Teknik Membaca
Teknik membaca efektif adalah teknik membaca yang bertujuan agar pembaca dapat menyerap informasi yang dibaca dengan cepat dan dapat memahami bacaan dengan baik. Untuk membaca efektif, terdapat sejumlah teknik yang bisa digunakan oleh pembaca.
Biasanya, teknik membaca efektif dibutuhkan ketika seseorang harus membaca banyak hal, namun dalam waktu yang terbatas. Dengan memahami teknik membaca, maka pembaca bisa lebih menikmati kegiatan membaca. Selain itu, teknik ini juga diketahui lebih menghemat waktu, pikiran, dan tenaga.
Berikut adalah teknik membaca yang akan membuat kalian dapat membaca efektif.
1.Gerakan mata
Pada proses membaca beberapa orang membaca dengan menangkap per kata atau bahkan per suku kata. Proses membaca seperti ini membuat proses membaca jauh lebih lambat. Untuk dapat mempercepat proses membaca kamu dapat berlatih menangkap dua, tiga, empat, atau bahkan lima kata sekaligus.hal yang mudah adalah dengan membuat garis lurus vertikal di buku atau bahan bacaan. Dengan begitu keseluruhan teks akan terbagi menjadi beberapa bagian (tiga atau empat).
Cara ini efektif dipakai untuk melatih membiasakan mata melihat sekelompok kata sekaligus. Jika konsisten dengan latihan tersebut, maka bukan tidak mungkin otot-otot mata kamu akan terlatih, terutama gerakan mata. Mata akan bergerak secara alami jika sudah terbiasa. Seterusnya, secara perlahan akan meningkatkan kecepatan membaca sampai kamu menemukan kecepatan yang dirasakan sungguh mengenakkan.
2.Scanning (Teknik Pemindaian)
Scanning adalah teknik membaca yang cepat dengan cara memindai atau membaca-tatap. Teknik memerlukan ketelitian membaca yang baik, dan bertujuan untuk memperoleh informasi atau fakta tertentu.
Tekniknya yaitu membaca secara cepat dengan cara langsung loncat kepada bagian yang dianggap penting atau menjadi prioritas.Jadi, selain harus membaca dengan cepat, kamu juga dituntut untuk mencari hal yang pentin-penting saja.
Cara pertama ini melibatkan daya kemampuan berimajinasi agar kamu tetap sadar dan memahami apa yang kamu baca.
Dengan teknik membaca scanning kamu tidak diharuskan untuk membaca kalimat secara keseluruhan. Cukup lihat dan perhatikan pada kata kunci pentingnya saja. Biasanya teknik ini digunakan oleh orang yang suka membaca buku atau koran. Karena di koran, orang cenderung ingin langsung mengetahui inti beritanya saja.
3.Skimming (Teknik Pelayapan)
Skimming atau yang dikenal juga dengan sebutan baca-layap adalah teknik membaca yang cepat dengan cara mengambil ide pokok, gagasan pokok, atau intisari mengenai suatu hal.Tujuan teknik skimming adalah untuk mempermudah mengetahui isi buku secara cepat, dengan hanya melayapi informasi yang dirasa menarik serta ingin diketahui lebih dalam lagi.
Runtutan cara membaca buku dengan teknik skimming adalah dimulai dari daftar isi, hingga sampai kepada halaman akhir yang biasanya berisi ringkasan atau kesimpulannya.
4.Previewing
Teknik membaca cepat previewing diartikan sebagai membaca untuk memperoleh gambaran umum dari bahan bacaan. Untuk mendapatkan gambaran umum dengan teknik ini, kamu daoat membaca buku yang sedang berada dalam tahap terbaru, up date terbaru.
Informasi-informasi yang inginn didapat dalam teknik ini adalah judul buku, penulis buku, interpretasi , jenis bacaan dan prediksi mengenai bacaan itu. Beberapa hal ini merupakan informasi yang sangat penting. Setelah diperhatikan bagian dalam buku yang sedang kamu lihat, seperti tahun terbit, jumlah halaman, pengantar, jumlah bab, daftar isi, kesimpulan, lampiran, indeks, bibliografi, tabel, grafik, dan bagan.
5.Selecting
Selecting merupakan teknik baca-pilih, yang mana teknik ini digunakan berdasarkan dengan kebutuhan membaca Anda. Teknik ini umumnya dilakukan sebelum melakukan aktivitas membaca, contohnya ketika membaca judul berita di koran.
Umumnya, selecting digunakan oleh seseorang yang ingin menemukan literatur atau referensi untuk mengembangkan tulisannya. Sehingga, tulisan yang diciptakan akan lebih berbobot dan informatif.
Itulah beberapa teknik yang harus kalian ketahui mengenai membaca agar kalian dapat membaca dengan efektif.