Manfaat Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan adalah hutan yang tumbuh di daerah dengan curah hujan tinggi.
Definisi hutan hujan tropis adalah hutan yang berada di area tropis dengan suhu hangat. Hutan jenis ini memiliki curah hujan tinggi dengan intensitas sekitar 1800 – 2000 mm setiap tahunnya. Hutan hujan tropis juga dikenal memiliki kelembapan yang sangat tinggi hingga rerata RH 80%. Hutan hujan tropis merupakan bioma dengan ragam hayati atau jenis flora dan fauna tertinggi. Hutan ini dipastikan mendapatkan sinar matahari secara kontinu sehingga pepohonannya tumbuh tinggi dan rimbun hingga mencapai ukuran 50 meter.
Dilansir dari Encyclopedia Britannica, tidak semua hutan hujan tropis terbentuk di lingkungan dengan curah hujan yang tinggi dan konstan. Ini dibuktikan dengan adanya hutan hujan kering di timur laut Australia yang iklimnya diselingi oleh musim kemarau, yang mengurangi curah hujan tahunan. Hutan hujan tropis banyak memiliki fungsi yang berguna bagi kehidupan manusia dan hewan. Fungsi hutan hujan tropis adalah sebagai berikut:
1. Menyediakan Makanan
Buah paling populer di dunia, pisang, berasal dari hutan hujan. Diperkirakan 80% makanan dunia berasal dari tanaman hutan hujan. Banyak sumber makanan masih ditemukan di hutan hujan tropis, seperti dikutip dari laman Rainforest Alliance. Contoh, jeruk, singkong, alpukat, kacang mete, kacang Brazil, vanila, kopi, teh, dan kakao berasal dari hutan hujan tropis. Peach palm di hutan hujan tropis Brasil menghasilkan hingga 300 buah seperti persik dalam satu musim. Buahnya memiliki nilai makanan dua kali lipat dari pisang dan lebih banyak protein dan karbohidrat daripada jagung. Namun, jika tidak berhati-hati, pertanian dan selera penduduk dunia akan makanan dari hutan hujan menyebabkan 70 persen deforestasi di daerah tropis. Untuk itu, petani dan industri harus menerapkan metode ramah lingkungan dan cerdas iklim dalam bertani.
2. Mengatur komposisi atmosfer
Semua hutan hujan tropis berperan dalam mengatur komposisi atmosfer. Selain itu, hutan hujan tropis juga membantu mengimbangi efek perubahan iklim dengan menyerap karbon dioksida melalui fotosintesis dan melepaskan oksigen.
3. Hutan hujan tropis menyediakan barang dan jasa
Hutan hujan dapat menghasilkan makanan, seperti kacang-kacangan, dan menyediakan tanah yang subur untuk bercocok tanam. Tak hanya memiliki tanaman pangan, hutan hujan juga menghasilkan tanaman komersial dan tanaman obat. Misalnya, periwinkle kemerahan dari hutan hujan Madagaskar dapat membantu mengobati leukemia pada masa kanak-kanak.
4. Menyediakan Oksigen
Hutan hujan dikenal sebagai paru-paru dunia karena berkontribusi menyediakan sekitar 20% oksigen dunia. Hutan hujan dan tanah juga menyerap sekitar 20% dari emisi karbon dioksida buatan manusia di dunia seperti yang dihasilkan dari transportasi dan pembangkit listrik bahan bakar fosil.
5. Mencegah Erosi dan Banjir
Saat hujan deras, massa vegetasi di hutan hujan menangkap dan menahan sebagian besar hujan, kemudian membuangnya melalui evaporasi dan transpirasi. Hutan hujan tropis bertindak seperti payung rawa yang memecah kekuatan hujan dan melindungi permukaan tanah. Pohon hutan hujan juga membantu mengontrol jumlah air yang tertahan di dalam tanah. Penebangan di hutan membuat pola curah hujan telah berubah, seperti hujan hampir berhenti turun di sejumlah tempat sementara di tempat lain terjadi banjir. Jika pohon di hutan hujan tropis ditebang dalam jumlah besar, perlindungan alami ini hilang sehingga erosi tanah juga meningkat dan mineral hanyut.
Nah itulah manfaat hutan hujan tropis. Semoga bermanfaat!