Fakta Menarik Angsa
Angsa adalah burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae.
Angsa putih di dunia nyata juga terkenal anggung, setia, dan penyayang keluarga. Hewan ini lebih banyak ditemuka di belahan bumi utara, yaitu Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, dan Alaska. Angsa putih ini bisa ditemukan dengan mudah di danau atau sungai. Seperti gambaran di carita dongeng, angsa putih memiliki bulu putih bersih dengan leher panjang yang cantik. Angsa paling besar akan memiliki ukuran 142 cm hingga 157 cm, dengan berat mencapai 14 kg. Berikut ini fakta menarik angsa:
1. Hewan homoioterm
Hewan yang satu ini termasuk hewan homoioterm atau hewan yang suhu tubuhnya tidak akan mudah terpengaruh oleh perubahan suhu lingkungan. Dengan demikian, hewan yang satu ini mampu bertahan cukup lama di habitat yang baru.
2. Angsa sangat teritorial selama musim kawin
Angsa dikenal sangat agresif dan teritorial. Jika merasakan ancaman, angsa akan mendesis, mengepakkan sayap, dan langsung menghadapi ancaman tersebut.
3. Sering melakukan migrasi
Saat berada di sebuah area, hewanyang satu ini akan tinggal hingga musim gugur sebelum kemudian terbang ke area yang lebih hangat untuk bertahan hidup. Umumnya hewan yang satu ini akan terbang secara berkelompok menuju arah selatan.
4. Terdapat sekitar 25.000 helai bulu dalam tubuh angsa
Tampil cantik dengan bulu putih yang menutupi sekujur tubuhnya, angsa menjadi salah satu hewan dengan bulu terbanyak. Sepanjang tubuh angsa ditutupi oleh sekitar 25.000 helai bulu.
5. Angsa dapat terbang sejauh 100 km/jam
Yap, angsa ini termasuk keluarga burung dan ia dapat terbang. Meskipun ukuran tubuhnya tidak kecil tapi seekor angsa dewasa dapat terbang sejauh 100 km per jam.
6. Selalu membentuk formasi saat terbang
Jika Anda memperhatikan langit dan menjumpai sekawanan angsa yang sedang terbang, cobalah perhatikan bagaimana cara mereka terbang. Tentunya mereka akan membentuk formasi tertentu agar semua anggota dalam kawanan terlindungi. Umumnya kumpulan angsa ini akan membentuk huruf V dan pada saat pemimpin kawanan lelah, sang pemimpin akan melakukan manuver terbang kebelakang dan digantikan anggota lainnya. Angsa yang ada dibelakang juga akan mengeluarkan suara khas dengan bertujuan memberi semangat pada pemimpinnya.
7. Angsa hidup dalam waktu lama
Di alam liar, selama angsa bisa bertahan hidup di lingkungan dan ancaman, angsa bisa hidup hingga 20 tahun lamanya. Dalam waktu yang lama itu, ia bisa hidup bersama satu pasangan dan keturunannya.
8. Angsa hanya kawin satu kali seumur hidup
Sekitar usia 2 hingga 4 tahun, angsa akan memilih pasangan untuk menghabiskan hidup bersama dalam waktu lama. Namun, ada beberapa kasus di mana angsa akan memilih pasangan baru jika pasangannya mati atau tak berhasil berkembang biak. Melansir dari BBC, pasangan angsa adalah tim yang solid. Jika berpisah, angsa justru merasa sering terancam dan kurang agresif. Angsa betina pun akan kehilangan nafsu makan ketika dipisahkan dari pasangannya. Jadi sebenarnya, dengan bersatu dan bersama selamanya, angsa melindungi diri sendiri. Tetap bersama juga dapat menghemat waktu dan energi.
Nah itulah beberapa fakta menarik hewan angsa. Semoga bermanfaat!