7 Fungsi Bioma Gurun
Di seluruh dunia terdapat banyak gurun-gurun yang tidak banyak orang ketahui bahwa gurun memiliki keanekaragaman hayati. Walaupun gurun terlihat sangat tandus, gurun memiliki tanaman-tanaman yang unik dan indah serta hewan-hewan liar yang bisa bertahan hidup di gurun tersebut
gurun adalah bioma yang menutupi sekitar seperlima permukaan bumi dan terjadi di wilayah dengan curah hujan kurang dari 50 cm per tahun. Meskipun sebagian besar gurun, seperti Sahara di Afrika Utara dan gurun di barat daya AS, Meksiko, dan Australia, terjadi di lintang rendah, jenis gurun lain, yaitu gurun dingin, terjadi di wilayah cekungan dan jajaran Utah dan Nevada dan di bagian dari Asia Barat.
Gurun memiliki beberapa fungsi serta banyak manfaat bagi kehidupan manusia yang tidak banyak diketahui banyak orang. Berikut penjelasan nya :
• Tanaman Gurun Memiliki Fungsi Sebagai Kehidupan Manusia
Tidak banyak tanaman yang bisa hidup di gurun, karena cuaca yang panas dan kering tidak memungkinkan tumbuhan bisa bertahan hidup, hanya sebagian tanaman tertentu saja yang dapat bertahan dengan sumber air yang jarang di sekitar wilayah gurun. Di lain hal itu ternyata ada tanaman yang dapat memberikan kegunaan manusia yang penting yaitu jojoba. Tahukah anda dengan tanaman jojoba ini? mungkin tak banyak orang yang terlalu mengenal dengan tanaman jojoba ini. Jojoba merupakan semak gurun yang memiliki kualitas tinggi, semak gurun memiliki kandungan minyak yang memiliki kualitas tinggi yang dalam industri komersial saat ini digunakan dalam produk seperti lotion, shampoo.
• Kekayaan mineral
Kondisi gurun yang kering membantu mendorong pembentukan dan konsentrasi mineral penting. Gipsum, borat, nitrat, kalium, dan garam lainnya menumpuk di gurun saat air yang membawa mineral ini menguap. Tumbuhan yang minimal juga memudahkan ekstraksi mineral penting dari daerah gurun.
Menurut statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa, lebih dari 50 persen tembaga dunia berasal dari gurun di Meksiko, Australia dan Chili. Mineral dan logam lain seperti bauksit, emas, dan berlian dapat ditemukan dalam jumlah besar di gurun pasir Cina, Amerika Serikat, dan Namibia. Wilayah dan perwilayahan gurun juga memiliki 75 persen dari cadangan minyak yang diketahui di dunia.
• Penemuan Arkeologi
Kondisi yang panas sangat ideal untuk melestarikan artefak dan peninggalan manusia. Sisa-sisa mumi manusia yang ditemukan di negara-negara seperti Peru, Cina dan Mesir telah mengajarkan kepada para arkeolog masa kini tentang peradaban kuno.
Misalnya, pada Maret 2010, New York Times melaporkan bahwa para ilmuwan yang bekerja di Tiongkok barat menemukan kuburan 200 mayat berusia 4.000 tahun dengan ciri-ciri wajah Eropa. Penemuan seperti ini membantu membentuk pemahaman modern tentang bagaimana masyarakat kita pertama kali terbentuk.
• Kehidupan Reptil di Gurun
Gurun memiliki fungsi penting bagi kehidupan reptil. karena reptil merupakan jenis makhluk hidup yang sangat menarik serta bisa bertahan hidup di gurun pasir. Dengan suhu yang tinggi di wilayah gurun, reptil yang hidup di gurun bisa menyesuaikan suhu tubuh mereka yang sangat mudah untuk menyesuaikan diri dengan suhu panas yang ada di gurun. Dan biasanya reptil yang biasanya dapat bertahan hidup di gurun adalah kadal dan ular. Banyak sepesies ular derik yang hidup di gurun, ular derik memiliki suara bising yang dapat memperingati musuh untuk menjauh. Jika manusia tidak berhati-hati manusia akan diserang dan menyuntikkan racun dengan taring yang tajam. Dan maish banyak jenis ular lainnya selain ular derik seperti ular kobra, ular raja dan lain-lain.
Kadal merupakan kategori spesies ke dua yang hidup di gurun. Kadal merupakan hewan yang paling aneh menurut orang yang tidak pernah melihat kadal di daerah gurun, kadal memiliki sisik yang tajam yang digunakan untuk pertahanan hidup di wilayah gurun. Kadal merupakan hewan yang berbahaya yang ada di gurun karena ketika musuh mendekat kadal akan membuka lebar mulutnya. Hal ini membuat bahaya terlihat lebih besar dan menakutkan.
• Kehidupan Mamalia di Gurun
Ada beberapa banyak jenis mamalia yang ada di gurun, yang memiliki beberapa ukuran yang berbeda-beda dari mulai mamalia yang terkecil sampai yang terbesar. Mamalia biasanya harus tetap dingin dan meminum air banyak, sehingga mamalia biasa akan keluar pada malam hari dengan memiliki cara untuk bertahan hidup seperti menggali lubang di tanah untuk hidup pada siang hari.
• Kelimpahan nutrisi tanah
Karena sebagian besar gurun menerima sedikit atau tidak ada curah hujan dan tidak mengandung air bawah permukaan, tanah memiliki konsentrasi garam yang cukup rendah fitur yang sangat disukai untuk pertumbuhan tanaman gurun.
Tanah gurun menyimpan banyak sekali nutrisi karena jumlah curah hujan dan aliran permukaan yang sangat sedikit, dan oleh karena itu mudah digunakan untuk pertanian, asalkan sistem irigasi yang efisien dikembangkan.
• Rumah bagi beragam tumbuhan dan hewan
Sebagian besar gurun adalah rumah bagi beragam tumbuhan dan hewan yang telah beradaptasi dengan habitat mereka yang keras. Selain menambah keanekaragaman hayati bumi, banyak dari tumbuhan dan hewan ini bermanfaat bagi manusia.
Unta peliharaan di gurun Asia dan Afrika Utara telah menjadi hewan pengangkut yang andal selama ribuan tahun. Tanaman gurun seperti kurma merupakan sumber makanan penting di Afrika Utara dan Timur Tengah; kurma juga salah satu makanan budidaya tertua di dunia, sejak zaman Alkitab
Penjelasan diatas merupakan fungsi gurun yang membantu banyak makhluk hidup yang hidup di sekeliling wilayah gurun. Semoga bermanfaat!