda bisa menggunakan detergen atau sabun cair khusus sabun yang tersedia di toko-toko sepatu.
3.Hindari Jemur Dari Matahari Langsung
Banyak yang menganggap semakin langsung terkena sinar matahari maka sepatu yang kamu cuci akan semakin cepat kering, namun ada yang perlu kamu sadari bahwa ternyata kebiasaan tersebut akan membuat warna sepatu menjadi berubah dan cepat pudar.
Apakah kamu salah satunya, yang pernah melakukan kesalahan tersebut?Tenang, tidak masalah berbuat salah asal segera diperbaiki ya. Oleh karena itu, di anjurkan untuk kamu menjemur sepatu di tempat yang sejuk dan tetap jemur dengan matahari tapi jangan secara langsung ya!
Pastikan sepatu kamu sudah dalam keadaan kering sebelum disimpan ke rak sepatu untuk meminimalisir bau tidak sedap dan jamur akibat sepatu basah yang belum kering secara keseluruhan.
4.Tempat Penyimpanan Sepatu
Tidak hanya mencuci dan mengering sepatu saja yang harus diperhatikan. Namun, tempat penyimpanan sepatu juga ikut berpengaruh buat kualitas sepatu kamu, lho! Nah, siapa yang masih suka simpan sepatu di sembarang tempat? Mungkin ini saat yang pas untuk merubah kebiasaan tersebut.
Di saranakan untuk menyimpan sepatu di tempat yang kedap udara untuk menghindari tumbuhnya jamur. Selain itu, jangan menyimpan terlalu lama sepatu di tempat yang kedap udara, usahakan untuk menjemur sepatu keluar dari tempat atau rak-nya agar sepatu ikut “bernafas” dari udara yang ada di dalam rak sepatu. Jangan lupa juga untuk memberikan pengawet saat sepatu sedang tidak digunakan, agar sepatu kamu tetap terjaga kualitasnya.
Nah, sudah cukup paham dan jelas kan bagaimana cara agar sepatu tetap bersih. Jangan diulangi lagi kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan saat mencuci sepatu. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu semakin rajin mencuci dan merawat sepatu sendiri tanpa mencuci ke jasa cara mencuci sepatu yang cukup mahal.