Tips Mengendarai Motor Besar
Mengendarai sebuah motor yang besar dan memiliki cc besar akan membuat kepercayaan diri menjadi lebih saat ada di jalan raya. Akan tetapi, ada teknik khusus agar bisa menaklukkan sebuah motor besar.
Jika tidak bisa mengendalikan bisa bahaya bagi keselamatan kita dan juga orang lain. Buat kamu yang baru naik level mengendarai moge, berikut ini tips-tips bagi pemula supaya aman mengendarai motor besar.
1.Kenali motor terlebih dahulu
Jika Anda adalah seorang pemula yang baru pertama kali mengendarai motor ber-CC besar. Ada baiknya untuk mengenali seluk beluk motor tersebut terlebih dahulu. Bisa dengan menuntun atau mendorongnya dengan kondisi mesin mati.
Hal ini bertujuan untuk mengetahui berat dari motor tersebut saat ditunggangi sekaligus mengenali cara yang tepat untuk membelokkannya. Tak hanya itu, para pengendara motor ber-CC besar ini juga sering mengalami kerepotan saat akan memarkirkan kendaraan mereka. Dengan bodinya yang besar dan sisa space parkiran yang sedikit tentu akan membuat Anda harus pintar-pintar dalam mengendalikannya.
Tahap pengenalan motor menjadi salah satu yang harus dilakukan agar Anda dapat menguasai dan mengontrolnya secara penuh.
2. Postur berkendara
Berikutnya, karena bodi motor yang cukup besar, Anda juga harus memperhatikan postur tubuh pada saat berkendara. Terutama jika Anda tidak cukup tinggi untuk mengendarai motor ber-CC besar ini.
Berdasarkan panduan safety riding, setidaknya terdapat 7 bagian tubuh yang harus diperhatikan pada saat berkendara. Meliputi jari jemari, bahu, siku, pandangan mata, lutut, pinggul hingga ke bagian kaki.
Dalam prakteknya, Anda disarankan untuk tetap duduk mengendarai motor dengan posisi tubuh yang tegap. Hindari posisi membungkuk karena akan membuat Anda lebih cepat lelah dan pegal. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan bagian lutut pada tangki bensin untuk mengurangi rasa cape selama berkendara di jalan raya.
3.Perhatikan tarikan gas
Motor gede dibekali dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Artinya, power atau kekuatan yang dihasilkan oleh mesin juga akan lebih gila dan liar dibanding motor kopling atau motor matic.
Untuk itu, kamu harus berhati-hati pada saat mengendarainya. Hindari menarik gas terlalu kencang karena sudah pasti akan mempengaruhi laju kecepatan motor Anda nantinya. Terlebih jika Anda sedang berkendara di jalan raya yang cukup padat.
Tentu melaju dengan kecepatan tinggi sangat tidak dianjurkan karena dapat membahayakan keselamatan Anda dan pengendara yang lain.
4.Pakai standar samping ketika akan menaiki motor
Buat yang memiliki postur tubuh kecil, upaya saat akan menunggangi motor gede seringkali menjadi masalah utama.
Nah, untuk memudahkan kamu menaiki kuda besi tersebut, kamu bisa menurunkan standar sampingnya terlebih dahulu baru menungganginya. Penggunaan standar samping ini bertujuan untuk menahan bobot motor agar Anda jauh lebih mudah untuk menduduki joknya.
5.Perhatikan penggunaan rem yang tepat
Komponen rem berfungsi mengurangi laju kecepatan sebuah kendaraan. Dalam alat transportasi, keberadaan komponen ini menjadi salah satu yang terpenting untuk menghindari terjadinya laka lantas. Begitu pun dalam penggunaan motor gede.
Dengan kapasitas mesin yang besar dan tarikan yang cukup liar, membuat Anda juga harus pandai dalam menggunakan rem pada saat berkendara.
Jika pengemudi pemula atau orang yang baru saja membeli motor gede ini, pastikan bahwa sudah mengetahui karakteristik tuas rem kendaraan. Kenali jarak main rem pada saat berkendara di jalan raya. Dengan demikian, pengendara bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengereman dari jarak yang sudah ditentukan.
Itulah beberapa tips dalam mengendarai motor besar,semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin membeli dan mengendarai motor ber cc dan berbadan besar.