Teknik Dasar Karate
Karate adalah olahraga bela diri tanpa senjata yang mengutamakan tendangan dan pukulan. Olahraga karate berasal dari Jepang. Dalam sejarahnya, karate memiliki akar dari teknik beladiri Cina Kenpo.
Untuk itu, setiap karateka (pemain karate) dituntut memiliki keterampilan dan ketangkasan tingkat tinggi. Karate memiliki tujuan untuk melindungi diri dari ancaman dan tentunya juga untuk menjaga kesehatan tubuh.
Di sisi lain, seni bela diri karate sedang populer dan diminati masyarakat Indonesia, selain taekwondo dan silat.
Nah, sebelum kamu memulai seni bela diri ini, alangkah baiknya untuk memahami segala hal mengenai karate, satu di antaranya mengatahui teknik dasarnya. Tentunya, dalam setiap seni bela diri apa pun pasti memiliki teknik dasar.Berikut beberapa teknik dasar dalam bela diri karate.
1.Gerakan Kihon atau Gerakan Dasar
Teknik dasar yang harus dikuasai pertama kali adalah Kihon. Dalam prinsip permaian karate mengatakan “tidak ada gerakan Kata dan Kumite tanpa Kihon”. Itu berarti gerakan ini sangat penting untuk dikuasai. Karena, bila seorang pemain karate dapat menguasai Kihon dengan baik, berarti permainan karatenya sudah benar.
2.Gerakan Kata atau Jurus
Kata merupakan karakter dari setiap jenis olahraga karate. Kata mengandung beberapa prinsip bertarung dan juga teknik rahasia dari setiap aliran karate.
Dalam gerakannya, Kata memilki falsafah-falsafah hidup. Setiap Kata memiliki arti, tingkat kesulitan, ritme dan pernapasan yang berbeda-beda.
3.Kumite – Pertarungan
Secara harfiah, kumite berarti perteman tangan atau sparing. Biasanya, kumite dilakukan oleh karatedo tingkat lanjut, seperti sabuk biru atau diatasnya. Tetapi sekarang juga terdapat dojo karate yang mengajarkan kumite pada pemula.
Dan Gohon kumite merupakan kumite pertama kali yang dipelajari oleh karatedo sebelum lanjut kumite bebas ataupun jiyu kumite.
4.Dachi – Kuda-Kuda
“Dachi” atau yang juga disebut dengan “Tachi” berarti kuda-kuda dalam bahasa Jepang. Teknik ini mengajarkan bagaimana posisi kaki dalam berbagai posisi dalam Karate.
Kuda-kuda sangat penting dalam Karate, karena dari sinilah faktor besar yang mempengaruhi dalam memberikan kekuatan serta respon cepat dalam berbagai situasi.
5.Zuki
Dalam seni bela diri karate, 'Tsuki' atau 'Zuki' adalah istilah yang digunakan untuk pukulan. Pukulan jenis ini biasanya dilakukan menggunakan dua ruas jari depan, yang disebut dengan seiken (tinju depan).
Teknik pukulan seiken adalah teknik serangan yang paling populer di karate. Teknik pukulan ini sering digunakan karena efisien, cepat, bertenaga, dan serbaguna.Selain itu, pukulan seiken ini efektif untuk menjaga posisi tangan agar tetap kukuh dan stabil sehingga mampu menahan benturan.
6.Geri
Teknik ini merupakan satu di antara teknik vital, di mana teknik gerakan tendangan digunakan saat menyerang lawan selain penggunaan pukulan.
Berikut ini jenis-jenis tendangan yang perlu diperhatikan dan bahkan dikuasai dengan baik oleh para karateka:
• Tendangan belakang, yaitu usiro-geri.
• Tendangan menggunakan kaki bagian samping atau disnap, yaitu yoko-geri-keange.
• Tendangan menggunakan kaki bagian samping atau disodok, yaitu yoko-geri-kekome.
• Tendangan menggunakan kaki bagian atas, yaitu mawashi-geri.
• Tendangan yang mengarah ke perut maupun kepala dengan arah ke depan, yaitu mae-geri.
7.Gerakan Nage Waza atau Bantingan
Nage Waza atau bantingan sama pentingnya dengan kuda-kuda, pukulan, tendangan, dan juga tangkisan dalam olahraga karate. Teknik ini dapat digunakan ketika jarak lawan dan Anda tidak begitu jauh. Beberapa teknik bantingan yang harus anda ketahui antara lain fumi kiri, udewa, dan unshu geri.
Itulah beberapa teknik karate dasar yang harus di pahami sebelum mempelajari bela diri karate , semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian.