Mengenal Kucing Siam
Kucing siam adalah salah satu ras kucing pertama yang diakui jelas sebagai kucing berjenis oriental.
Kucing siam atau siamese adalah salah satu ras kucing hias yang banyak dipelihara di Indonesia. Kucing dengan perawakan seperti kucing domestik ini dinamakan siam karena berasal dari Thailand yang dulu dikenal sebagai Negara Siam. Ironisnya, meski termasuk kucing populer namun populasi kucing siam di alam semakin berkurang. Akan tetapi sebagian orang yang peduli telah mulai melakukan perkembangbiakan agar ras kucing ini tidak semakin langka dan berujung pada kepunahan.
Kucing menjadi salah satu binatang peliharaan paling populer di dunia. Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus dan hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan panen. Salah satu jenis kucing unik yang bisa kamu pelihara adalah kucing siam. Meskipun galak kucing ini tetap cantik dan lucu dengan warna matanya yang khas berwarna biru.
Sesuai dengan namanya, kucing siam berasal dari negara Siam (sekarang Thailand), sehingga ras kucing ini sangat mudah ditemukan di negara Thailand. Kucing siam merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Ras kucing ini merupakan kucing keturunan jalur murni. Awal kemunculan kucing siam di Eropa adalah pada saat ras kucing ini dijadikan hadiah untuk duta besar Britania Raya di Thailand, dan semakin populer hingga ke Eropa pada sekitar abad ke-18.
Kucing siam memiliki tubuh ramping dan panjang, tetapi cukup berotot. Tungkai dan ekornya panjang serta tipis. Paling unik, siam memiliki warna khas seperti topeng gelap di sekitar wajahnya, telinga, kaki, dan ekor. Kucing-kucing ini benar-benar mirip bangsawan karena tampak seperti menggunakan sarung-sarung tangan. Karena faktor genetik, kucing siam selalu memiliki mata biru yang tajam mencolok dan tampak elegan. Bulunya juga pendek dan tipis, sehingga cocok dipelihara oleh seseorang yang menderita alergi. Sebenarnya, ada 4 kombinasi warna bulu kucing siam: seal point (tubuh cokelat kekuningan atau krem dengan seal point warna gelap), brown point (tubuh gading dengan titik warna cokelat tua), blue point (tubuh warna perak muda ke titik warna gelap biru keabu-abuan), dan lilac point (tubuh warna krem muda dengan titik warna abu-abu muda).
Kucing siam adalah salah satu jenis kucing dengan tingkat kecerdasan tinggi, aktif, lincah, dan suka bermain. Namun karena sifatnya yang seperti itu, menjadikan kucing ini tidak bisa kita tinggal sendirian di dalam rumah. Sebab ia selalu membutuhkan dan menyukai perhatian. Siam adalah jenis kucing yang mudah beradaptasi, sehingga tidak heran jika kita memelihara kucing ini maka akan sering diajak bermain bersama. Siam termasuk kucing keras kepala, jika keinginannya tidak segera terpenuhi maka ia akan mengeong dengan keras dan sulit dihentikan.
Demikian informasi mengenai kucing siam. Semoga bermanfaat!