Fakta Kuda Nil
Kuda nil adalah salah satu hewan endemik benua Afrika yang terkenal.
Kuda Nil (Hippopotamus amphibius) adalah hewan mamalia asli Afrika. Kuda nil tidak hanya dapat ditemukan di sepanjang Sungai Nil. Hewan ini tersebar merata di Afrika bagian barat, timur, tengah, hingga ke Afrika Selatan. Hewan ini memiliki penampilan yang sangat khas, dengan tubuh besar, kaki pendek, serta mulut yang bisa terbuka sangat lebar. Berikut ini fakta menarik kuda nil:
1. Kuda Nil Dapat Berlari Kencang
Lagi, jangan terkecoh dengan penampilan kuda nil. Meski berbadan besar, terlihat bodoh dan lamban, kuda nil sangatlah ganas dan dapat berlari kencang. Mereka bisa berlari 28-30 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, tidak mengherankan jika kuda nil mampu mengejar dan membunuh manusia.
2. Kuda nil merupakan saudara jauh paus dan lumba-lumba
Dalam bahasa Yunani, hippopotamus berarti "kuda sungai". Namun kenyataannya, hewan ini tidak ada mirip-miripnya dengan kuda, kan? Dilansir Mental Floss, alih-alih bersaudara dengan kuda, kawanan kuda nil sebenarnya merupakan saudara jauh paus dan lumba-lumba. Sekitar 55 juta tahun yang lalu, ada hewan purba yang bernama cetacea. Seiring waktu, hewan purba ini kemudian berevolusi menjadi hewan lain. Uniknya, cetacea berevolusi menjadi beberapa hewan yang berbeda. Sebagian menjadi lumba-lumba dan ikan paus raksasa yang hidup di kedalaman samudra, sebagian lagi berubah menjadi kuda nil yang anak kenali.
3. Gak bisa berenang
Kuda nil terkenal sebagai hewan yang sangat suka berada di air. Menurut National Geographic, mereka bisa menghabiskan hingga 16 jam di air dalam sehari. Tapi tak seperti yang dikira banyak orang, kuda nil ternyata gak bisa berenang. Tubuh mereka berat, dan kaki mereka terlalu pendek untuk menciptakan gaya yang cukup kuat untuk mengambang. Lalu kenapa kuda nil bisa berada di air tanpa tenggelam? Laman San Diego Zoo mengatakan bahwa kuda nil sebenarnya "berjalan" di dasar sungai dangkal, menggunakan jari kakinya untuk mendorong tubuhnya bergerak. Jika masuk ke perairan yang dalam, kuda nil pasti akan tenggelam.
4. Kuda Nil Aktif di Malam Hari
Kuda nil biasanya keluar dari air selama empat sampai lima jam di malam hari. Selama waktu tersebut, dia bisa berjalan sepanjang 10 kilometer. Kuda nil memang herbivora dan memiliki empat bilik perut. Namun, mereka bukan pemamah sejati, seperti antelop atau sapi.
5. Memiliki lima subspesies
Meski hanya memiliki satu spesies Hippopotamus amphibius, namun kuda nil memiliki lima subspesies yang berbeda sesuai dengan asal mamalia hidup yaitu Afrika. Seperti H. amphibius amphibius yang juga dikenal kuda nil utara besar yang tinggal di Mozambik dan Tanzania; lalu H. amphibius kiboko atau kuda nil afrika timur yang tinggal di Kenya dan Somalia; H. amphibius capensis atau kuda nil Afrika Selatan atau hippo cape yang tinggal di Zambia dan Afrika Selatan. Selain itu, ada juga H. amphibius tchadensis, kuda nil dari Afrika Barat atau Chad; dan H. amphibius constrictus, yang tinggal di Angola, Kongo, dan Namibia.
6. Hampir tidak memiliki rambut
Salah satu yang paling aneh dari kuda nil yaitu tidak memiliki rambut di sekujur tubuhnya. Kuda nil sendiri hanya memiliki bulu di di sekitar mulut mereka dan di ujung ekornya. Untuk mengatasi kekurangannya, kuda nil memiliki kulit yang sangat tebal, yang terdiri dari sekitar dua inci epidermis dan lapisan tipis lemak yang. Selain itu, kulit kuda nil juga memiliki tabir surya alami yang mampu menyerap sinar ultraviolet dan menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini menyebabkan banyak mitos yang beredar jika kuda nil dapat berkeringat darah. Padahal, mamalia ini sama sekali tidak memiliki kelenjar keringat sama sekali, mengingat gaya hidupnya yang semi-akuatik.
7. Kuda nil bukanlah hewan yang setia dengan pasangannya
Kuda nil merupakan salah satu contoh hewan yang tidak setia dnegan pasangannya. Dilansir dari Tree Hugger, selama hidupnya, para kuda nil betina akan berganti pasangan berkali-kali. Tak hanya kuda nil betina, seekor kuda nil jantan bisa kawin dengan beberapa betina di kawanannya hanya dalam satu musim kawin saja. Meskipun tidak setia, mereka melakukan ini untuk memastikan keturunannya tetap aman.
Nah itulah beberapa fakta menarik kuda nil. Semoga bermanfaat!