Tips Bersepeda Jarak Jauh
Bersepeda dengan rute yang jauh kini menjadi salah satu jenis bersepeda yang lumayan diminati para pesepeda. Bersepeda jarak jauh juga biasa disebut dengan gowes endurance.
Dengan rute yang, jauh pesepeda dituntut punya stamina dan daya tahan tubuh yang kuat. Jarak yang ditempuh pada saat bersepeda jarak jauh biasanya lebih dari 50km. Maka dari itu, perlu persiapan matang baik dari segi fisik, hardware sepeda, dan perbekalan yang harus dibawa.
Sering kali, bersepeda jarak jauh kerap kali menjadi momok bagi pemula karena takut bila terjadi cedera, kelelahan, ban bocor, sepeda rusak, atau kehabisan perbekalan. Sebenarnya gak papa kok bagi para pemula yang mau langsung terjun di jenis gowes endurance.
Nih, kami punya tips yang perlu kalian lakukan agar bersepeda jarak jauh kalian berjalan menyenangkan dan malah bisa bikin ketagihan.
1. Jangan begadang sebelum gowes
Gowes endurance membutuhkan fisik dan stamina yang kuat. Maka dari itu, perlu kondisi tubuh yang prima dan cukup fit sebelum memulai kegiatan ini.
Begadang tentunya akan membuat fisik menjadi lemah dan mudah capek. Sehingga, jarak yang ditempuh jadi pendek dan resiko terjadi cedera di tengah perjalanan juga meningkat.
2. Rutin Berlatih dengan Jarak Pendek
Tips bersepeda jarak jauh yang selanjutnya adalah rutinlah untuk berlatih menggunakan jarak yang lebih pendek. Baiknya seseorang melakukan latihan sebelum bersepeda jarak jauh. Masa otot akan terbiasa apabila seseorang bersepeda rutin sebelum bersepeda jarak jauh.
Saat hendak bersepeda sejauh 150 kilometer, lakukan pemanasan 50-75 persen dari jarak bersepeda atau 75-95 kilometer. Hal tersebut dilakukan agar tubuh terbiasa saat bersepeda jarak jauh.
3. Gunakan GPS dengan Alat Deteksi Jantung
GPS yang dilengkapi alat deteksi detak jantung menjadi hal yang sering diabaikan oleh pesepeda. Fungsi dari GPS ini bertujuan untuk memberitahu jarak, waktu, kecepatan, rata-rata kecepatan hingga detak jantung. Alat deteksi detak jantung berguna untuk mengontrol keadaan jantung Anda selama perjalanan.
4. Jaga Asupan Nutrisi
Berikutnya adalah tentang menjaga asupan nutrisi, bagaimanapun juga bersepeda menempuh jarak yang jauh sudah pasti bakal butuh tenaga yang besar pula. Hal ini bisa kamu persiapkan dengan menjaga pola makan. Pada saat akan memulai gowes, usahakan untuk menghindari kondisi perut yang kosong atau terlalu kenyang. Selain itu, rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya akan serat seperti buah-buahan jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar nantinya nutrisi dari makanan yang kita konsumsi mampu memberikan pasokan energi saat kamu mengayuh sepeda.
5. Cek Kondisi Sepeda
Nggak cuman riders saja yang butuh persiapan, namun sepeda juga butuh sedikit perhatian lho..!. yaitu dengan cara melakukan pengecekan kondisi sepeda. Kamu bisa lakukan pengecekan pada beberapa bagian, misalkan pengereman masih pakem atau tidak, kondisi wheel set sepeda, suspensi, groupset masih berfungsi normal atau tidak, hingga dengan kondisi stang sebagai kemudi saat gowes.