Kucing British Shorthair
British shorthair menjadi salah satu ras kucing yang kini banyak dipelihara pencinta kucing.
Kucing British shorthair adalah salah satu ras kucing Inggris tertua, dan kucing yang tenang dan pendiam ini sangat populer menjadi kucing peliharaan rumah di Inggris dan sekitarnya karena sifatnya yang tenang. Hampir semua yang ada di British Shorthair berbentuk bulat—kucing ini memiliki kepala bulat, mata bulat, pipi tembem, telapak kaki bulat, dan ekor dengan ujung membulat. Kucing-kucing ini memiliki banyak warna bulu yang berbeda, tetapi warna biru yang mencolok adalah salah satu yang paling populer. Bahkan, jenis ini kadang-kadang disebut sebagai British Blue. British Longhair mempertahankan semua fitur yang sama tetapi memiliki bulu yang lebih panjang.
Kebanyakan orang mengetahui kucing BSH hanya dengan warna blue (Abu abu) karena memang kucing ini sangat identik dengan warna tersebut dan juga banyak yang menyukai warna itu. Warna kucing BSH bisa bermacam macam, namun warna yang populer di Indonesia adalah Blue dan juga Golden. BSH Blue dan BSH Golden adalah kucing yang paling banyak dicari di beberapa forum adopsi kucing British Shorthair karena mungkin warna tersebut membuat karakter dari kucing BSH menjadi lebih hidup. Kucing BSH adalah kucing yang tidak terlalu aktif, karena kepribadian ini maka BSH menjadi sangat mudah gemuk daripada kucing yang aktif pada umumnya. Tubuh kucing ini tergolong dalam ukuran sedang, meski begitu ada beberapa yang memiliki tubuh besar. Kepribadian kucing BSH yang santai dan mandiri menjadikan kucing ini sangat mudah dirawat.
Tubuh kucing British shorthair berukuran sedang, terdapat juga yang berukuran cukup besar, beratnya kira-kira 4-8 kg. Postur tubuhnya padat, kompak, kuat berotot di dada, terlihat pendek dengan pinggul dan bahu yang besar. Tubuh kucing British shorthair jantan lebih besar jika dibandingkan dengan betina. Kucing British shorthair jantan memiliki berat rata-rata mencapai 5-10 kg. Sedangkan untuk kelamin betina memiliki berat rata-rata mencapai 5-7 kg. Kepala merek berbentuk bulat dengan pipi yang terlihat penuh. Hudungnya pesek namun lebar dan lurus tanpa ada tekukan. Sedangkan untuk dagu bentuknya bulat. Telinga berukuran sedang namun bagian bawahnya lebar dan bagian atas runcing. Kemudian mata mereka berbentuk bulat dan besar. Ras kucing British shorthair hadir dengan variasi warna gold, copper, odd-eyes dan blue. Diantara variasi warna tersebut warna emas adalah warna terbaik yang pernah ada.
Kucing British Shorthair memiliki kepribadian yang sangat menyenangkan, tenang, juga mudah bergaul. Hewan berbulu ini juga sangat setia, penyayang, dan akrab dengan setiap anggota keluarganya. Selain itu, kucing ini juga mandiri, suka bermain sendirian, dan tidak membutuhkan perhatian setiap jam. Namun, jika ingin bermain, British Shorthair akan menemukan seseorang dan membawakan mainan untuk orang itu. Ras kucing ini disebut-sebut sebagai sahabat terbaik untuk mereka yang masih lajang.
Demikian informasi mengenai kucing british shorthair. Semoga bermanfaat!