Sungai Terindah Di Dunia
Sungai merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari kehidupan manusia disemua bagian dunia. Sungai tidak hanya menawarkan sumber air minum saja namun juga membantu dalam menyuburkan tanaman.
Selain itu, beberapa sungai di dunia juga menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan di sekelilingnya sehingga menjadi tujuan wisata yang dikunjungi banyak wisatawan.
Mau tahu kira-kira sungai mana sajakah di dunia ini yang memiliki pemandangan menakjubkan dan bisa dikatakan paling indah di dunia? Yuk kita simak sungai paling indah di dunia dengan pemandangan yang menakjubkan berikut ini.
1.Sungai Gros Ventre (Amerika Serikat)
Sungai Gros Ventre adalah sungai paling indah di Amerika Serikat, yang panjangnya sekitar 120 km. Sungai ini terkenal dengan ikan trout yang membanjiri kota Kelly di Wyoming.
Dengan air jernih yang membanjiri bagian hilir Kelly, Sungai Gros Venture sudah menjadi pemandangan ikonik alam. Memancing adalah salah satu aktivitas yang paling diminati dengan pegunungan spektakuler yang mengelilinginya.
2.Sungai Hanalei (Hawaii)
Sungai Hanalei adalah surga air tawar yang terletak di kepulauan Hawaii. Selama ini pun Hawaii sendiri menyerupai sebuah keajaiban yang sempurna bagi kebanyakan traveler dunia.Sungai Hanelei ini sangat jadi favorit para traveler, padahal aliran sungainya cukup kecil dengan panjang sekitar 25,3 km, namun di dalamnya terdapat habitat bagi banyak hewan.
Sungai ini dianggap sebagai salah satu situs paling bergengsi dan warisan di Hawaii. Sebagian besar lahan pertanian hijau terletak di sepanjang sungai ini. Surga!
3.Sungai Futaleufu, Chili dan Argentina
Sungai Futaleufu adalah sebuah sungai di Patagonia bagian utara yang airnya bersumber dari danau di Taman Nasional Los Alerce, Provinsi Chubut, Argentina. Menurut Wikipedia, sungai ini melintasi Pegunungan Andes dan perbatasan internasional ke Chili. Di Chili, sungai Futaleufu memiliki tiga anak sungai utama, yaitu Rio Claro, Rio Espolon, dan Rio Azul. Futaleufu juga mengairi beberapa danau paling jernih di Patagonia seperti Lago Espolon dan Lago Lonconao.
4.Sungai Rio Tinto, Spanyol
Rio Tinto, sungai yang terletak di barat daya Spanyol ini tampak menakjubkan dengan aliran airnya yang berwarna merah dan kuning. Tetapi jangan sampai terkecoh, air berwarna cantik tersebut sangat berbahaya karena tingkat keasamannya yang sangat tinggi.
Kawasan Sungai Rio Tinto menyimpan kekayaan alam berupa mineral murni. Selama berabad-abad, para penambang sudah mengeksploitasi mineral di tempat ini. Bangsa Romawi bahkan membuat koin-koin emas dan perak mereka dari hasil tambang Rio Tinto. Sekarang area ini merupakan salah satu sumber tambang tembaga dan sulfur terpenting di dunia. Tetapi polusi yang disebabkan oleh eksploitasi mineral besar-besaran selama ini telah menyebabkan sungai Rio Tinto tercemar, sehingga warna airnya berubah merah kekuningan seperti ini.
5.Sungai Soa (Slovenia)
Sungai Soa adalah sungai Italia, yang berasal dari bagian utara Slovenia dan berakhir ke Laut Adriatik. Dengan panjang yang panjang sekitar 138 km, sungai ini dianggap sebagai salah satu sungai menawan yang membentuk perbatasan antara Kekaisaran Austro-Hungaria dan Kerajaan Italia.
Air sungainya dianggap menyerupai permata putih yang sempurna saat arus sungainya mengalir.
6.Sungai Bawah Tanah Xcaret, Meksiko
Sungai yang satu ini barangkali tidak sebesar dan sepanjang sungai-sungai cantik lainnya. Tetapi posisinya yang unik akan menawarkan keindahan tersendiri. Sungai bawah tanah Xcaret adalah bagian dari sistem gua besar yang terbentuk di bawah permukaan semenanjung Yucatan. Sungai ini berada dalam wilayah Xcaret Eco Park yang berada di Riviera Maya, Meksiko. Letaknya dekat dengan situs prasejarah peninggalan suku Maya.
Itulah sungai-sungai terindah di dunia yang bisa menjadi destinasi kunjungan berwisata jika kalian tertarik dengan keindahan sungai.