Ciri-Ciri Musim Gugur
Negara yang ada di luar garis khatulistiwa akan mengalami empat musim, salah satunya musim gugur.
Musim gugur adalah salah satu dari empat musim di daerah beriklim sedang, dan merupakan masa peralihan dari musim panas ke musim dingin. Dalam bahasa Inggris musim gugur dikenal dengan nama Autumn sedangkan di Amerika Serikat lebih dikenal dengan sebutan fall sebab saat musim ini sebagian besar daun-daun di pohon akan jatuh atau gugur. Negara yang memiliki empat musim memang memiliki siklus musim yang bergantian yakni musim panas, kemudian musim gugur, lalu musim dingin dan musim semi. Musim- musim ini datang bergiliran dan sesuai dengan siklusnya. Salah satu musim yang paling menarik adalah musim gugur. Musim gugur merupakan musim yang datang setelah musim panas. Musim gugur biasanya datang di sekitar tanggal 23 September sampai dengan tanggal 21 Desember di belahan bumi utara, dan tanggal 21 Maret hingga tanggal 21 Juni di belahan bumi selatan.
Dalam zona beriklim sedang di bumi, musim gugur merupakan musim panen bagi tanaman-tanaman yang ditanam atau bersemi pada musim semi, dan pepohonan peluruh meluruhkan daun-daunnya. Musim gugur biasanya dimulai setelah terjadinya ekuinoks dengan pergerakan matahari meninggalkan zona tersebut. Panjang hari menjadi semakin singkat dan suhu mulai menurun. Musim ini juga ditandai dengan meningkatnya presipitasi. Berikut ini ciri-ciri musim gugur:
1. Tanaman Akan Terlihat Layu dan Daun Mulai Terlihat Merah Kecoklatan
Tanaman yang terlihat layu merupakan tanda akan menggugurkan daunnya. Sedangkan daunnya akan terlihat merah kecoklatan jika akan gugur.
2. Meningkatnya presipitasi
Ciri- ciri yang menandai datangnya musim gugur adalah meningkatnya presipitasi atau semacam hujan. Penguapan ini berasal dari perairan yang ada di kerak Bumi yang terkena sinar matahari. Sebenarnya sehari- hari perairan juga mengalami presipitasi, namun intensitas ini meningkat ketika memasuki musim gugur, dan meningkatnya presipitasi ini juga merupakan penanda bahwa musim gugur akan segera tiba.
3. Musim Panen
Saat musim panas, petani akan menanam benih di ladang mereka. Benih ini akan berbuah dan siap dipanen di musim gugur. Jadi, musim gugur adalah musim panen. Petani di dunia biasanya menanam satu miliar pon benih buah. Setiap petani menanam buah yang berbeda-beda. Di Amerika, buah yang banyak ditanam adalah labu.
4. Acara Spesial
Saat musim gugur tiba, teman-teman kita di negara lain punya acara spesial. Di Jepang misalnya, anak-anak akan libur dari sekolah. Teman-teman di Lihuania berbeda. Mereka biasanya membakar patung kayu untuk merayakan musim gugur.
5. Hewan-Hewan Terlihat Bersiap Kembali Ke Sarang
Ciri-ciri datangnya musim dingin yang terakhir terlihat melalui tingkah laku binatang. Karena banyak binatang yang bermigrasi saat musim panas serta musim dingin, dan kembali ke sarangnya saat musim gugur. Jadi jika hewan bersiap kembali ke sarang maka itu tandanya musim gugur akan dimulai.
6. Hawa terdiri dari 60% dingin dan 40% panas
Ketika musim gugur tiba, hawa udara yang terasa adalah dingin dan panas. Porsi hawa panas dan dingin lebih banyak hawa dingin. Hawa dingin lebih banyak yakni 60% dan hawa panas lebih sedikit yakni 40%. Meskipun selisih hawa dingin dan hawa panas ini hanya sedikit namun hal ini tetap berbeda. Namun ada pula beberapa negara yang memiliki musim gugur yang hangat.
Nah itulah ciri-ciri musim gugur. Semoga bermanfaat!