Jembatan Paling Terkenal
Wisata sejarah tak hanya sebatas ke museum. Mengunjungi jembatan juga bisa menambah wawasan dan memiliki konsep rancangan yang unik.
Jembatan berfungsi sebagai penghubung dua bagian jalan yang terputus karena adanya rintangan-rintangan. Misalnya seperti lembah yang dalam, laut, sungai, dan sebagainya. Seiring berkembangnya dunia pariwisata, jembatan juga beralih fungsi sebagai landmark. Pengunjung dapat menelusuri sejarah sebuah kota melalui jembatan tersebut dan bertujuan agar kotanya semakin dikenal masyarakat. Baik dunia maupun internasional. Berikut 10 Jembatan Paling Terkenal Di Dunia:
1. Akashi-Kaikyo, Jepang
Memiliki panjang sekitar 1.991 meter, jembatan yang berada di kawasan Kobe ini menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia. Posisi ke-dua ditempati oleh jembatan Xihoumen di China. Selain panjang, jembatan ini juga disebut terkuat karena tak goyah saat terjangan gempa dahsyat pada tahun 1995.
2. Jembatan Barito, Banjarmasin
Kali ini kita telusuri jembatan ikonik yang ada di Indonesia, tepatnya di kota Banjarasin, Jembatan Barito. Jembatan Barito berdiri kokoh dengan pulau kecil yang berada di bawahnya. Sungai Barito juga terlintasi oleh jembatan ini. Jembatan Barito membantu menghubungkan Kecamatan Anjir Muara dan Kecamatan Alalak, Kalimantan Selatan. Panjangnya mencapai 1.082 meter dan lebar 19,37 meter. Selain desain struktur jembatan yang begitu megah dan indah, kecantikan dari panorama sekitarnya pun kerap masuk dalam daftar jembatan tercantik di Indonesia.
3. Sunniberg, Swiss
Jika ingin menikmati pemandangan alam Swiss dengan cara lain, mungkin bisa dengan mencoba melintas di jembatan ini. Disebut sebagai jembatan dengan pemandangan paling fotogenik di dunia, jembatan ini juga telah memenangkan banyak penghargaan desain atas rancangannya.
4. Tower Bridge
Tower Bridge adalah jembatan yang membentang diatas Sungai Thames di London, Inggris. Jembatan ini menggabungkan dua desain jembatan yaitu Jembatan Angkat dan Jembatan Gantung yang letaknya berdekatan dengan dengan London Tower sehingga jembatan ini dinamakan Tower Bridge. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1894 dan merupakan salah satu Ikon Kota London. Tower Bridge adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estates sebuah lembaga amal dari City of London Corporation. Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki yang berada 42 meter diatas Sungai Thames. Dari jembatan ini para pengunjung dapat menikmati keindahan kota London.
5. Ponte Vecchio
Ponte Vecchio adalah salah satu Jembatan Paling Terkenal Di Dunia yang melintasi Sungai Arno yang menghubungkan kota Lungarno dengan Oltrano. Jembatan ini dibangun pada tahun 1345 oleh Taddeo Gaddi dan menjadi Jembatan Paling Terkenal di kota Florence, Italia. Jembatan ini sebenarnya lebih darui sebuah jembatan karena pada jembatan terdapat jalan dan pertokoan.
6. Jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat
Jembatan Golden Gate bisa dibilang sebagai jembatan paling dikenal di dunia. Jembatan ini membentang sepanjang 2.727 meter menghubungkan San Francisco dengan Kabupaten Marin. Jembatan megah ini dibuka untuk para pejalan kaki mulai pukul 09.00 sampai 18.00.
7. Jembatan Barelang – Batam
Dikenal pula dengan sebutan lain yaitu, Jembatan Habibie karena diprakarsai oleh mantan presiden Indonesia, B.J. Habibie. Sebenarnya jembatan Barelang merupakan rangkaian 6 buah jembatan yang menghubungkan beberapa pulau di Kepulauan Riau yaitu, pulau Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang, dan Galang Baru. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ke-8 di Indonesia. Banyak wisatawan yang terpesona dengan kemegahan struktur dari jembatan ini serta keindahan panorama Laut Cina Selatan yang bisa kamu lihat darisini.
8. Millau Viaduck
Millau Viaduck adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi Lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Di desain oleh teknisi Jembatan Perancis Michel Virlogeux yang bekerjasama dengan arsitek Britania, Lord Foster. Millau merupakan Jembatan Vihecular Tertinggi Di Dunia dengan tonggak puncak setinggi 341 meter atau sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 meter lebih pendek dari Gedung Empire State.
Nah itulah beberapa jembatan paling terkenal di dunia. Semoga bermanfaat!