Tips Dekorasi Kamar Anak
Mendesain kamar anak tentunya penuh dengan berbagai pertimbangan. Anak tidak dibiarkan tidur sendiri sejak awal namun dengan memiliki kamar tersendiri, anak akan akan berani sejak kecil. Hal ini tentunya harus dilakukan sejak dini sehingga mereka terbiasa untuk tidur di kamarnya.
Untuk membuat anak bisa nyaman tidur di kamarnya tentu orang tua harus memperhatikan beberapa hal. Mendekorasi dan menata kamar yang kreatif dan nyaman untuk anak akan membuat anak lebih mandiri dan juga makin kreatif. Mereka bisa berlama-lama betah menghabiskan waktu bermain, belajar, hingga tidur di kamar mereka sendiri. Berikut adalah tips mendesain kamar untuk anak yang mungkin akan menjadi insipirasi Anda.
1.Pola ceria
Meski ruangan atau kamar anak terbatas, Anda bisa tetap mengubahnya menjadi seru. Beri wallpaper dengan gambar yang disukai anak Anda. Gunakan warna yang cerah.
Buat rak kecil di dinding kamar yang berisi mainan anak Anda. Sebisa mungkin gunakan perabot yang kecil agar ada ruang untuk anak bermain.
2.Pergunakan ruang di bawah tempat tidur
Manfaatkan ruang di bawah tempat tidur dengan kotak penyimpanan. Hal ini menjadi solusi untuk menyimpan mainan anak-anak agar tak berserkan.
Cara terbaik untuk kamar kecil adalah dengan membeli tempat tidur dengan tempat penyimpanan di bawahnya sehingga Anda dapat menyimpan mainan dan pakaian.
3.Perabotan khusus Anak
Usia seorang anak yang memiliki kamar tidur tersendiri tentunya dimulai dari umur batita ataupun usia anak sekolah dasar. Pada masa itu tentunya seorang anak akan sangat aktif dalam berkegiatan. Baik itu bermain dengan tenangnya hingga berlarian ke penjuru kamar pun akan dilakukan anak-anak.
. Karena hal tersebut, memilih perabotan yang pas dan ramah untuk anak-anak menjadi prioritas orang tua. Dengan memilih perabotan yang tidak lancip ataupun tidak mudah pecah akan menghindarkan kejadian yang tidak diinginkan. Selain material perabotan, tinggi dan besaran perabot juga akan menjadi pertimbangan agar tidak membahayakan anak-anak nantinya.
4.Layout ruang dan tata letak perabotan
Selain memilih perabotan, meletakkan perabotan dan mendesain layout kamar anak juga penting. Letakkan perabot atau peralatan yang penting dan utama di area yang mudah dijangkau dalam ruangan. Sedangkan barang yang tidak terlalu digunakan bisa dijadikan di satu tempat tersendiri atau tidak ditata di ruangan anak. Hal ini dilakukan agar perabotan tidak membatasi ruang gerak anak, sehingga anak-anak dapat lebih berekspresif di kamarnya sendiri. Adapun meletakkan meja belajar di dekat jendela agar pencahayaan saat belajar dapat terpenuhi.
5.Tentukan tema khusus atau tidak sama sekali
Sesuaikan konsep desain kamar anak dengan tema tertentu atau kepribadian mereka. Hal ini tentunya akan menjadi konsep kamar hingga ia beranjak dewasa. Jika ada hal-hal yang ia senangi ataupun kegiatan yang digemari seperti bermain bola, maka kamar dapat dihias dengan tema bola baik dari dinding, karpet hingga perabotannya. Akan tetapi jika anda tidak melihat kegemaran yang khusus, anda sebagai orang tua dapat mendesain kamar dengan desain sederhana namun mudah untuk di mix and match. Dengan desain yang simple anda dapat mengubah suasana ruang, mendekorasi ulang tanpa harus membongkar atau mengubah terlalu banyak dalam kamar.
Itulah beberapa tips dalam mendesain kamar anak. Anak tentunya harus dikembangkan potensi sejak dini. Mendesain kamar anak dan mengembangkan kreatifitas serta bakatnya akan sangat baik untuk tumbuh kembang anak.Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi orang tua yang ingin mendekor kamar anak agar menjadi lebih nyaman.