Spot Wisata Milky Way
Milky Way atau Bima Sakti adalah kumpulan bintang berukuran besar dan kecil yang membentang dan membentuk sebuah galaksi.
Pemandangan langit malam bertabur bintang atau biasa disebut panorama Bima Sakti (milky way) dapat disaksikan secara langsung di beberapa tempat di negara tertentu. Para pencinta astronomi dan masyarakat masyarakat pada umumnya akan menyukai pemandangan ini. Berikut tempat melihat bintang atau stargazing terbaik di dunia:
1. Taman Hutan Galloway, Skotlandia
Di tempat ini kamu bisa melihat pemandangan lebih dari 7000 bintang, rasi bintang dan planet setelah matahari terbenam. Makanya, Taman Hutan Galloway menjadi destinasi wisata langit gelap pertama di Inggris.
2. Wiruna, New South Wales
New South Wales merupakan negara yang masih bagian dari Australia. Jika Australia terkenal karena hewan-hewan yang berbahaya, maka New South Wales bisa dibilang jauh lebih aman. Di sana, kalian bisa melihat pemandangan bintang di langit dengan sangat jelas. Sepertinya memang tempat ini sudah tercipta sebagai tempat untuk mengamati bintang. Di kerumuni dengan tanaman eucalyptus, setiap tahunnya, par astronom datang ke New South Wales untuk meluangkan waktu menikmati indahnya langit New South Wales yang dipenuhi dengan bintang. Di tahun 2015, di New South Wales diadakan acara South Pacific Star Party. Acara tersebut menjadi ajang untuk melihat bintang yang ada di angkasa.
3. Yosemite National Park, California
Dengan luas sebesar 3.027 km2, Yosemite National Park adalah sebuah taman besar yang berada di California, Amerika Serikat. Terbuka untuk umum pada 1 Oktober 1890, orang-orang bebas mengunjungi taman nasional ini baik itu di siang ataupun malam hari. Khusus di malam hari, kalian akan berkesempatan melihat pemandangan indah yang belum tentu bisa kalian lupakan seumur hidup. Yosemite National Park adalah tempat yang cocok untuk menikmati bintang yang ada di angkasa. Malam hari, di bawah langit yang luas, mata kalian akan melihat betapa indahnya taburan bintang yang ada di angkasa. Ada tur khusus yang disediakan di Taman Nasional Yosemite untuk bisa menikmati bintang di angkasa pada musim panas.
4. Gunung Bromo
Kawasan Gunung Bromo memang telah menjadi destinasi yang sangat populer di Pulau Jawa. Biasanya paea wisatawan mengunjungi tempat ini pada pagi hari untuk melihat matahari terbit atau sekadar menikmati kawasan dan berkeliling menggunakan mobil jeep. Eitss, ternyata masih ada aktivitas lain yang bisa kamu lakukan lo di kawasan wisata ini. bagi kamu pecinta gugusan bintang, kamu harus banget mencoba melihat milky way atau galaksi bima sakti di sini. Langit malamnya cukup bersih sehingga sinar bintang menerangi langit Bromo dengan cantik. Bahkan kawasan ini juga dinobatkan sebagai salah satu spot terbaik untuk melihat milky way di dunia.
5. Wae Rebo Flores
Selain di Pulau Jawa, kamu juga bisa menikmati pancaran gugusan bintang di wilayah Indonesia bagian Timur tepatnya di Desa Adat Wae Rebo yang terdapat di Flores. Desa ini terletak di dataran tinggi dan sering dijuluki sebagai desa di atas awan. Selain itu, desa ini juga menjadi spot milky yang diburu para wisatawan. Wisatawan yang datang ke Wae Rebo untuk menikmati milky way mulai berdatangan sejak pukul 20:30 WITA untuk mendapatkan foto dan menikmati gugusan bintang dengan jelas dan jernih.
6. Gurun Atacama, Chili
Sebagai salah satu tempat terkering di dunia, Atacama hanya mendapatkan hujan satu milimeter per tahun. Jadi jangan heran bila langit di Atacama sangat bersih dan hampir tanpa awan. Dipadu dengan ketinggian 8.200 kaki, Atacama menjadi salah satu tempat terbaik di bumi untuk stargazing.
7. Hawaii, USA
Hawaii menjadi surga tak hanya bagi para astronom profesional tapi juga amatir. Namun, pemandangan langit yang luar biasa di tempat ini harus dibayar dengan resiko tinggi berupa suhu yang amat dingin dan ketinggian sekitar 14.000 kaki.
Nah itulah beberapa spot wisata milky way. Semoga bermanfaat!