Manfaat Pemandangan Hijau
Melihat pemandangan yang hijau di luar sana, misalnya pepohonan atau bukit, punya manfaat yang baik buat mata kita.
Sejauh ini, tampaknya belum ada penelitian yang pasti tentang manfaat warna hijau pada kesehatan mata, dan masih sekadar sugesti orangtua saja. Secara psikologis warna, hijau memiliki pengaruh pada mood dan pikiran kita, dan membuat kita merasa lebih tenang. Mata yang kita miliki bisa menangkap 7 juta warna berbeda. Tetapi, ada beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood. Setiap warna memancarkan gelombang energi panjang yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Sering melihat pemandangan alam hijau ternyata juga punya manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Diantaranya yaitu:
1. Menenangkan pikiran dan tubuh
Pakar warna mengatakan bahwa hijau adalah warna yang menyenangkan dan menyegarkan. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi pikiran dan tubuh seseorang. Hal itulah mengapa banyak kantor dan fasilitas perawatan banyak menggunakan warna hijau.
2. Melatih fokus mata
Beberapa objek di alam, seperti pepohonan, air terjun maupun puncak gunung dapat menjadi sarana untuk melatih fokus mata. Misalnya setelah melihat pohon yang ada didepan mata, kemudian melihat air terjun nan jauh di mata. Lakukan selama 20 detik secara berulang-ulang, agar pupil selalu terlatih dan penglihatan senantiasa terjaga kesehatannya.
3. Membantu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak
Berbicara mengenai daya ingat, banyak orang sudah mengalami penurunan daya ingat akibat faktor usia, lingkungan maupun kebiasaan yang kurang sehat, seperti seringnya merokok. Menyukai warna hijau dapat membantu memperlambat hal tersebut terjadi terlalu dini pada tubuh kita. Pada dasarnya otak sangat menyukai warna-wana. Dengan seringnya otak distimulus oleh warna, maka otak akan berkembang secara maksimal dan optimal, sehingga kecerdasan akan meningkat. Warna hijau ternyata dapat memperkuat koneksi antar neuron yang sudah ada.
4. Meningkatkan regulasi sel dan jaringan
Beberapa tahun silam, sekitar 2000 SM sudah ditemukan terapi warna untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Terapi yang menggunakan beberapa spektrum warna mampu menciptakan keseimbangan kesehatan bagi tubuh. Hijau merupakan warna yang sangat dekat dengan alam ternyata dapat menjaga kesehatan bagi tubuh. Salah satu manfaat yang diterima bagi orang yang sering memandang warna ini adalah tidak mudah panik saat menerima tekanan tugas kerja yang menumpuk. Hal lainnya yang dapat dirasakan secara tidak langsung, antara lain regulasi sel dan jaringan akan berjalan dengan lancar. Sehingga metabolisme tubuh akan selalu terjaga.
5. Mencegah mata minus
Rabun jauh, miopi atau minus merupakan gangguan penglihatan yang membuat objek jauh terlihat kabur oleh mata. Gangguan ini bisa terjadi karena mata terlalu sering membuat objek pada jarak dekat, seperti melihat layar gadget atau komputer. Adanya pemandangan alam, seperti persawahan, perbukitan, dapat menjadi media untuk melatih mata agar juga bisa melihat objek atau benda yang pada jarak jauh.
6. Menyejukkan mata
Pemandangan hijau dapat membuat lensa dan kornea mata bekerja lebih santai. Ini karena secara psikologis, warna hijau pada alam dapat memberikan respon alami pada otak, hingga memberikan efek ketenangan.
Nah itulah manfaat melihat pemandangan alam hijau untuk tubuh. Semoga bermanfaat!