Manfaat Wisata Ke Gunung
Gunung merupakan tempat yang sempurna untuk berkomunikasi dengan alam.
Tidak heran banyak wisatawan memilih untuk naik gunung sebagai destinasi. Gunung memiliki udara yang sejuk dan bersih sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran kita. Ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan saat berlibur di pegunungan, misalnya hiking, memanjat, memancing, kano, ski, dan berkemah. Selain memanjakan indera penglihatan - karena pemandangan yang luar biasa indah - berlibur di pegunungan juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Yuk simak informasinya:
1. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru
Saat mendaki gunung, kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari biasanya. Sehingga suplai oksigen dan peredaran darah akan meningkat. Meningkatnya detak jantung akan menambah kebugaran dan daya tahan aerobik. Ditambah udara yang segar tentu akan menambah efek yang bagus bagi tubuh Anda.
2. Menghirup Udara Segar
Menghabiskan waktu di atas gunung memberikan paru kesempatan untuk menghirup oksigen yang bebas polusi. Udara segar dan bersih di gunung membantu mengatasi masalah pernapasan dan mempermudah penderita asma untuk bernapas.
3. Membangkitkan kebahagiaan
Lavender yang tumbuh di pegunungan dapat membantu mengatasi depresi dan memperbaiki tidur. Jika merasa sedih atau galau, berliburlah ke pegunungan. Mendaki gunung dapat membantu kita menghargai hidup karena produksi endorfin. Menghadapi ketakutan dapat membantu kita memiliki perspektif baru dan lebih menghargai berbagai hal dalam hidup.Berlibur di pegunungan juga dapat memperbaiki tekanan darah dan kadar gula darah, membantu meningkatkan kepadatan tulang (berjalan adalah latihan menahan beban), membangun kekuatan otot paha depan, paha belakang, dan otot-otot di pinggul dan kaki bagian bawah, memperbaiki keseimbangan dan mengontrol suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa hiking memiliki dampak positif dalam memerangi gejala stres dan kecemasan.
4. Memperoleh Kedamaian
Menghabiskan waktu di gunung bisa membantu Kamu menemukan kedamaian dalam diri dan kehidupan Kamu. Kamu bisa menemukan keindahan alam dan menjadi lebih mudah bersyukur. Mendaki gunung juga mengajari Kamu bahwa tidak semuanya harus serba cepat, melainkan dicapai secara perlahan. Selain itu, beragam suara binatang dan aroma alam yang berbeda dengan di kota juga bisa menenangkan pikiran Kamu.
5. Pengalaman tidak Terlupakan
Meskipun pemandangan di gunung sempurna merupakan latar belakang foto yang indah untuk diunggah di instagram dan snapchat, makna yang bisa Kamu ambil melebihi hal itu. Cobalah menjauh dari penggunaan gadget ketika sedang berlibur di gunung. Daripada sibuk sendiri dengan handphone, nikmati pemandangannya dengan mata Kamu sendiri. Lagipula, kamera tidak bisa menangkap keindahan pemandangan gunung seperti aslinya.
6. Meringankan radang sendi dan membangun otot tubuh
Mungkin sulit bagi yang menderita radang sendi, terutama lutut untuk bisa mendaki gunung. Akan tetapi, diam dan tidak menggerakkan sendi pun hanya akan membuat kondisinya lebih buruk. Dengan mendaki, dapat membantu memperkuat otot yang lain, mengambil tekanan dari lutut, dan juga akan membangun otot-otot pada tubuh. Otot-otot tersebut diantaranya lengan, punggung, paha, betis, dan pinggul.
Nah itulah beberapa manfaat wisata ke pegunungan. Semoga bermanfaat!