Tips Memotret Di Pantai
Anda suka memotret saat liburan di pantai? Tentu yang Anda inginkan foto yang diambil harus berkualitas bagus dan jelas.
Namun, untuk dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik dan enak dipandang, kita harus memahami beberapa tips dan teknik memotret. Berikut tips memotret dengan kualitas terbaik saat berlibur di pantai.
1.Find a Foreground
Kecuali jika ada sesuatu yang sangat tidak biasa di langit seperti sambaran petir atau awan besar yang mengancam, langit tidak mungkin menjadi subjek utama Anda dalam sebuah foto. Jika Anda mencoba membuatnya menjadi satu, Anda mungkin hanya akan kecewa. Sebaliknya, biasanya lebih baik jika langit melengkapi subjek Anda daripada menjadi subjek Anda.
Di situlah latar depan berperan. Di pantai, latar depan paling umum yang akan Anda temukan adalah bebatuan, pola di pasir, dan pola di air. Tetapi kecuali jika pola di pasir dan air memiliki beberapa detail yang sangat menarik, pola tersebut mungkin tidak cukup untuk membuat subjek yang kuat. Jadi, jangan hanya mengarahkan dan menembak ke arah laut, tetapi secara aktif mencari latar depan yang paling menarik.
2.Latar depan seringkali menjadi subjek terpenting dalam sebuah foto, terutama saat memotret pemandangan di pantai.
Bayangkan gambar di atas tanpa bebatuan di latar depan. Praktis tidak ada apa pun di foto, yang hanya akan berfungsi jika Anda menginginkan tampilan yang sangat minimalis. Karena itu bukan tujuan saya, saya perlu pindah ke area lain untuk mencari subjek latar depan yang lebih substansial.
3.Jangan ambil foto saat top light atau cahaya berlebih
Cahaya berlebih akan membuat langit terlihat putih dan laut tampak pucat. Hasil foto yang dihasilkan pun akan tampak kurang menarik. Waktu paling bagus untuk memotret pantai adalah sebelum jam 9 pagi, saat langit masih biru. Bisa juga setelah jam 4 sore ketika matahari mulai tenggelam.
4.Gunakan tripod supaya stabil
Memotret di luar ruangan, apalagi di pantai dengan angin yang cukup kencang, membuat hasil gambar rawan goyang sehingga hasil berisiko blur.
Bila foto yang didapat blur, rasanya harus mengedit dengan upaya cukup keras. Untuk menyiasatinya, gunakanlah tripod atau monopod. Alat ini membuat pergerakan kamera cukup stabil sehingga tak goyang.
5.Manfaatkan shutter speed lambat untuk membuat foto slowspeed pantai
Foto slow speed selalu menjadi idola saat dipamerkan di media sosial, umumnya orang akan merasa tertarik melihat nuansa air yang tampak tenang atau begitu lembut bagaikan kapas.
Teknik memotret slow speed dengan shutter speed lambat ini, cocok untuk kamu aplikasikan saat memotret foto pantai sewaktu berwisata. Tentunya pastikan kamu memiliki beberapa peralatan penting seperti tripod untuk mendukung pemotretan pantainya.
6.Manfaatkan refleksi atau pantulan air laut
Cobalah berkreasi dengan bayangan air laut saat memotret suasana pantai. Semakin kamu kreatif maka hasil foto yang didapat akan semakin tampak keren dan menakjubkan.
7.Bawa pernak-pernik seperti flat hat
Aksesori seperti topi juga membuat foto jauh lebih menarik. Topi akan membuatmu terlihat lebih catchy di kamera. Bisa juga memakai aksesori lain. Seperti kain tenun yang dililitkan ke tubuh, bikin fotomu tampak lebih artistik.
Itulah beberapa tips untuk memotret di pantai agar mendapatkan kualitas lebih baik.