Cara Memilih Foundation
Salah satu produk makeup yang wajib dimiliki oleh wanita adalah foundation alias alas bedak. Produk makeup ini sangat berguna untuk membuat kulit wajah kamu tampak flawless dan sempurna.
Dengan memulaskan foundation, semua kekurangan yang ada pada kulit wajahmu seperti noda bekas jerawat dan bintik-bintik hitam bisa tertutupi. Namun, jangan sampai salah memilih foundation, ya. Bila tidak ingin terlihat seperti memakai topeng, pilihlah foundation yang sesuai dengan warna kulit kamu. Berikut tips-tipsnya.
1. Ketahui Warna Dasar Kulit
Cara memilih warna foundation yang paling dasar adalah dengan mengetahui skintone alias warna dasar kulit. Mungkin kebanyakan orang Indonesia hanya mengenal istilah kulit putih, kuning langsat, dan sawo matang. Sebenarnya, warna kulit bukan dibagi berdasarkan yang terlihat dari luar, melainkan dari warna pembuluh darah setiap orang.
Ada tiga skintone, yaitu Cool, Neutral, dan Warm. Orang dengan skintone Cool memiliki pembuluh darah berwarna biru tua dan ungu muda. Orang dengan warna dasar kulit Neutral biasanya memiliki pembuluh darah warna hijau tua, biru muda, dan biru tua. Sedangkan Warm undertone biasanya memiliki vena berwarna cokelat dan hijau tua.
Nah, coba lihat pembuluh darah pada nadi Anda, warna apakah yang terlihat? Jika Anda telah mengetahui warna dasar kulit, maka mencari shade foundation akan jadi lebih mudah lagi. Karena, biasanya brand kosmetik melabelkan produk mereka berdasarkan skintone atau undertone.
2. Mencobanya terlebih dahulu
Jika masih ragu, maka cara memilih warna foundation yang paling mudah adalah mencobanya terlebih dulu.Cobalah di garis rahang dengan membuat garis tegak lurus mulai dari rahang ke arah leher.
Jika warna menyatu dengan kulit dan membuat foundation terlihat transparan, maka itu adalah warna yang cocok buat Baebellines. Lakukan di bawah sinar alami agar warnanya natural.
3. Coba Foundation di Tempat yang Terang
Usahakan carilah tempat yang terang saat ingin mencoba foundation. Kalau kamu mencoba di tempat yang pencahayaannya kurang, kemungkinan warna kulitmu akan terlihat lebih gelap atau malah sebaliknya, terlihat lebih terang. Jadi, cobalah foundation di tempat yang terangnya natural.
4. Tanya Pendapat Orang
Jika masih belum yakin, tanyakan pada pegawai toko kosmetik tersebut. Manakah kiranya shade foundation yang paling cocok untuk kulit Anda. Atau, jika Anda sedang makeup shopping bersama teman, tanyakanlah pendapat teman Anda mengenai pilihan foundation Anda.