Fakta Kota Shanghai
Shanghai adalah kota terbesar Republik Rakyat Tiongkok dan terletak di tepi delta Changjiang.
Shanghai juga merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, bersama dengan Singapura dan Rotterdam. Secara administratif, Shanghai adalah salah satu dari empat munisipalitas Tiongkok, yang mempunyai status provinsi. Dua karakter aksara Han dalam nama "Shanghai" secara harfiah berarti "atas" dan "laut". Penggunaan nama ini terjadi pertama kalinya pada masa Dinasti Song, pada saat di mana sudah ada pertemuan sungai dan sebuah kota kecil bernama "Shanghai" di daerah tersebut. Tidak jelas bagaimana nama ini berasal atau bagaimana artinya harus diterangkan, meski pembacaan secara harfiah menyarankan arti "menuju laut".
Shanghai terletak pada pantai timur Tiongkok, kira-kira berjarak sama dengan Beijing dan Guangzhou. Kota tuanya dan pusat kota modernnya sekarang berlokasi di tengah semenanjung yang diperluas di antara Delta Sungai Yangtze di utara, dan teluk Hangzhou di selatan, terbentuk oleh pengendapan alami Sungai Yangtze dan oleh proyek reklamasi daratan modern. Terletak di Sungai Yangtze, Shanghai dulunya sebuah desa pertanian kecil yang tumbuh selama dinasti Qing (1644 - 1912) menjadi salah satu pelabuhan perdagangan utama China. Sekarang kota ini adalah campuran bangunan lama dan baru yang menarik, dan sementara terkenal atas gedung pencakar langit yang futuristik, kota ini juga lokasi susunan arsitektur, kuil dan kebun Eropa yang bertahan dengan perubahan waktu dan pengembangan.
Mari kita lihat beberapa fakta menarik tentang shanghai, kota terpadat di Asia ini:
1. Efek Berkilauan di Puncak Bangunan
Dengan tinggi 1,380 kaki, Menara Jinmao Shanghai merupakan bangunan tertinggi ketiga di kota ini, menampilkan titik-titik cahaya untuk memberikan efek berkilauan di puncaknya yang berwarna merah. Puncak-puncak merah gedung pencakar langit lainnya di Pudong diterangi oleh lebih dari 27.000 Philips LED luminer.
2. Jembatan Waibaidu (The Foreigner Crossing)
Jembatan Waibaidu dinamai untuk fakta bahwa jembatan asli dibangun di sana (1856 dibangun Jembatan Wales), dikenakan biaya tol untuk orang Cina untuk menyeberang, tapi orang asing dapat menyeberang dengan gratis.
3. Masakan Shanghai
Masakan Shanghai biasanya berasa lebih manis dari daerah lainnya di Cina dan mereka mengkonsumsi gula lebih banyak dari daerah lain dari Cina.
4. Transportasi
Shanghai South Railway Station, bekas Stasiun Baru Longhua yang dibangun pada tahun 1908. Direnovasi besar-besaran pada tahun 2006, stasiun mendapat circular modern, dan menjadi stasiun pertama di dunia.
5. 7.800 Philips LED Luminer Terangi 2 Jembatan
Jembatan kembar Yangpu dan Nanpu membentang 11 km di sepanjang sungai Huangpu dan telah diterangi. Sebanyak 7.800 Philips LED luminer yang terkoneksi termasuk Philips Color Kinetics LED saat ini menyinari jembatan Yangpu, Nanpu, dan Xupu menggunakan sistem Interact Landmark.
Nah itulah fakta kota shanghai. Semoga bermanfaat!